12 Manfaat Blewah untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Blewah dikenal sebagai salah satu buah yang populer sebagai menu santap berbuka puasa. Rasanya yang segar dan sedikit manis membuat buah ini cocok digunakan sebagai campuran minuman yang bisa melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Namun tidak hanya itu, blewah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang rasanya mirip melon ini bahkan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

manfaat blewah untuk kesehatan dan ibu hamil

Kandungan Nutrisi Blewah

Blewah adalah kerabat dekat buah melon denagn nama latin Cucumis melo var. cantalupensis. Selain memiliki rasa yang segar, setiap 150 g buah ini juga memiliki banyak nutrisi seperti berikut.

  • 1,3 gram protein
  • 13 gram karbohidrat
  • 1,5 gram serat
  • 0,3 gram lemak
  • 12 gram gula
  • 25 miligram natrium
  • 15 miligram kalsium
  • 18 miligram magnesium
  • 420 miligram kalium
  • 250 mikrogram vitamin A
  • 55 miligram vitamin C

Selain itu blewah juga banyak mengandung senyawa antioksidan seperti Beta karoten, Lutein, Zeaxanthin, dan Choline.

Manfaat Blewah

1. Mengatasi Dehidrasi

Satu alasan yang membuat blewah menjadi salah satu santapan yang populer untuk berbuka puasa adalah rasanya yang segar dan dapat langsung mengatasi rasa haus.

Ini menjadi suatu hal yang wajar karena sebagian besar dari blewah terdiri dari air. Pada setiap satu takaran blewah (177 g), kandungan airnya bisa mencapai 160 g. Makanya blewah terasa sangat menyegarkan dan pas untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian.

2. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain banyak mengandung air, blewah jug amemiliki kandungan serat yang cukup banyak. Hal ini membuat buah ini bisa membantu merawat kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Mencegah Asma

Mungkin bunda tidak akan menyangkan yah jika blewah ternyata juga baik untuk mencegah dan meminimalisir gangguan pernapasan seperti asma.

Hal ini dimungkinkan karena vitamin A yang terkandung dalam buah blewah. Dari beberapa penelitian, beta karoten yang menjadi salah satu elemen vitamin A diklaim efektif dalam merawat dan mencegah terjadinya gangguan pada sistem pernapasan seperti asma.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Serat, kalium, dan vitamin C adalah kandungan nutrisi baik yang terdapat pada blewah dan baik untuk kesehatan jantung.

Pada satu cangkir blewah sendiri terdapat 471 mg kalium yang setara dengan 10% kebutuhan kalium harian bunda. Kalium tersebut dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Dan untuk menjaga kesehatan jantung, bunda bisa mengkonsumsi kalium hingga 4.700 mg per harinya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah blewah mengandung banyak viamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu apda blewah juga terdapat antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mencegah kerusakan mata akibat efek radikal bebas.

Tidak hanya itu, beberapa studi juga mengklaim bahwa asupan vitamin A dan antioksidan yang cukup dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

Tidak hanya baik untuk organ dalam saja, vitamin A pada blewah juga baik untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh bagian luar seperti kulit dan rambut.

Selain vitamin A, vitamin C yang terkandung dalam blewah juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang baik untuk kesehatan sel kulit dan rambut.

Kombinasi vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan E, folat, zat besi, selenium, dan zinc, juga berperan penting dalam mencegah kerontokan rambut.

Dan dengan kandungan airnya yang tinggi, blewah dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan pada rambut dan kulit.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Tingginya kandungan air dalam blewah membuat buah ini dapat membantu menjaga kesehatan organ ginjal bunda.

Tubuh yang mengalami dehidarasi dan kekurangan cairan akan menganggu kinerja ginjal. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini berpotensi untuk merusak organ pengolah limbah dalam tubuh tersebut.

8. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Beragam nutrisi pada blewah juga baik untuk ibu hamil, terutama di masa awal kehamilan ketika organ tubuh janin mulai berkembang.

Kandungan nutrisi seperti folat, protein, dan karbohidrat sangat baik untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf bayi, bayi lahir prematur, hingga masalah berat lahir bayi rendah.

9. Mencegah Kanker

Zat antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan sel yang berpotensi tumbuh dan berkembang menjadi sel kanker.

Blewah sendiri mengandung banyak senyawa antioksidan beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan choline. Senyawa antioksidan ini membuat blewah menjadi salah satu buah yang dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya penyakit kanker.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kombinasi vitamin A dan C sudah sejak lama diteliti dapat meningkatkan kinerja imun tubuh. Dengan tinginya kandungan vitamin A dan C pada blewah, buah ini juga bisa dikonsumsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar bunda tidak mudah terserang penyakit.

11. Mengendalikan Gula Darah

Hampir 90 persen lebih kandungan blewah adalah air. Dan meski mengandung gula, kadar glikemik buah ini ternyata tidak tinggi. Hal ini membuat blewah baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit diabetes dan membantu mereka untuk bisa mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi bunda yang sedang dalam program diet, blewah bisa masuk ke dalam menu makanan sehat yang bisa bunda konsumsi setiap hari.

Selain memiliki kalori yang rendah, kandungan serat dalam blewah akan membuat bunda kenyang lebih lama sehingga berat badan menjadi lebih terkendali.


Siapa sangka ternyata buah yang sering disantap saat berbuka puasa ini ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, blewah juga ternyata memiliki banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Dan dengan kandungan serat serta airnya yang tinggi, tidak ada salahnya mengkonsumsi blewah setiap hari agar sistem pencernaan dan asupan cairan harian tetap terjaga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama