4 Cara Mengajarkan Anak Beramal dan Berbuat Baik pada Sesama

Saling memberi dan berbuat baik kepada sesama adalah salah satu sikap baik yang patut menjadi bagian dari kepribadian manusia. Apalagi sikap semacam ini juga menjadi anjuran dan mendapat ganjaran yang baik dalam setiap agama.

Meski terlihat mudah, konsep untuk beramal dan saling berbagi akan cukup asing untuk anak kecil. Tentunya akan sulit bagi mereka untuk mau berbagi benda yang dimilikinya dengan orang lain.

Nah, agar si kecil bisa belajar untuk memiliki sikat tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk mengajarkan anak beramal dan berbuat baik kepada sesama.

cara mengajarkan anak beramal dan berbuat baik pada sesama

1. Mulai dari hal yang sederhana

Untuk mengajarkan kebiasaan baik ini, bunda bisa memulainya dengan hal-hal yang sederhana. Sebagai contoh, bunda bisa mengajak si kecil untuk lebih peka terhadap lingkungannya.

Salah satu contoh sederhana yang bisa bunda ajarkan adalah membiasakan anak untuk tidak buang sampah sembarangan. Bunda bisa memberikan pengertian kenapa hal ini harus menjadi kebiasaan si kecil.

Dan agar anak lebih peka terhadap sesama, bunda juga bisa mengajak si kecil untuk bersosialisasi dan menjenguk teman atau tetangga sekitar yang sedang sakit atau terkena musibah.

2. Ajarkan anak untuk mau berbagi

Berbagi menjaid hal yang sulit untuk dilakukan anak, apalagi untuk benda-benda kesayangannya di rumah. Namun bunda bisa bisa mengajarkan mereka untuk mau berbagi dengan memulainya dari benda-benda yang ada cukup banyak di rumah.

Sebagai contoh, mainan atau buku bacaan anak bisa bunda tanyakan pada si kecil agar mau dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Bila perlu, bunda bisa mengajak mereka untuk melihat langsung kondisi orang yang membutuhkan. Dengan begitu si kecil bisa lebih menghargai benda yang mereka miliki dan merasakan bahwa ada orang lain yang lebih membutuhkan barang yang mereka miliki.

3. Buat celengan amal di rumah

Membuat celengan amal bisa jadi salah satu cara bunda untuk membiasakan si kecil agar mau menyisihkan sebagian uang jajannya untuk beramal.

Setelah celengan penuh, bunda bisa mengajak anak untuk menyumbangkan isinya pada orang lain yang lebih membutuhkan seperti keluarga yang mengalami musibah, rumah yatim piatu, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

4. Menjadi contoh yang baik

Hal yang paling penting dalam mengajarkan anak nilai-nilai kebaikan adalah dengan menjadi contoh pertama dan contoh yang baik bagi mereka.

Karena bagaimanapun anak adalah peniru yang ulung. Dan nilai moral yang baik semacam ini akanlebih efektif bila diajarkan langsung dengan contoh, dan bukan hanya perkataan semata saja.


Demikianlah beberapa tips sederhana yang bisa bunda lakukan agar anak mau beramal dan berbuat baik kepada sesama. Mudah-mudahan sikap baik ini masuk ke dalam kepribadian si kecil dan membuatnya menjadi orang yang bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama