15 Superfood Kaya Nutrisi dan Tidak Bikin Gemuk

Pola makan yang baik menjadi salah satu tren bagi mereka yang ingin memilki gaya hidup yang lebih sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonkumsi makanan kaya nutrisi yang disebut superfoods.

Istilah superfoods sendiri digunakan untuk makanan sehat yang lebih kaya nutrisi dibanding makanan lainnya. Makanan yang tergolong superfoods memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bahkan terbukti mengurangi risiko munculnya pernyakit kronis mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Nah, jika bunda juga ingin membiasakan pola makan yang baik, berikut adalah beberapa superfoods yang bisa bunda tambahkan pada menu makanan harian keluarga.

1. Brokoli

brokoli -- superfoods kaya nutrisi

Tanaman yang masuk dalam keluarga sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol, kol, kale, atau lobak bisa jadi superfoods andalan pertama bunda.

Sayur-sayuran ini mengandung banyak serat, vitamin, dan senyawa lain seperti indoles, thiocyanates, and nitriles yang terbukti dapat mencegah beberapa jenis kanker. Selain itu brokoli juga kaya akan magnesium dan vitamin C yang dapat membantu mengatasi infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tidak kalah pentingnya, brokoli juga mengandung senyawa indole glucosinolates yang bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan sehingga baik untuk mengurangi masalah pada organ tersebut.

2. Sayuran Hijau

Superfoods selanjutnya adalah sayuran berdaun hijau seperti kubis, bayam, atau beberapa jenis sawi.

Sayuran ini merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi baik seperti serat, folat, zat besi, zinc, kalsium, hingga vitamin A dan C. Dengan kandungan nutrisi tersebut, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi penderita penyakit kronis seperti penyakit jantung atau diabetes.

Selain itu sayuran hijau juga mengandung zat anti oksidan karotenoid yang dapat membantu mencegah penyakit kanker yang muncul akibat radikal bebas.

3. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, bluberry, blackberry, atau raspberi juga bisa jadi menu makanan superfoods yhang kaya nutrisi dan aman dikonsumsi setiap hari.

Salah satu kelebihan buah beri adalah kandungan anti oksidannya yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit yang menyebabkan radang. Selain itu buah beri juga mengandung banyak serat sehingga baik dikonsumsi untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan.

4. Teh Hijau

superfoods teh hijau yang kaya anti oksidan

Teh dikenal lama memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh, terutama teh hijau. Tidak hanya itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa kombinasi katekin dan kafein pada teh hijau sangat ampuh untuk menurunkan berat badan bunda.

Satu hal yang membuat teh hijau kaya manfaat adalah kandungan anti oksidan, anti inflamasi, dan senyawa polifenol di dalamnya. Salah satu anti oksidan yang banyak ditemukan pada teh hijau adalah catechin epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

5. Telur

Meski banyak disinggung karena kadar kolesterolnya yang tinggi, telur tetap jadi salah satu menu makanan superfood yang sangat menyehatkan, terutama bagi bunda yang mencari sumber makanan kaya protein. Selama tidak dikonsumsi secara berlebih, telur malah dapat meningkatkan kolesterol HDL baik yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Pada setiap butir telur terdapat kandungan kolin, selenium, vitamin A, vitamin B, fosfor, zat besi, dan omega-3. Selain itu telur juga mengandung zat anti oksidan zeaxanthin dan lutein yang terbukti secara ilmiah baik untuk menjaga kesehatan mata.

6. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian adalah makanan alami yang banyak mengandung lemak, serat, dan protein dan baik dikonsumsi selama tidak memakai penyedap rasa tambahan. Kandungan serat dan lemaknya bahkan dapat membuat tubuh kenyang lebih lama dan baik digunakan dalam menu makanan diet bunda.

Masing-masing jenis memiliki khasiat yang bermacam-macam seperti almond yang baik untuk kesehatan jantung, kacang mede yang baik untuk otak, atau kacang brazil yang baik untuk mencegah kanker. Dan di antara semua jenis kacang-kacangan, walnut menjadi kacang yang paling memiliki banyak khasiat dan baik untuk mencegah banyak penyakit kronis.

7. Jamur

Jamur dikenal lama berabad-abad dikenal sebagai superfood dan bahkan masih sering digunakan sebagai obat tradisional untuk 'membersihkan' tubuh. Beberapa jenis jamur yang umumnya dikonsumsi adalah jamur kancing, shiitake, dan tiram.

Setiap jamur memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda tergantung jenisnya. namun secara umum jamur mengandung banyak potasium, fosfor, kolin, magnesium, dan masih banyak lagi.

Satu hal unik dari jamur adalah kandungan antibacterial, anto oksidan, and anti-inflammatory di dalamnya. Berdasarkan penelitian oleh National Cancer Institute, jamur dapat membantu mencegah kanker paru-paru, prostat, hingga kanker payudara.

8. Ikan Laut

Ikan laut seperti salmon dan sardine umumnya adalah makanan kaya protein dan lemak yang menyehatkan. Selain itu mereka juga banyak megnandung kalium, selenium, vitamin B, serta sumber asam lemak Omega-3.

Omega-3 sendiri memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh dan terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke serta baik untuk perkembangan otak si kecil.

9. Chia Seed

chia seeds makanan superfoods kaya nutrisi rendah kalori

Meski ikan laut memiliki banyak kandungan omega-3, ternyata chia seed mengandung lebih banyak nutrisi tersebut dibanding kebanyakan ikan laut. Selain itu kandungan protein dan asam amino pada chia seed juga cukup tinggi sehingga layak masuk dalam jajaran superfood.

Chia seed populer di kalangan atlet karena makanan ini bisa membantu mereka untuk menghindari dehidrasi. Meski berukuran sangat kecil, chia seed bisa menyerap air hingga lebih dari 20 kali ukuran mereka. Meski begitu air yang teserap akan dilepas lebih lama dan atlet pun tidak merasa 'kebelet' karena konsumsi cairan yang berlebih.

Chia seed sendiri sangat mudah untuk dikonsumsi. Selain dikonsumsi langsung, chia seed juga bisa ditambahkan pada minuman dan makanan karena tidak akan merubah rasa.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang berasal dari buah pohon zaitun dan dikenal lama sebagai salah satu bahan dasar pada masakan negara-negara di mediterania.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal serta senyawa polifenol yang baik untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes..

Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti oksidan alami serta vitamin E dan K yang baik untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan pada sel tubuh.

11. Bawang Putih

Bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu penyedap yang bisa dipakai untuk membuat makanan menjadi lebih lezat. Tapi di balik itu, bawang-bawangan seperti bawang putih juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pada bawang putih terdapat banyak nutrisi baik seperti serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, vitamin C, hingga folat. Selain itu bawang putih juga memiliki sifat anti bakterial dan antiviral dan baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

12. Kunyit

Bumbu dapur lainnya yang juga layak masuk dalam kategori superfood adalah kunyit.

Salah satu kandungan unik pada kunyit adalah curcumin yang juga membuat tanaman ini memiliki warna kuning-oranye yang khas. Curcumin memiliki sifat anti oksidan dan anti peradangan yang terbukti mempu mencegah kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Selain itu kunyit juga jadi bahan alami yang baik untuk mengatasi masalah kewanitaan, mengurangi noda akibat jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga meningkatkan mood dengan memicu hormon dopamine dan serotonin.

13. Jahe

Makan superfood lain yang bisa bunda konsumsi adalah jahe. Jahe mengandung anti oksidan unik bernama gingerol yang memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Dari beberapa penelitian, jahe dapat digunakan untuk membantu mengatasi mual, mengurangi peradangan, serta melindungi tubuh dari risiko terjadinya demensia, penyakit jantung, dan kanker.

14. Kimchi

superfoods kimchi fermentasi kol

Kimchi adalah makanan khas Korea Selatan yang dibuat dengan cara memfermentasi sayuran seperti kol atau lobak. Sama seperti makanan yang dibuat deengan cara fermentasi lainnya, kimchi juga kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, kimchi juga mengandung banyak manfaat lainnya seperti menurunkan kolesterol, menghambat penuaan dini, meningkatkan sistem imun tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan.

15. Apel

Di dunia barat ada istilah, "An apple a day keeps the doctor away." yang artinya makan satu apel setiap hari bisa menghindarkan kita dari penyakit dan berkunjung ke dokter.

Dari beberapa penelitian, hal ini ternyata benar karena buah apel memiliki banyak anti oksidan dan nutrisi penting lain seperti vitamin C dan potasium. Selain itu apel juga memiliki serat mudah larut bernama pectin yang bisa membantu kita untuk merasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan.


Tingginya kandungan nutrisi pada superfood membuat makanan tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan kalorinya yang rendah membuat superfoods juga baik untuk masuk dalam menu diet harian.

Meski begitu superfoods juga bukan makanan ajaib dan tidak bisa bekerja sendiri. Bunda tetap harus menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat serta rajin berolahraga untuk mendapatkan khasiat maksimal dari superfoods.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama