5 Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak Saat Berpuasa

Berpuasa menjadi salah satu kewajiban bagi umat islam. Makanya, penting bagi bunda untuk mengajarkan pentingnya puasa dan melatihnya sejak dini.

Meski begitu memang bukan hal yang mudah untuk mengajarkan anak berpuasa. Apalagi pada anak yang sedang dalam tahap tumbuh kembang dan sangat lincah beraktivitas sehari-hari.

Nah, agar energi si kecil tetap terjaga, berikut adalah beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak saat berpuasa.

1. Sajikan Makanan dengan Kandungan Nutrisi Seimbang

Saat sahur dan berbuka, pastikan si kecil tidak asal kenyang saja. Bunda juga harus bisa memberi makanan yang penuh nutrisi agar si kecil tidak mudah lelah dan bisa kenyang lebih lama.

Beberapa nutrisi yang patut dipertimbangkan saat menyajikan makanan untuk si kecil antara lain;

  • Karbohidrat - Sumber energi utama untuk tubuh si kecil. Cepat mengenyangkan namun energi dari karbohidrat juga cepat habis. Beberapa makanan yang menjadi sumber karbohidrat antara lain nasi, roti, kentang, atau sereal.
  • Protein - Selain sebagai sumber energi, protein penting dalam membantu pembentukan otot, memperkuat tulang, serta memproduksi hormon. Beberapa makanan sumber protein antara lain ayam, ikan, daging, susu, atau keju.
  • Lemak - Lemak juga menjadi sumber energi tubuh meski biasanya dijadikan cadangan setelah sumber energi lainnya berkurang. Meski begitu tidak semua lemak itu baik dan bunda harus memilih sumber lemak yang baik untuk anak seperti alpukat, minyak ikan, atau kacang-kacangan.
  • Vitamin dan Mineral - Meski bukan sumber energi, vitamin dan mineral sangat baik untuk menunjang perkembangan dan membantu tubuh untuk bekerja optimal. Vitamin dan mineral bisa ditemukan di berbagai makanan seperti buah-buahan dan sayur mayur.

2. Wajibkan Anak untuk Sahur dan Berbuka

tips memenuhi kebutuhan gizi anak saat berpuasa

Dengan waktu makan yang terbatas, pastikan si kecil menyantap makanan sahur dan makanan berbuka mereka. Dengan begitu kebutuhan gizi si kecil akan tetap terjaga meski berpuasa seharian.

Agar si kecil mau makan sahur dan berbuka, bunda bisa menyiapkan makanan kesukaannya. Supaya lebih menarik lagi, bunda bisa menghias makanan favoritnya dengan hiasan dan warna-warni yang meriah.

Bila perlu, ajak si kecil untuk mempersiapkan makanan agar ia lebih semangat menyantap makanan buatannya sendiri.

3. Beri Cemilan Sehat Saat Malam

Sebagai menu tambahan, bunda bisa menyisipkan beberapa cemilan sehat yang bisa dikonsumsi anak saat malam hari.

Beberapa makanan yang bisa bunda berikan sebagai camilan sehat antara lain puding, buah segar, yogurt, atau susu hangat.

4. Beri Susu

Pada kebanyakan kasus, anak akan cukup sulit untuk diajak makan sahur dan berbuka. Jika sudah begini, akan sulit untuk memenuhi kebutuhan gizinya selama berpuasa.

Sebagai menu pelengkap, bunda bisa memberikan susu ketika si kecil bangun untuk sahur atau saat berbuka. Susu sendiri kini tidak hanya menjadi sumber kalsium, tapi juga sumber vitamin dan mineral lain yang baik untuk si kecil.

Namun jangan hanya memberikan menu susu saja karena anak akan merasa lebih cepat lemas tanpa adanya asupan makanan lainnya. Dan bukan tidak mungkin menu susu saja malah akan mengganggu sistem pencernaannya.

5. Penuhi Kebutuhan Cairannya

Meski terdengar sepele, cairan merupakan komponen penting yang diperlukan tubuh untuk dapat berfungsi dan bekerja dengan optimal. Kekurangan cairan akan membuat tubuh lemas dan malah bisa menyebabkan dehidrasi.

Saat terkena dehidrasi, tubuh bisa menampakkan gejala-gejala seperti lemas, mulut kering, hingga kulit yang kusam. Pada kasus yang lebih parah, dehidrasi akut malah bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah pada penderitanya.

Jadi pastikan kebutuhan cairan anak juga terpenuhi, terutama saat sahur, agar anak tidak mudah lemas dan tetap bersemangat berpuasa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama