8 Manfaat Membaca untuk Anak dan Balita

Sebagai orang tua kita tentu ingin agar anak memiliki kebiasaan yang baik. Dengan begitu waktu mereka akan digunakan untuk hal yang berguna dan bisa memberi memberi dampak positif pada mereka.

Nah, salah satu kebiasaan baik yang bisa bunda ajarkan kepada anak sejak usia dini. Dibandingkan membiarkan mereka bermain sepanjang waktu di depan gadget, membaca akan membawa lebih banyak manfaat sebagai berikut.

manfaat membaca untuk anak dan balita

1. Menambah Pengetahuan

Bunda mungkin pernah mendengar kalimat, "buku adalah jendela dunia" atau "buku adalah gudang ilmu."

Hal ini memang benar adanya karena buku bisa membawa kita menuju gerbang lain yang berisi beragam hal yang dapat memacu imanijasi, membawa kita ke tempat yang jauh, atau menambah pengetahuan baru.

Jadi tergantung buku yang dibaca anak, kegiatan ini bisa menambah wawasan baru untuknya.

2. Menambah Kosakata

Saat membaca buku, kadang anak akan menemukan kata baru yang asing bagi mereka. Karena itulah membaca buku bisa menambah kosakata si kecil dan membutnya lebih cepat mengenal banyak kata baru dibangding anak sebayanya.

Tidak hanya itu, menemukan kosakata baru melalui membaca buku juga secara tidak langsung mengajarinya bagaimana cara menggunakan kata baru tersebut.

3. Melatih Komunikasi

Tidak hanya menambah kosakatanya, membaca buku juga bisa melatih caranya berkomunikasi bila bunda merangsangnya dengan benar.

Agar si kecil terlatih untuk mengutarakan pikirannya, bunda bisa melakukan diskusi singkat setelah membaca buku. Hal ini bisa dilakukan dengan menanyakan anak beberapa pertanyaan sederhana seperti pendapatnya mengenai tokoh cerita tertentu atuu bagian favoritnya dalam sebuah cerita.

4. Mengembangkan Imajinasi

Membaca buku bisa jadi salah satu cara untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.

Buku yang berisi kata-kata tentu akan sulit untuk digambarkan secara jelas tanpa adanya ilustrasi pada buku tersebut. Namun hal ini justru akan merangsang otak si kecil untuk membayangkan karakter serta situasi dalam cerita yang mereka baca.

5. Melatih Konsentrasi

Membaca bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi anak agar ia lebih mudah fokus dalam belajar.

Membaca sendiri memang membutuhkan anak untuk tenang dalam waktu lama untuk membaca, mendengarkan, atau memproses informasi baru yang diterimanya. Untuk itu dibutuhkan daya konsentrasi yang akan menjadi semakin baik saat ia membaca buku atau mendengarkan bunda membacakannya.

6. Mengajarkan Nilai-Nilai Sosial yang Baik

Membaca bisa membantu akan untuk mendapatkan pendidikan karakter yang bisa berguna untuk membentuk perilakunya dan mengajarkannya nilai-nilai sosial baik.

Untuk mendapatkannya, bunda bisa membacakan cerita yang mengandung nilai-nilai sosial yang baik. Dengan begitu anak bisa belajar bagaimana caranya berperilaku yang baik dengan anggota keluarga, teman, dan lingkungan sekitarnya.

7. Meningkatkan Prestasi Akademik

membaca dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak

Anak yang sudah terbiasa membaca buku sejak dini akan lebih mudah menjalani transisi saat mereka bersekolah yang membutuhkan banyak aktivitas membaca dan menyerap ilmu baru.

Dari beberapa penelitian di Amerika Serikat, anak-anak yang memiliki nilai akademis yang baik di sekolah ternyata memilki hobi membaca di rumah serta memiliki orang tua yang juga rajin membacakan buku untuk mereka.

8. Membangun Hubungan Erat Orang Tua dan Anak

Manfaat membaca buku untuk anak lainnya adalah membangun hubungan erat antara orang tua dengan anak mereka.

Saat membacakan buku untuk si kecil, keduanya akan menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama. Komunikasi pun bisa terjaga saat bunda mendiskusikan buku dan cerita yang sudah selesai dibaca. Dengan begitu anak akan merasa dekat dengan orangtua dan membuatnya merasa lebih bahagia.

---

Membaca memilki banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan danperkembangan otak si kecil. Tidak hanya menambah wawasannya, membaca buku juga bisa mengembangkan imajinasi dan membantunya mendapatkan prestasi akademik.

Untuk meningkatkan minat baca pada anak, bunda bisa mulai dengan menjadi contoh dan membacakan cerita menarik untuknya. Saat si kecil sudah bisa membaca sendiri, bunda bisa menyediakan ruang khusus membaca dan mengisinya dengan buku-buku yang dipilih sendiri oleh si kecil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama