8 Makanan Sumber Kolin yang Baik untuk Anak dan Ibu Hamil

Kolin adalah nutrisi berupa senyawa organik yang dapat larut dalam air dan lemak. Fungsi dari kolin sendiri sangat beragam mulai dari membantu perkembangan sel, menjaga kesehatan sistem saraf, embantu proses metabolisme dan transportasi lemak, menurunkan risiko penyakit jantung, serta menjaga kesehatan otak.

Di dalam tubuh, kolin dihasilkan oleh organ hati meski jumlahnya sangat sedikit. Untuk itu, bunda bisa mendapatkan kolin dari beberapa makanan yang kaya kolin seperti berikut ini.

1. Telur

telur, makanan sumber kolin untuk anak dan ibu hamil

Telur adalah makanan yang kaya akan protein dan nutrisi penting lain seperti Kolin. Setiap 100 g telur mengandung 335 mg kolin. Dan mengkonsumsi tiga butir telur sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan kolin harian orang dewasa.

2. Hati Sapi

Hati adalah salah satu bagian dari sapi yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah kolin. Setiap 100 g hati sapi mengandung 426 mg kolin yang mampu memenuhi 77% kebutuhan kolin harian bunda dan si kecil.

3. Daging Sapi

Selain bagian hati, daging sapi juga bisa menjadi makanan sumber kolin. Untuk setiap penyajian (170 g), daging sapi mengandung 141 mg kolin dan cukup untuk memenuhi seperempat kebutuhan kolin harian.

4. Makanan Laut

Banyak makanan laut yang menjadi makanan sumber kolin yang bisa dikonsumi bunda dan anak.

Misalnya saja kerang dan remis adalah dua hewan laut bercangkang yang kaya akan kolin. Setiap 100 g mengandung 130 mg kolin.

Makanan laut lain yang kaya akan kolin adalah salmon yang mengandung 115 mg kolin untuk setiap 100 g. Selain itu salmon juga baik untuk perkembangan otak anak karena kaya akan protein dan omega-3.

Terakhir ada udang yang juga bisa memenuhi kebutuhan kolin. Pada setiap 100 g udang terdapat 81 mg kolin.

5. Dada Ayam

Dada ayam dikenal sebagai makanan sumber protein yang baik untuk kesehatan. Namun selain protein, dada ayam juga bisa menjadi sumber kolin di mana setiap 100 g makanan ini memberikan 72 mg kolin.

6. Kacang Hijau

Di antara jenis kacang-kacangan yang lain, kacang hijau memiliki persentase kolin yang cukup tinggi. Untuk setiap takaran penyajian (207 g), kacang hijau mengandung 203 mg kolin yang mampu memenuhi hampir setengah kebutuhan kolin harian.

7. Brokoli

Sayuran hijau umumnya banyak mengandung kolin. Salah satu yang memiliki kandungan kolin yang cukup tinggi adalah brokoli. Satu cup brokoli mengandung lebih dari 60 mg kolin yang cocok untuk bunda yang menjalani diet vegan.

8. Susu

Kolin tersedia dalam susu dan berbagai macam produk olahan susu lainnya. Secangkir susu dengan lemak 2% mengandung 40 miligram kolin. Untuk keju, kebanyakan keju mengandung antara 36 dan 65 miligram per 100 gram tergantung jenis kejunya.


Itu dia beberapa makanan sumber kolin yang bisa bunda konsumsi setiap hari. Namun jangan berlebihan karena mengkonsumsi terlalu banyak kolin bisa menimbulkan efek negatif seperti penurunan tekanan darah, diarem mual, hingga bau badan yang sedikit amis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama