7 Cara Meningkatkan Minat Baca pada Anak Sejak Dini

Membaca bisa menjadi salah satu kebiasaan baik yang bisa bunda tanamkan pada anak sejak dini. Dengan membaca, si kecil bisa mendapatkan banyak pelajaran baru dan belajar banyak hal lainnya secara mandiri.

Tidak cuma itu saja, manfaat membaca lainnnya adalah untuk mengembangkan daya imajinasi dan menambah perbendaharaan kosakatanya.

Nah, agar si kecil senang membaca, ada beberapa tips untuk meningkatkan minat baca pada anak yang bisa bunda terapkan sejak dini.

cara meningkatkan minat baca anak sejak usia dini

1. Jadilah Contoh untuk Si Kecil

Anak akan selalu melihat dan mencontoh semua kebiasaan orang tuanya. Jadi jika ingin si kecil terbiasa dengan buku, bunda bisa memberinya contoh dengan membaca buku saat berada dekat si kecil agar mereka tertarik.

Bila perlu, bunda bisa menceritakan isi buku yang bunda baca saat si kecil penasaran dengan apa yang bunda lakukan sehingga ia mau mencobanya sendiri.

2. Bacakan Cerita Untuknya

Membacakan cerita untuk si kecil juga bisa jadi cara lain untuk meningkatkan minat bacanya. Semua anakn pada dasarnya menyukai cerita, jadi tidak ada salahnya jika bunda menceritakan kisah dari sebuah buku, meski pada anak yang sudah bisa membaca sekalipun.

Saat dibacakan, anak akan lebih cepat menangkap isi cerita. Dengan begitu mereka akan lebih mudah mengimajinasikan isi cerita yang bunda bacakan.

Setelah selesai membacakan cerita untuk si kecil, bunda juga bisa melakukan diskusi dan menanyakan bagian atau tohok favoritnya. Ini membantu anak untuk lebih menyukai buku dan membuatnya lebih tertarik untuk membacanya.

3. Letakan Buku di Sekeliling Anak

Untuk meningkatkan minat baca dan membuatnya lebih tertarik pada buku, bunda bisa menyediakan buku yang bisa dijangkau si kecil dengan mudah. Sama seperti mainan, si kecil mungkin akan tetarik untuk mengambil buku sebagai mainannya saat ia melihatnya.

4. Biarkan Anak Memilih Bukunya Sendiri

Bila si kecil sudah mulai tertarik untuk membaca buku, bunda bisa membiarkan si kecil untuk memilih sendiri buku yang ingin mereka baca. Dengan begitu mereka akan lebih senang membacanya dan lebih bersemangat untuk membaca sampai hal ini menjadi kebiasaan bagi mereka.

5. Beri Apresiasi pada Anak

Apresiasi bunda pada si kecil memiliki efek besar pada mereka. Semakin besar dukungan bunda, semakin bersemangat pula mereka dalam melakukan beberapa hal tertentu.

Jadi agar si kecil lebih senang membaca buku, pujilah mereka agar si kecil lebih semangat untuk membaca lebih banyak buku.

6. Buat Ruangan Membaca

buat ruangan khusus membaca agar si anak tertarik dan meningkatkan minat bacanya

Bila memungkinkan, bunda bisa memubuat ruang baca khusus di mana anggota keluarga bisa membaca di ruangan khusus yang tidak terganggu suara bising atau aktivitas keluarga lainnya.

Selain itu perhatikan pula tingkat kenyamanannya seperti tingkat cahaya dan sirkulasi udara yang baik agar si kecil betah berlama-lama membaca buku.

7. Ajak Anak ke Perpustakaan

Saat anak sudah senang membaca buku, bunda bisa mulai mengajak anak untuk membeli buku mereka sendiri di toko buku. Biarkan si kecil menikmatinya waktunya dikelilingi buku-buku dan biarkan ia memilih buku yang ingin dibacanya.

Sebagai opsi yang lebih murah, bunda juga bisa mengajak mereka ke perpustakaan atau bahkan membuat kartu perpustakaan mereka sendiri agar si kecil bisa meminjam buku.


itu dia beberapa tips untuk meningkatkan minat baca pada anak sejak usia dini yang bisa bunda terapkan di rumah. Selain menambah wawasannya, anak yang senang membaca juga akan lebih mudah menyerap ilmu baru yang akan bermanfaat saat ia mulai bersekolah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama