11 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

perlengkapan mandi bayi baru lahir

Menjaga kebersihan bayi menjadi bagian penting dari perawatan si kecil. Tidak hanya membuatnya sehat, bayi yang bersih juga akan merasa nyaman dan bebas beraktivitas. Selain itu bayi yang terjaga kebersihannya juga bisa terhindar dari beragam masalah kulit seperti iritasi akibat ruam popok.

Tapi beda dengan orang dewasa, bayi memerlukan banyak perlengkapan mandi agar bunda lebih mudah membersihkannya. Jika bunda berencana untuk membeli perlengkapan mandi bayi baru lahir, berikut adalah beberapa produk yang bisa bunda siapkan dari sekarang.

1. Sabun Mandi Khusus Bayi

Bayi memerlukan produk khusus untuk merawat kulit dan rambutnya. Salah pakai bisa membuat kulit si kecil mengalami iritasi atau masalah kesehatan kulit lainnya.

Ikatan Dokter Anak Indonesia menyarankan untuk memilih sabun bayi yang sesuai dengan pH netral kulit (5.5). Selain itu ada baiknya untuk memilih sabun dengan kandungan parfum dan pewarna yang minimal untuk menghindari ketidakcocokan dengan kulit si kecil.

Satu hal penting lainnya, hindari sabun dengan antiseptik (fenol, kresol), deodoran (triklosan, heksaklorofen), serta sabun yang mengandung detergen, seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi. Hindari juga sodium laureth sulphate (SLES) yang beracun bila terserap kulit bayi

2. Handuk

Handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh si kecil dan sebagai pembungkus tubuhnya agar tidak kedinginan setelah selesai mandi.

Untuk si kecil, pastikan bunda tidak mencampur handuknya dengan handuk orang dewasa. Gunakan handuk khusus bayi yang memiliki bahan yang lebih lembut namun tetap dapat menyerap air dengan baik.

3. Waslap

kain lembut waslap untuk membersihkan tubuh bayi

Waslap adalah kain lembut yang digunakan untuk mengusap tubuh mungil si kecil. Bahannya yang halus akan cocok untuk kulit bayi baru lahir namun tetap ampuh untuk menghilangkan kotoran dari tubuhnya.

Menurut keterangan para ahli, bayi yang baru lahir sebaiknya dimandikan di permukaan yang rata seperti kasur yang dialasi oleh perlak. Untuk memandikannya, bunda bisa menggunakan waslap yang sudah direndam dalam air hangat.

4. Perlak

Perlak adalah alas berbahan karet yang digunakan untuk melindungi alas agar tidak basah. Jadi jika bunda menggunakan perlak di atas kasur, bunda bisa melindungi kasur agar tidak basah saat si kecil buang air kecil atau saat membersihkan tubuhnya.

Perlak sendiri memiliki dua jenis permukaan, yaitu permukaan yang rata dan permukaan yang sedikit bergelombang. Perlak dengan permukaan yang rata baik digunakan saat si kecil beraktivitas dan relatif mudah dibersihkan. Sedangkan perlak bergelombang bisa digunakan saat bayi sedang tidur agar tidak membuat punggungnya panas.

5. Baskom Kecil

Untuk bayi yang masih terlalu kecil, biasanya mereka tidak mandi seperti bayi pada umumnya. Bunda hanya perlu membasahi kain dan mengusapnya degnan waslap lembut ke tubuh si kecil secara perlahan.

Nah, sebagai wadah air hangat untuk melakukannya, bunda bisa memiliki baskom kecil untuk menampung air mandi si kecil.

6. Bak Mandi Bayi

Bayi yang sudah melepaskan tali pusarnya bisa mulai dimandikan di dalam bak mandi khusus bayi. Bak tersebut biasanya memiliki ujung membulat agar tetap aman saat digunakan. Saat membeli, cek juga bagian bawah bak bayi yang biasanya memiliki cekungan atau material tertentu agar bayi tidak mudah tepeleset saat dimandikan di bak mandi.

7. Jaring Mandi Bayi

jaring mandi bayi agar bayi tidak bergeser saat dibersihkan

Memandikan si kecil merupakan tantangan tersendiri bagi ibu baru, apalagi jika si kecil aktif dan terus bergerak-gerak saat dimandikan.

Agar proses ini lebih mudah, bunda bisa membeli jaring mandi bayi yang bisa digunakan saat ia mandi.

Penyangga ini berbentuk seperti jaring dengan jepitan pada keempat sisinya dan bisa dipasang pada bak mandi apapun. Produk ini juga terbuat dari bahan polyester yang tahan air dan mudah kering agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

8. Baby Bather

baby bather yang memudahkan ibu memandikan bayi

Selain menyiapkan bak mandi dan penyangganya, bunda juga bisa membeli baby bather untuk memandikan bayi yang baru lahir.

Bentuk baby bather sendiri mirip dengan tempat tidur si kecil di mana bayi bisa berada dalam posisi yang rileks saat ia dimandikan. Dengan begitu bunda tidak perlu memegang si kecil saat sedang membersihkan tubuhnya.

9. Minyak Telon

Minyak telon adalah minyak yang dibuat menggunakan beberapa minyak alami seperti minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Selain membuatnya segar dan wangi, minyak telon juga bisa membuat si kecil merasa hangat setelah mandi serta melindungi kulitnya.

10. Bedak

Bedak adalah produk yang membantu agar kulit si kecil tetap kering dan menghindari masalah biang keringat. Saat ingin menggunakannya, pastikan saja kulit bayi sudah dalam kondisi benar-benar kering. Memakaikan bedak saat kulitnya masih basah malah bisa menyumbat pori-pori si keicl dan menimbulkan masalah biang keringat.

11. Kapas dan Kain Kasa

Kapas dan kain kasa menjadi perlengkapan mandi yang harus disiapkan, terutama jika pusarnya masih belum lepas. Kapas nantinya akan digunakan untuk mengeringkan sisa air mandi di sekitar pusar sementara kain kasa digunakan untuk melindungi tali pusar agar tidak kotor dan terkena infeksi.


Nah, itu dia beberapa perlengkapan mandi bayi yang bisa bunda siapkan jauh-jauh hari sebelum si kecil lahir. Dengan peralatan tersebut, memandikan bayi bukan lagi jadi pekerjaan sulit.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama