8 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Pisang adalah salah satu buah yang paling mudah dijumpai di Indonesia. Bunda bahkan bisa membeli buah berwarna kuning ini sepanjang tahun. Tidak hanya enak, harganya yang murah meriah juga membuat pisang menjadi favorit banyak orang. Dan tidak hanya itu, pisang ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho!

Kandungan Nutrisi Pisang

Berdasarkan data dari USDA Food Composition Databases, setiap 100 gram pisang mengandung beberapa nutrisi sebagai berikut

  • Kalori: 89 kalori
  • Air: 75%
  • Protein: 1.1 gram
  • Karbohidrat: 22.8 gram
  • Gula: 12.2 gram
  • Serat: 2.6 gram
  • Lemak: 0.3 gram

Selain itu pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral lain seperti kalsium, kalium, natrium, beta karoten, vitamin B kompleks, Vitamin C, dan niasin.

manfaat pisang untuk kesehatan tubuh

Khasiat Pisang untuk Kesehatan

1. Baik untuk Pencernaan

Pisang adalah salah satu makanan yang baik menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mengatasi berbagai masalah di dalamnya.

Salah satu alasan kenapa pisang baik untuk saluran pencernaan adalah kandungan prebiotik yang berasal dari karbohidrat kompleks bernama fruktooligosakarida. Prebiotik termasuk serat yang sulit dicerna tubuh sehingga mampu mencapai saluran pencernaan dengan utuh dan menjadi sumber nutrisi utama bagi probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Makanya pisang dikenal lama baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit dan meredakan diare.

Tidak hanya itu, pisang juga diklaim bisa meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Hal ini dimungkinkan karena kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengatasi masalah mual dan muntah dan sangat dianjurkan dikonsumsi oleh bumil.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Pisang adalah makanan sumber kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah. Dari beberapa penelitian di Amerika, kalium dapat membantu meredakan tegangnya pembuluh darah yang tegang yang sering menjadi penyebab meningkatkan tekanan darah.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan kalium yang ada dalm pisang ternyata juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal lho bun!.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang makan 2-3 buah pisang dalam seminggu memiliki risiko penyakit ginjal 33% lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Bila dimakan 4-6 kali dalam seminggu, risiko penyakit ginjal bahkan bisa berkurang hingga setengahnya.

4. Menurunkan Risiko Stroke

Kandungan kalium dan serat pisang yang tinggi pada pisang membuatnya baik untuk menghambat kolesterol jahat (LDL) yang mampu menurunkan risiko stroke dan gangguan pada jantung, terutama pada wanita usia lanjut yang sudah melewati masa menopause.

Dari sebuah penelitian diketahui bahwa kelompok wanita tersebut memiliki risiko stroke yang lebih rendah setelah rutin mengkonsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang.

5. Menjaga Kesehatan mata

Kandungan antioksidan dalam pisang seperti vitamin A, C, E, dan karotenoid terbukti dapat melindungi serta memperbaiki sel yang rusak, termasuk sel mata dan kulit. Selain itu pisang juga mengandung lutein yang dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula yang menyebabkan kerusakan mata akibat penuaan.

6. Mengembalikan Stamina saat Berolahraga

pisang dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang saat berolahraga

Selain menguras energi, berolahraga juga membuat tubuh kehilangan cairan dan elektrolit. Makanya saat berolahraga kita dianjurkan untuk mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang agar tubuh tidak lemas dan sakit.

Jika bunda butuh makanan untuk mengembalikan stamina saat berolahraga, pisang bisa jadi salah satu alternatif terbaik. Pisang dapat mengembalikan elektrolit yang hilang yang dapat membantu menurunkan risiko kram saat berolahraga.

Selain itu pisang juga lebih baik dibanding minuman energi lainnya karena mengandung banyak nutrisi tambahan seperti kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 alami.

7. Baik untuk Kulit

Pisang yang sudah matang bisa digunakan sebagai salah satu produk perawatan kulit. Tingginya kandungan vitamin C dan B6 pada pisang membuat buah ini baik untuk membantu meningkatkan produksi kolagen serta mencegah kerusakan pada kulit akibat sinar UV.

Untuk menggunakannya, bunda bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah. Cukup pilih pisang yang sudah matang lalu tumbuk hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan masker pisang pad wajah lalu diamkan selama 10-15 menit. Bila sudah, bilas lalu keringkan dengan kain lembut.

Untuk membantu memberi nutrisi pada kulit dan melembabkannya, bunda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu atau olive oil pada pasta pisang yang akan digunakan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Diet pisang menjadi salah satu jenis diet yang banyak dilakukan artis Korea untuk menjaga berat badan mereka lho bun!

Kandungan serat tinggi pada pisang dapat membuat bunda kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi camilan berlebih.

Selain itu serat pektin dan magnesium yang ada dalam pisang juga dapat membatasi penyerapan lemak dalam sel dan membantu pemecahan sel lemak dalam tubuh.


Dengan rasanya yang enak, pisang bisa menjadi camilan sehat saat bunda merasa lapar. Jika dikonsumsi dengan benar, pisang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, apalagi jika dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama