7 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan

Di saat beberapa orang berjuang untuk lebih kurus, ada orang-orang yang justru kesulitan untuk menambah berat badan. Padahal sama seperti orang yang kegemukan, orang yang terlalu kurus juga berpotensi untuk mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti anemia, osteoporosis, sistem kekebalan tubuh yang rendah, hingga masalah kesuburan.

Satu tips menambah berat badan yang cukup ampuh adalah dengan mengubah pola makan. Namun jangan hanya menambah porsinya saja, perhatikan juga kualitas makanannya agar berat badan tumbuh stabil dan tetap sehat.

Nah, buat bunda yang juga ingin menambah berat badan, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu bunda untuk mencapai target tersebut.

1. Susu dan produk olahannya

Susu adalah produk alami yang mengandung banyak nutrisi dan baik untuk membantu menambah berat badan. Bunda bisa memilih untuk mengkonsumsi susu tinggi lemak atau susu biasa.

susu dan produk olahannya jadi makanan yang efektif untuk menambah berat badan secara alami

Namun tidak hanya susu, produk olahan susu juga memiliki khasiat yang sama.

Sebagai contoh, keju sama-sama mengandung banyak kalsium, vitamin, dan protein. Selain itu jumlah kalorinya pun cukup besar dan bisa membantu menambah berat badan dengan cepat.

Tidak hanya keju, yogurt pun bisa digunakan untuk hal yang sama. Selain memiliki kandungan gizi yang hampir sama seperti susu, yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

2. Makanan kaya karbohidrat

Makanan yang kaya akan karbohidrat jadi sumber makanan yang bisa membantu meningkatkan berat badan dengan cepat.

Salah satu contohnya adalah nasi yang memiliki kalori yang tinggi di mana 100 gram nasi bisa memberikan 130 kalori. Alternatif lainnya adalah kentang yang mengandung 160 kalori untuk setiap 170 gram.

Selain itu makanan berbahan dasar tepung juga memiliki nilai kalori yang tinggi. Salah satunya adalah pasta di mana 140 gram pasta mengandung 220 kalori.

3. Makanan kaya protein

Makanan kaya protein akan sangat baik untuk bunda yang ingin menambah berat badan sekaligus membentuk otot.

Salah satu makanan sumber protein yang bisa bunda konsumsi adalah daging. Selain mampu menambah massa otot, protein dalam daging juga baik untuk kesehatan jantung dan organ dalam lainnya. Agar berat badan tubuh bisa naik lebih cepat, bunda juga bisa memilih daging yang mengandung sedikit lemak.

Selain daging, sumber protein lain yang bisa jadi alternatif adalah telur. Selain kaya protein, telur juga mengandung banyak vitamin, asam amino, serta omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Buah-buahan

buah kering memiliki kalori lebih tinggi dibanding buah segar

Buah-buahan umumnya memiliki nilai kalori yang rendah. Namun ada buah yang memiliki nilai kalori tinggi namun tetap memiliki banyak nutrisi, seperti alpukat.

Alpukat mengandung lemak baik yang bisa membantu menambah berat badan. Satu cup (150 gram) memiliki 240 kalori dan 22 gram lemak. Selain itu alpukat juga mengandung magnesium, vitamin, potasium, dan kandungan gizi lainnya.

Selain alpukat, buah-buahan kering umumnya memiliki nilai kalori yang lebih tinggi dibanding buah-buahan segar. Mereka juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan jadi camilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menambah berat badan. Selain mengandung banyak nutrisi, kacang juga mengandung lemak sehat dan aman dikonsumsi secara teratur. Pastikan saja untuk tidak mengkonsumsi kacang yang sudah diolah dan disajikan dengan bumbu penyedap agar khasiatnya lebih terasa.

6. Coklat hitam

dark chocolate untuk menambah berat badan dengan cepat

Coklat hitam mengandung 70-85% cocoa dan menjadi pilihan terbaik untuk bunda yang tidak memiliki nafsu makan yang kuat. Coklat hitam sendiri mengandung zat besi, magnesium, kalsium, dan zinc yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Selain itu kandungan kalorinya cukup tinggi di mana 100 gram coklat hitam bisa mengandung hingga 600 kalori.

7. Minyak dan lemak alami

Minyak dan lemak alami bisa menjadi alternatif bagi bunda yang ingin mengkonsumsi lebih banyak kalori namun tetap mendapatkan banyak nutrisi baik.

Minyak sehat seperti olive oil atau coconut oil bisa jadi salah satu makanan berkalori tinggi yang bisa menambah berat badan. Cukup dengan satu sendok teh saja, bunda bisa menambah hingga 135 kalori pada menu diet harian bunda.


Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi bisa jadi cara terbaik untuk menambah berat badan. Hal ini lebih baik dibanding melahap lebih banyak makanan yang nantinya malah bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Dengan begitu bunda pun bisa menambah berat badan secara alami dan lebih sehat tanpa perlu menggunakan obat-obatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama