9 Tips Memakai Softlens, Jangan Asal Pakai!

Dibandingkan kaca mata, softlens lebih praktis dan bisa digunakan dengan nyaman untuk segala aktivitas. Meski begitu risikonya juga lebih tinggi dan lensa kontak butuh perawatan rutin agar tidak menimbulkan masalah pada mata.

Nah, agar softlens tetap nyaman dipakai dan tidak menyebabkan iritasi pada mata, simak dulu yuk beberapa tips memakai softlens berikut ini.

Do & Don't Saat Menggunakan Softlens

1. Cuci tangan sebelum memasang softlens

Sebelum menggunakan softlens, pastikan tangan sudah bersih dari kotoran dan kuman yang menempel. Jadi jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, baik sebelum memasang softlens maupun saat akan mencopot dan membersihkan softlens.

2. Gunakan obat tetes mata jika softlens terasa kering

gunakan obat tets mata saat softlens terasa kering

Obat tetes mata khusus softlens jadi benda wajib yang harus dimiliki pemakai lensa kontak agar softlens tidak kering dan tetap menempel pada mata. Jadi jika mata terasa perih/gatal karena kering, bunda bisa menambahkan cairan obat tetes mata ini agar mata segar kembali.

3. Rutin ganti cairan pembersih softlens

Salah satu masalah yang seringkali dilakukan pengguna lensa kontak adalah malas untuk mengganti cairan pembersih softlens. Padahal ini adalah hal penting untuk menjaga kebersihan lensa agar kuman dan bakteri tidak menempel pad softlens.

Agar softlens tetap nyaman digunakan dan tidak menimbulkan iritasi, pastikan untuk rutin mengganti cairan pembersih softlens, setiap hari bila perlu.

4. Cuci tempat softlens secara berkala

Selain softlens dan cairan pembersihnya, kotak penyimpanan softlens juga perlu dibersihkan secara rutin.

Dan jika bunda memiliki softlens baru, ada baiknya jika kotak penyimpanannya juga ikut diganti untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

5. Pasang softlens sebelum makeup

Jika ingin menggunakan riasan wajah yang cukup banyak, ada baiknya jika softlens dipasang sebelum bunda mengaplikasikan makeup di wajah.

Selain untuk menghindari kerusakan pada makeup yang sudah digunakan, memakai lensa kontak terlebih dahulu juga bisa mencegahnya terkena residu makeup yang bunda pakai.

6. Jangan tidur saat memakai softlens

Hal penting yang harus diketahui pengguna softlens baru adalah tidak menggunakan lensa kontak saat sedang tidur di malam hari. Hal ini bisa membuat softlens kering dan menyebabkan berbagai masalah pada mata seperti munculnya iritasi.

7. Perhatikan tanggal kadaluwarsa softlens dan cairan pembersihnya

Ingat bahwa softlens memiliki tanggal kadaluwarsa dan baiknya tidak dipakai setelah melewati batas waktu tersebut.

Dan tidak hanya lensa kontaknya saja, cairan pembersihnya juga harus segera diganti saat tanggal kadaluwarsanya habis.

8. Gunakan kacamata saat di luar ruangan

gunakan kacamata di luar ruangan agar softlens tetap lembab dan tidak terkena debu

Jika sering bepergian ke luar ruangan, ada baiknya jika bunda menggunakan kacamata dengan lensa netral atau kacamata hitam untuk melindungi softlens agar tidak cepat kering.

Dan jika bunda bepergian menggunakan motor atau kendaraan roda dua lainnya, kacamata menjadi hal penting agar softlens tidak terpapar kotoran dan debu jalanan.

9. Copot softlens saat mata mengalami iritasi

Saat mata terasa gatal, perih, atau hal lain yang membuat mata tidak nyaman, ada baiknya jika bunda melepas lensa kontak terlebih dahulu. Bila dipakai saat mata mengalami iritasi, penggunaan softlens malah bisa membuat masalah tesebut bertambah parah.


Itu dia beberapa tips memakai softlens yang perlu bunda ketahui. Bila dirawat dengan baik, lensa kontak akan tetap awet dan nyaman saat digunakan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama