11 Makanan Kaya Serat dan Rendah Karbohidrat yang Cocok untuk Diet

Sebenarnya serat bukanlah nutrisi penting karena serat tidak dapat diserap oleh tubuh. Namun jika kekurangan serat, tubuh bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sembelit dan beberapa gangguan pencernaan lainnya.

Salah satu manfaat serat lainnya yang cukup populer adalah untuk membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Serat akan menyerap cairan dan mengisi ruang kosong di dalam perut. Makanya serat bisa membuat perut terasa kenyang dan sering digunakan dalam menu diet.

Sayangnya kebanyakan makanan yang kaya serat juga memiliki karbohidrat yang tinggi. Hal ini bisa mengganggu pola diet yang kebanyakan dilakukan dengan mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Nah, jika bunda sedang mencari makanan kaya serat yang rendah karbohidrat, beberapa makanan berikut patut dipertimbangkan untuk masuk dalam menu diet bunda.

Makanan Kaya Serat Rendah Karbohidrat

1. Brokoli

Satu cup (71 g) brokoli mentah mengandung 3 g serat dan 3 g karbohidrat

Brokoli adalah salah satu superfoods yang memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dibandingkan sayuran lainnya, brokoli mengandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak serat serta beberapa vitamin dan mineral penting seperti potasium, folat, vimtain C, dan vitamin K.

Dan yang paling penting, brokoli memiliki kalori yang rendah sehingga baik dikonsumsi sebagai menu diet andalan bunda. Selain bisa dikonsumsi secara mentah, brokoli akan mendatangkan lebih banyak manfaat saat diolah dengan cara dikukus.

2. Kimchi

Satu cup kimchi mengandung 2.4 g serat dan 4 g karbohidrat

Bagi bunda yang sering menonton drama Korea mungkin tidak akan asing dengan kimchi. Makanan berupa sayur yang diolah cara fermentasi ini tetap memiliki khasiat dari sayur yang digunakan, seperti kaya serat dan rendah karbohidrat.

kimchi, makanan kaya serat, rendah lemak, dan rendah kalori

Selain itu, proses fermentasi kimchi juga membuat makanan khas korea ini mengandung bakteri baik yang bisa membantu sistem pencernaan dan menghasilkan anti oksidan yang baik untuk memperlambat proses penuaan.

3. Kembang Kol

Satu cup (85 g) kembang kol mengandung 2 g serat dan 2 g karbohidrat

kembang kol adalah bagian dari keluarga brassica yang masih bersaudara dnegan kale, brussel sprout, dan brokoli. Selain rendah kalori dan karbohidrat, tanaman ini kaya akan serat, vitamin, dan berbagai macam mineral.

Selain itu kembang kol juga menjadi makanan sumber kolin yang penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mendukung perkembangan fungsi otak.

4. Sayuran Hijau

Setengah cup (100 g) bayam mengandung 4 g serat dan 1 g karbohidrat

Bayam, kale, sawi hijau, dan beragam sayuran berwarna hijau lainnya adalah makanan utama pada setiap pola diet. Meski rendah kalori dan karbohidrat, sayuran hijau memiliki banyak nutrisi lainnya yang bisa membantu menjaga fungsi tubuh. Selain itu terdapat banyak serat yang bisa membuat tubuh kenyang lebih lama.

5. Chia Seeds

Dua sendok makan (30 g) chia seeds mengandung 11 g serat dan 2 g karbohidrat

Meski berukuran sangat kecil, chia seed memiliki jumlah serat yang tergolong sangat tinggi dibanding makanan lainnya. Selain itu chia seeds juga kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, dan asam omega-3.

chia seeds, makanan tinggi serat dan rendah kalori

Dengan semua kandungannya, chia seeds memiliki banyak manfaat mulai dari mencegah kerusakan sel, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga menrunkan kadar gula darah.

Untuk mengkonsumsinya, bunda bisa mencampurkan chia seed dengan air hingga berbentuk seperti jel. Sebagai alternatif, bunda juga bisa menaburkan chia seed pada beragam makanan dan minuman tanpa mengubah rasanya.

6. Alpukat

Satu takaran (136 g) alpukat mengandung 9 g serat dan 3 g karbohidrat

Alpukat adaah buah tropis yang memiliki tekstur lembur dan memiliki rasa yang sedikit manis. Tidak hanya kaya serat, buah berwarna hijau ini juga memiliki tingkat karbohidrat yang rendah sehingga baik dikonsumi saat diet.

Alpukat sendiri memiliki banyak manfaat, terutama karena kandungan asam lemak tak jenuhnya yang sehat dan baik untuk kesehatan. Selain mengenyangkan, asam lemak sehat tersebut juga bisa membantu menjaga kesehatan mata dan jantung

7. Blackberry

Satu Cup (140 g) blackberry mengandung 7 g serat dan 6 g karbohidrat

Blackberry adalah buah kecil berwarna kehitaman yang memiliki rasa manis dan asam. Selain mengandung serat, blackberry juga mengandung banyak nutrusi lain yang baik untuk tubuh.

Buah blackberry termasuk buah yang kaya akan vitamin C di mana satu takaran (140 g) bisa memenuhi sepertiga kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Selain itu buah ini juga kaya akan antioksidan yang membuatnya baik untuk mengurangi peradangan, penyakit jantung, hingga mencegah beberapa jenis kanker.

8. Kacang Almond

Satu takaran (28 g) almond mengandung 4 gram serat dan 3 g karbohidrat

Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak digunakan dalam industri makanan. Selain enak sebagai camilan, kacang almond juga kaya nutrisi dan mengandung banyak lemak baik dan anti oksidan. Selain itu kacang almond juga mengandung serat, protein, serta vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, magnesium, dan mangan.

Menurut sebuah studi, diet rendah kalori dengan cara mengonsumsi 3 ons almond setiap sehari lebih optimal dalam menurunkan berat badan dibanding diet karbohidrat kompleks lainnya.

9. Edamame

Setengah cup edamame mengandung 9 g fiber dan 13 g karbohidrat

Kacang-kacangan lain yang mengandung banyak serat adalah edamame. Tanaman yang mirip kacang polong ini tidak akan asing jika bunda sering mengunjungi restoran Jepang.

makanan kaya serat edamamame

Edamame mengandung lemak sehat dan kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, dan K, dan folat. Selain itu terdapat pula berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, mangan, kalium, dan zinc. jadi tidak hanya enak sebagai camilan, edamame juga bisa membawa banyak manfaat baik bagi tubuh.

10. Terong

Satu cup (82 g) terong mengandung 3 g serat dan 2 g karbohidrat

Terong adalah tanaman berwarna ungu yang seringkali dihidangkan pada menu masakah Indonesia. Selain kaya serat, terong juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti folat, potasium, dan mangan.

11. Kelapa

Satu takaran (28 g) daging kelapa segar mengandung 5 g serat dan 2 g karbohidrat

Saat meminum air kelapa, jangan lupa untuk memakan daging kelapa di dalamnya. Daging kelapa mengandung banyak lemak baik dan serat serta namun memiliki jumlah karbohidrat dan kalori yang tidak terlalu tinggi.

Selain itu daging kelapa juga kaya akan mineral penting seperti tembaga yang baik untuk tulang dan jantung, serta mangan yang baikuntuk metabolisme tubuh dan fungsi enzim.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama