9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Bawang putih biasanya lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang membuat makanan terasa lezat dan memiliki bau yang sedap. Makanya bawang putih banyak digunakan di hampir setiap masakan nusantara.

Tapi tidak hanya itu, bawang putih ternyata juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi saat memasak makanan, pastikan bunda tidak melewatkan tanaman yang satu ini.

Manfaat Bawang Putih

manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih diklaim dapat merangsang sintesis oksida nitrat. Hal ini berpengaruh pada melebarnya pembuluh darah dan terhambatnya aktivitas ACE (enzim pengubah angiotensin). Ini membuat bawang putih baik untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah.

Dari sebuah percobaan juga ditemukan bahwa orang dengan hipertensi yang mengkonsumsi bawang putih selama tiga bulan ternyata mampu menurunkan tekanan darah sistolik (angka teratas ) sekitar 8 poin dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 5,5 poin. Nilai ini setara dengan efek yang didapat dari obat tekanan darah.

2. Meredakan Peradangan

Banyak ilmuwan percaya bahwa peradangan kronis adalah salah satu pemicu beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan radang sendi. Dan bawang putih terbukti mampu menghambat aktivitas protein penyebab peradangan tersebut.

Dari sebuah studi di Phytotherapy Research ditemukan bahwa 70 wanita yang mengonsumsi 1.000 miligram suplemen bawang putih per hari selama delapan minggu memiliki penanda inflamasi yang lebih rendah serta lebih sedikit rasa sakit dan kelelahan

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meskipun belum ada cukup bukti yang menunjukkan pengaruh langsung bawang putih dalam mencegah dan mengobati flu biasa, secara tidak langsung bawang putih berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh.

Pertama, kandungan allicin yang ada pada bawang putih memberikan sifat antibakteri. Kedua, bawang putih juga memiliki sifat antivirus yang bekerja dengan cara memblokir masuknya virus ke dalam sel, dan memperkuat respons kekebalan sehingga dapat secara efektif melawan potensi serangan pada tubuh.

4. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Beberapa masalah pada saluran pencernaan dapat diatasi dengan memasukan bawang putih mentah pada menu makanan harian. Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu mengatasi cacingan serta membasmi bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

Dan dengan jumlah antioksidannya yang tinggi, bawang putih juga bisa melindungi usus dari risiko kanker usus besar. Sifat anti bakterinya juga membuat bawang putih baik untuk mencegah tukak lambung.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol yang baik untuk kesehatan jantung.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, studi yang dilakukan pada tahun 2018 menyimpulkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL tinggi, yang merupakan dua faktor utama risiko penyakit jantung.

6. Menurunkan Risiko Osteoartitis

Manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya adalah untuk mencegah osteoartritis. Osteoartritis sendiri merupakan peradangan sendi yang pada biasanya berkaitan dengan faktor usia.

Dari sebuah penelitian di King's College London dan University of East Anglia, ditemukan fakta bahwa wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam menu harian mereka ternyata mampu menurunkan risiko osteoartritis.

7. Mengurangi Penyumbatan Darah

Senyawa dalam bawang putih dan bawang merah telah terbukti mengurangi kekentalan trombosit dan memiliki sifat anti-pembekuan.

Hal-hal ini dapat membantu mencegah aterosklerosis, suatu proses di mana penumpukan plak menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri. Menurut Institut Jantung, Darah, dan Paru-paru Nasional, aterosklerosis meningkatkan risiko pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Meski begitu mengkonsumsi bawang bukanlah satu-satunya cara untuk megnatasimasalah tersebut. Bunda juga harus mengimbanginya dengan banyak berolahraga, menjaga berat badan, dan menjauhkan diri dari asap rokok.

8. Kaya Antioksidan

Nutrisi dan senyawa tanaman bawang putih membuatnya menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan tidak hanya bermanfaat bagi pembuluh darah dan mengurangi peradangan, tetapi juga dapat menyerap radikal bebas yang merusak dan mampu menyebabkan penyakit seperti kanker.

9. Membuat Makanan Sehat Menjadi Lebih Enak

Bawang putih memberikan rasa yang enak pada makanan, dan membantu kita makan lebih banyak makanan yang seharusnya kita makan lebih banyak, seperti sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Menambahkan rasa melalui bawang putih juga berpotensi membantu bunda agar mengurangi kebutuhan garam berlebih pada makanan. Apalagi setiap siung bawang putih hanya mengandung 4 kalori saja.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama