7 Manfaat Minyak Telon untuk Bayi dan Balita

Minyak telon jadi salah satu perlengkapan mandi yang biasa dioleskan pada bayi. Dengan wanginya yang khas, minyak telon seringkali digunakan setelah bayi mandi atau sebelum tidur.

Namun tidak hanya membuat bayi harum dan segar, minyak telon ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat minyak telon untuk bayi dan anak-anak.

manfaat minyak telon untuk bayi dan balita

1. Menghangatkan Tubuh

Ada alasan penting kenapa minyak telon seringkali digunakan setelah mandi. Hal ini dilakukan karena kandungan minyak kayu putih di dalamnya dapat membantu menghangatkan tubuh bayi.

Bayi sendiri belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Jadi saat saat suhu tubuhnya menurun, minyak telon dapat membantu mereka agar tidak menggigil setelah mandi.

2. Meredakan Gatal dan Infeksi

Dengan kulit yang jauh lebih sensitif, bayi lebih mudah mengalami iritasi karena berbagai hal. Bila sudah gatal, bayi akan menjadi rewel dan akan terus menangis.

Untuk meredakan rasa gatal pada kulitnya, bunda bisa mengoleskan minyak telon pada tubuh si kecil. Selain itu, bunda juga bisa mengoleskan minyak telon untuk mencegah infeksi karena kandungan minyak adas di dalamnya bisa berfungsi sebagi anti mikroba.

3. Mencegah Gigitan Serangga

Bayi kerap kali menjadi incaran bagi nyamuk dan serangga lainnya. Untungnya kini ada beberapa minyak telon yang sudah dilengkapi formula anti serangga sehingga bayi bisa terlindungi. Bayi pun dapat berisitirahat dengan tenang tanpa perlu khawatir bangun akibat gigitan serangga.

4. Digunakan Sebagai Minyak Pijat

gunakan minyak telon saat memijat bayi

Memijat jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat bayi tenang atau meredakan rasa pegal di tubuhnya. Agar kulit bayi tidak mengalami iritasi, bunda bisa menggunakan minyak pijit terlebih dahulu. Nah, salah satu minyak yang bisa digunakan saat memijit si kecil adalah minyak telon.

5. Melembabkan kulit

Memandikan bayi dengan sabun seringkali menghilangkan kelembaban pada kulit si kecil yang masih sangat sensitif. Kulit yang kering akan terlihat kusam dan membuatnya mudah terkelupas. Agar kelembaban kulitnya terjaga, bunda bisa mengusapkan minyak telon pada bayi sehabis mandi.

6. Menenangkan Bayi

Kandungan minyak adas, kelapa, dan kayu putih membuat minyak telon memiliki aroma khas yang terasa harum dan segar. Kombinasi minyak telon dan setuhan lembut bunda bisa membuat bayi tenang dan baik digunakan saat mood bayi menurun.

7. Mengatasi Masalah Perut

Saluran pencernaan bayi yang masih dalam tahap perkembangan seringkali membuatnya mengalami masalah yang menyebabkan rasa sakit di perut. Mulai dari kembung, diare, hingga sembelit, perut bayi yang bermasalah tentu akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Minyak telon dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit pada perut si kecil. Selain membuat perutnya hangat, kandungan minyak adas pada minyak telon ternyata juga baik untuk pencernaan si kecil.


Tidak hanya membuatnya harum dan segar, minyak telon ternyata juga memiliki banyak manfaat lain untuk si kecil. Jadi jangan lupa yah untuk menyediakan minyak telon terbaik di rumah untuk beragam keperluan si kecil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama