4 Tips untuk Mencegah Anak Ngompol saat Tidur

Mengompol menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada balita. Selain membuat kasur menjadi basah, bau ompol anak seringkali membuat tempat tidur menjadi tidak nyaman.

Meski begitu hal ini bukanlah hal yang harusnya membuat bunda risau karena mengompol pada usia dini menjadi hal yang wajar bagi mereka.

Balita umumnya membutuhkan waktu untuk bisa mengontrol kandung kemih mereka. Karena masih dalam tahap perkembangan, kandung kemih si kecil biasanya tidak bisa menampung cukup banyak air kencing.

Dan saat kandung kemih mulai penuh, si kecil masih belum bisa merasakannya sehingga mereka tidak akan sadar saat sedang mengompol.

Untuk mengatasinya, banyak ibu yang memakaikan popok sekali pakai yang bisa menampung semua air kencing si kecil saat ia sedang terlelap. Meski membuat si kecil nyaman dan tidak merepotkan bunda, anak akan lebih lama belajar untuk tidak ngompol saat ia terlelap.

Nah, untuk mengatasi masalah ini secara alami, ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mencegah anak mengompol sampai ia terbiasa sendiri.

cara mencegah anak mengompol

1. Pergi ke Toilet Sebelum Tidur

Cara yang paling utama untuk mencegah anak ngompol adalah dengan memintanya untuk pergi ke kamar mandi sebelum tidur. Selain untuk buang air kecil, bunda juga bisa mengajarkan kebiasaan baik lainnya seperti menyikat gigi sebelum kecil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.=

2. Batasi Asupan Cairannya

Agar si kecil tidak mengompol di malam hari, bunda bisa membatasi asupan cairannya sebelum tidur. Tidak hanya yang berbentuk minuman saja, tapi juga camilan lain yang mengandung air seperti buah.

Tidak hanya itu, bunda juga bisa membatasi minuman yang banyak mengandung gula agar ia tidak lebih sering ingin buang air kecil di malam hari.

3. Jangan Memberinya Hukuman

Anak yang sedang belajar untuk tidak ngompol pasti akan tetap melakukan kebiasaan ini selama beberapa kali sampai ia terbiasa.

Saat masa-masa ini, jangan membentak atau memberinya hukuman saat ia mengompol. Cara ini hanya akan membuat si kecil merasa stres dan akan semakin sulit bagi mereka untuk mengendalikan kebiasaan tersebut.

Agar lebih efektif, bunda bisa memberikan si kecil hadiah jika berhasil mengatasi kebiasaan mengompolnya selama beberapa waktu.

4. Bangunkan Anak untuk Buang Air

Saat belajar untuk tidak ngompol, si kecil biasanya akan merasa gelisah saat ia sulit menahan keinginannya untuk buang air kecil. Jika hal ini terjadi, bunda bisa menyuruh si kecil untuk bangun dan buang air kecil di kamar mandi.


Mengompol menjadi salah satu masalah yang mau tidak mau harus dihadapi orangtua, Namun mengajarkannya dengan tidak memakaikan popok akan membuat si kecil lepas dari kebiasaan ini lebih cepat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama