7 Manfaat Alami Cengkeh untuk Kecantikan

Di indonesia, tanaman cengkih atau cengkeh lebih dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat rokok kretek. Selain itu baunya yang harum juga membuat tanaman ini banyak digunakan pada beragam masakan nusantara.

Tapi tidak hanya itu, cengkeh juga jadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh serta merawat kecantikan secara alami.

Mulai dari mengatasi jerawat hingga menghilangkan ketombe, berikut adalah beberapa manfaat alami cengkeh untuk kecantikan wanita.

manfaat cengkeh untuk kecantikan rambut dan kulit wajah

1. Menghilangkan Ketombe

Ketombe jadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Tidak hanya merusak penampilan, ketombe juga menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala.

Jika bunda sudah mencoba banyak produk perawatan rambut namun ketombe masih tetap muncul, coba deh gunakan minyak cengkeh untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut.

Untuk menggunakannya, tambahan 10-12 tetes minyak cengkeh pada sampo anti ketombe yang bunda gunakan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai ketombe menghilang dengan sendirinya.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Minyak cengkeh jadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontoh. Selain mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, senyawa eugenol pada minyak cengkeh juga dapat meningkatkan kesuburan pada akar rambut.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada rambut sebagai kondisioner setelah keramas. Pijat dengan lembut lalu diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Mengatasi Jerawat

Minyak cengkeh memiliki sifat astrigent yang bisa membantu mengontrol produksi sebum yang menjadi pemicu jerawat. Selain itu kandungan eugenol pada cengkeh juga bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangannya.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas lalu oles pada kulit yang bermasalah. Pastikan bunda sudah membersihkan wajah sebelumnya yah!

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain kulit berjerawat, minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit dengan minyak berlebih. Sifat astrigent yang dimiliki cengkeh dapat membantu mengencangkan pori-pori sehingga mampu mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu teteskan minyak cengkeh pada kapas lalu oleskan ke wajah secara merata.

5. Mencegah Penuaan Dini

Cengkeh bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini dengan cara merawat kulit dan mencegah terjadinya keriput. selain dapat menjaga kelembaban kulit, minyak cengkeh juga bisa memberi nutrisi pada kulit agar tetap kencang dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

6. Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

menghilangkan lingkaran hitam mata dengan minyak cengkeh

Mata panda jadi masalah yang sangat mengganggu penampilan. Selain karena kurang istirahat, kebiasaan menggosok mata hingga mengkonsumsi kopi atau garam secara berlebih bisa jadi penyebabnya.

Untuk menghilangkan kantung hitam di sekita mata, bunda bisa menerapkan pola hidup sehat, menggunakan eye cream, atau menggunakan bahan alami seperti minyak cengkeh.

Caranya, oleskan minyak cengkeh pada bagian kantung mata yang berwarna gelap. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin agar mata panda tidak terlihat lagi.

7. Menyamarkan Bekas Luka dan Noda Jerawat

Jerawat atau benturan keras umumnya akan meninggalkan bekas luka yang butuh waktu lama untuk bisa hilang. Untuk membantu menyamarkan bekas luka tersebut, bunda bisa menggunakan minyak cengkeh.

Minyak cengkeh sendiri bisa bertindak sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membantu menghilangkan bekas luka. Cukup oleskan minyak cengkeh pada bekas luka lalu oles secara teratur hingga terkelupas.


Tidak hanya untuk menambah aroma sedap pada masakan, cengkeh juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jadi daripada menggunakan produk kecantikan yang memiliki banyak efek samping, minyak cengkeh bisa jadi produk alami untuk merawat kecantikan kulit dan rambut bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama