10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

 

manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan wanita

Daun kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman tropis yang sudah turun temurun dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai tempat dan memiliki ciri yang khas di mana daunnya berukuran kecil dan berbentuk oval.

Meski sekilas tampak biasa saja, daun kelor memiliki khasiat yang tidak bisa disepelekan. Cara mengkonsumsinya pun mudah karena daun kelor dapat dicampur dalam masakan atau diolah dalam bentuk jamu, teh, hingga suplemen.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor mendapat julukan miracle tree karena di dalamnya terdapat banyak nutrisi baik yang penting untuk kesehatan. Badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) bahkan menganjurkan daun kelor sebagai salah satu asupan penting untuk anak dan balita yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mengutip dari beberapa sumbner, ternyata di dalam 2 gram daun kelor terdapat 14 kalori dan beragam nutrisi penting lain seperti berikut:

  • 2 gram protein
  • 1,8–2 gram karbohidrat
  • 0,8 miligram zat besi
  • 8,8 miligram magnesium
  • 70 miligram kalium
  • 38–40 miligram kalsium
  • 11 miligram vitamin C
  • 600 IU vitamin A
  • 8,5 mikrogram folat

Tidak hanya itu, daun kelor juga mengandung vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, tembaga, serta antioksidan seperti polifenol.

Manfaat Daun Kelor

1. Mengontrol tekanan darah

Daun kelor mengandung kalium dan antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil sehingga mampu mencegah hipertensi.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Dari penelitian, ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker usu besar, perut, serta paru-paru. Manfaat ini didapat karenatingginya senyawa antioksidan serta adanya senyawa polifenol, beta-karoten, vitaminc, dan asam klorogenat.

3. Mengatasi peradangan

Peradangan biasanya terjadi sebagai respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan, bunda bisa mengkonsumsi daun kelor yang dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

4. Memperbanyak ASI

Daun kelor mengandung zat besi, protein, Vitamin C, serta unsur flavonoid yang bisa membantu ibu menyusui agar bisa menghasilkan lebih banyak air susu ibu (ASI).

Selain itu kandungan zat besi daun kelor juga sangat tinggi, hingga 25 kali lebih tinggi dibanding bayam. Ini membuat daun kelor akan sangat bermanfaat untuk dikonsumsi ibu usai melahirkan atau wanita menstruasi yang umumnya kehilangan banyak zat besi.

5. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor ternyata berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Kedua hal ini membuat daun kelor baik untuk mencegah diabetes dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

6. Menguatkan Tulang

Daun kelor mengandung kalsium, vitamin K serta protein yang penting untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah pengeroposan pada tulang.

7. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Daun kelor mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Selain itu tanaman ini juga dipercaya baik untuk mendukung kinerja otak dan meningkatkan fungsi memori.

Berdasarkan hasil riset, asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Jadi bunda bisa mencukupi kebutuhan antioksidan dengan mengkonsumsi daun kelor agar terhindar dari kedua penyakit tersebut.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan salah satu penelitian, ekstrak daun kelor ternyata mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, serta Staphylococcus aureus yang mampu menyebabkan infeksi kulit. Selain itu daun kelor juga diketahui dapat melawan beberapa jenis virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV).

9. Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi daun kelor menjadi salah satu cara tradisional untuk menjaga berat badan. Hal ini terbukti oleh studi yang menemukan bahwa teh daun kelor ternyata bisa membantu menangani masalah pencernaan. Dengan begitu metabolisme tubuh akan semakin lancar dan membuat berat badan bunda tetap ideal.

10. Mempercantik Kulit Wajah

Selain dikonsumsi langsung, manfaat kandungan antioksidan pada daun kelor juga bisa didapat dengan membuatnya menjadi masker. Dengan begitu kulit akan semakin halus dan cantik serta terbebas dari radikal bebas yang merusak kulit.

Untuk melakukannya, pilih daun kelor yang masih hijau dan segar. Setelah itu haluskan dan tambahkan sedikit air sampai berbentuk pasta. Jika sudah, oleskan pada wajah lalu bilas dan bersihkan wajah setelah selesai digunakan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama