7 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Setiap perempuan pasti ingin memiliki tampilan wajah yang sempurna. Tidak hanya bagian kulit wajah saja, tapi juga area bibir.

Makanya, bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Selain membuat tidak nyaman, bibir yang bermasalah akan membuat wajah tampak tidak sehat.

Nah, jika bunda memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah, berikut adalah beberapa tips sederhana agar bibir tetap indah dan sehat secara alami.

tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah adalah kurangnya asupan cairan harian. Jadi untuk mencegahnya, bunda bisa lebih sering mengkonsumsi air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Agar lebih baik lagi, bunda bisa melengkapi konsumsi air putih dengan memakan banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak serat dan cairan.

2. Angkat Sel Kulit Mati Bibir

Sel kuit mati pada bibir yang kering memang bisa merusak penampilan. Agar kulit mati ini hilang, bunda bisa mengangkat sel kulit tersebut.

Untuk melakukannya, jangan sekali-kali mengelupas kulit dengan tangan!

Gosok bibir terlebih dahulu dengan lembut menggunakan lap basah. Setelah itu bunda bisa menggunakan bahan alami seperti campuran madu dan gula yang bisa menjadi scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir.

3. Oleskan Masker

Tidak hanya wajah, bibir pun memerlukan masker untuk membuatnya lembab dan menjaganya tetap terhidrasi. Selain itu beberapa masker alami juga bisa memberi nutrisi agar bibir tampak kenyal dan sehat.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker antara lain minyak kelapa yang tetrbukti bisa melembabkan kulit, menghilangkan peradangan, dan mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada bibir pecah.

Selain itu bunda juga bisa mengoleskan madu yang memiliki banyak manfaat seperti melembabkan bibir, memberinya nutrisi, dan membantu proses pengelupasan kulit.

4. Lindungi Bibir Saat Berada di Luar Ruangan

Bila bunda memiliki bibir yang mudah kering, lindungi area tersebut saat berada di luar ruangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya. Dengan begitu bibir akan terhindar dari bahaya sinar ultraviolet yang dapat membuat kulit termasuk bibir menjadi kering dan mudah mengelupas.

Selain itu bunda juga bisa menggunakan perlindungan lain seperti syal atau masker saat bepergian ke luar rumah untuk melindungi kulit wajah dan bibir dari terik matahari dan udara panas.

5. Hindari Ruangan Ber-AC Terlalu Lama

Air Conditioner (AC) seringkali membuat suasana ruangan menjadi lebih kering. Bila terlalu lama berada dekat dengan pendingin ruangan, lama-kelamaan kulit dan bibir juga bisa kehilangan kelembabannya. Jadi jika mungkin, hindari berada di ruangan ber-AC terlalu lama.

6. Waspada pada Produk Perawatan Bibir yang Digunakan

perhatikan produk perawatan agar bibir tidak mudah kering

Sebelum membeli produk perawatan bibir, bunda bisa memastikan agar pemulas bibir seperti lipstik, lip balm, maupun lip gloss memiliki kandungan pelembap yang cukup agar bibir tidak mudah kering.

Satu hal penting lainnya, ada baiknya jika bunda tidak terlalu sering menggonta-ganti lipstick, terutama yang bersifat matte, karena dapat membuat bibir semakin kering. Bila perlu, bunda bisa memakai pelembap sebelum dan sesudah menggunakan lipstick.

7. Hindari Menjilat dan Menggigit Bibir

Kebiasaan menggigit dan mengutak-atik untuk mengelupas kulit bibir yang kering bisa membuat kondisi bibir yang kering menjadi semakin parah. Untuk itu, hindari kebiasaan tersebut dan gunakan scrub alami untuk melakukannya.

Selain itu, bunda juga bisa menghindari untuk menjilati bibir terlalu sering. Hal ini dilakukan karena air liur mudah menguap dan bisa membuat bibir cepat kering.


Bagaimana, mudah bukan cara mencegah dan mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah? Jadi jangan mengelupas kulit bibir kering menggunakan tangan agar bibir tidak luka, apalagi mengalami infeksi. Lakukan beberapa cara alami di atas agar bibir tetap tampil sehat dan indah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama