Pilih Sabun Cair atau Sabun Batangan untuk Bayi?

Sabun menjadi salah satu perlengkapan mandi bayi yang penting untuk si kecil. Tidak hanya membuatnya wangi, sabun juga ampuh mengikis kotoran dan debu yang menempel pada tubuhnya.

Sabun sendiri terdiri dari dua bentuk, yaitu sabun cair dan sabun batangan.

Meski memiliki bentuk yang berbeda, keduanya tetap memiliki komponen yang relatif sama. Meski begitu baik sabun cair maupun sabun batangan telah melalui proses pembuatan yang berbeda. Jadi dengan bentuknya yang berbeda, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cair Bayi

pilih sabun cair atau batangan untuk bayi

Sabun cair biasanya dikemas dalam sebuah kontainer khusus. Hal ini membuat sabun bayi cair lebih higienis karena sabun tidak akan bersentuhan langsung dengan tangan pengguna.

Bentuknya yang ringkas pun membuat sabun cair lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Cocok untuk bunda yang ingin bepergian jauh dan membawa sabun si kecil.

Cara pengaplikasian sabun cair pun lebih mudah karena bisa langsung dipakai tanpa harus digosok terlebih dahulu. Sabun cair pun lebih mudah menjangkau seluruh tubuh bayi dan membersihkannya secara menyeluruh.

Meski begitu harga sabun cair bayi relatif jauh lebih mahal dibanding sabun batangan. Selain itu akan sulit untuk menakar jumlah sabun bayi yang akan digunakan sehingga kita bisa lebih boros dalam memakainya.

Dan tidak kalah pentingnya, beberapa sabun cair biasanya lebih harum dibanding sabun batangan karena mengandung lebih banyak pewangi. Meski membuat si kecil lebih segar, bunda harus lebih berhati-hati karena hal ini bisa menimbulkan masalah pada kulit sensitif anak atau menyebabkan alergi.

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Batangan Bayi

sabun batangan bayi

Satu hal yang pasti, harga sabun batangan bayi umumnya jauh lebih murah dibanding sabun cairnya. Bentuknya yang padat juga membuatnya mudah untuk digosokkan ke tubuh si kecil.

Meski begitu sabun batangan akan bersentuhan langsung dengan tangan dan tempat sabun. Hal ini bisa membuat sabun batangan menjadi kotor dan kurang higienis.

Dan jika ingin menggunakan sabun batangan untuk memandikan bayi, pastikan bunda memilih sabun batangan khusus anak.

Sabun batangan umumnya dibuat melalui proses saponifikasi yang membuat sabun memiliki pH yang lebih tinggi dibanding sabun cair biasa. Tingginya kadar pH ini bisa menyebabkan kulit kering dan mengangkat kelembabannya.

Jadi Pilih Sabun Cair atau Sabun Batangan?

Keduanya sama-sama baik dan bisa membersihkan si kecil dan membuatnya segar setelah beraktivitas seharian.

Pastikan saja bunda menggunakan produk khusus anak yang sesuai dengan kulitnya yang masih sensitif.

Jika ingin yang lebih praktis, bunda bisa menggunakan sabun cair. Namun jika anak alergi terhadap pewangi yang terdapat pada sabun cair, bunda bisa menggantinya dengan sabun batangan yang relatif lebih terjangkau.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama