4 Langkah Penting dalam Membersihkan Lensa Kontak Mata

tips merawat lensa kontak dan cara membersihkannya dengan benar

Lensa kontak, soflens atau contact lens menjadi alternatif bagi mereka yang tidak ingin menggunakan kaca mata. Tidak seperti kaca mata, lensa kontak bersentuhan langsung dengan mata sehingga perlu perawatan khusus agar tetap aman saat digunakan.

Nah, jika bunda baru saja menggunakan softlens, simak dulu yuk cara membersihkan lensa kontak untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya iritasi pada mata bunda.

Tips Merawat Lensa Kontak Mata agar Tidak Menyebabkan Iritasi

1. Bersihkan tangan terlebih dahulu

Sebelum mulai membersihkan lensa kontak, bersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan air dan sabun lalu keringkan. Dengan begitu kuman dan kotoran yang ada pada tangan tidak akan menempel saat bunda memakai lensa kontak di mata.

2. Potong kuku tangan

Memiliki kuku tangan yang cukup panjang kadang akan sangat berguna dan bisa membuat penampilan bunda semakin cantik.

Namun jika bunda menggunakan lensa kontak, baiknya kuku tangan tersebut dipotong agar tidak terlalu panjang, Hal ini dilakukan agar kuku tidak merusak atau merobek lensa kontak bunda.

Selain itu hal ini juga dilakukan untuk alasan kesehatan agar kotoran, kuman, dan bakteri yang bisa masuk ke dalam sela-sela kuku tidak berpindah ke lensa kontak saat bunda memasangnya.

3. Gunakan cairan pembersih khusus untuk lensa kontak

cairan pembersih lensa kontak untuk mencucinya

Air keran memang sekilas terlihat bersih, namun hindari penggunaan air tersebut untuk mencuci dan membersihkan lensa kontak yah bun!

Untuk membersihkan lensa kontak, gunakan cairan khusus untuk softlens yang teruji aman dan tidak menyebabkan iritasi pada mata.

4. Jaga kebersihahan wadah lensa kontak

Selain lensa kontaknya, bunda juga harus memperhatikan kebersihan wadah penyimpanannya. Dengan begitu lensa kontak akan selalu dalam kondisi baik saat sedang tidak digunakan.

Untuk membersihkannya, lakukan cara yang sama seperti cara bunda memberihkan lensa kontak. Cairan yang digunakan pun harus menggunakan cairan pembersih khusus untuk lensa kontak yah bun!


Nah, itu dia beberapa tips untuk merawat dan membersihkan lensa kontak. jangan sampai abai terhadap hal ini agar mata bunda tidak sampai terkena iritasi akibat penggunaan lensa kontak yang kotor.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama