Berat Badan Naik Saat Puasa? Ini Penyebabnya!

Saat berpuasa, umat muslim diajarkan untuk menahan rasa lapar dan haus seharian. Secara logika, berkurangnya asupan makanan dan minuman selama berpuasa seharusnya bisa membuat badan lebih kurus. Namun nyatanya banyak juga yang berat badannya bertambah selama bulan Ramadhan.

Jika bunda juga mengalami hal tersebut, jangan heran dulu yah! Bisa jadi beberapa hal ini jadi penyebabnya.

penyebab berat badan naik saat puasa

1. Balas Dendam

Seharian tidak makan dan minum membuat beberapa orang kalap saat berbuka puasa. Jadi alih-alih makan secukupnya, berbuka malah dijadikan ajang balas dendam dengan melahap semua makanan sampai perut merasa sangat kenyang. Tidak jarang jumlah makanan yang disantap jauh lebih banyak dibanding saat kita tidak sedang berpuasa.

2. Pola Makan yang Salah

Selain makan terlalu banyak, pola makan yang salah juga bisa menyebabkan berat badan naik saat puasa.

Dengan banyaknya makanan enak yang dijajakan selama bulan Ramadhan, rasanya jarang di antara kita yang memperhatikan jumlah kalori yang masuk selama makanan tersebut enak dan mengenyangkan.

Selain makanan berminyak seperti gorengan, makanan dan minuman manis seperti kolak atau sup buah juga bisa membuat tubuh mendapatkan banyak asupan gula yang bila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan.

3. Kurang Banyak Berolahraga

Untuk menyimpan energi agar tetap kuat puasa seharian, jarang di antara kita yang ingin berolahraga selama berpuasa. Mungkin tidak hanya olahraga, kita bahkan cenderung membatasi aktivitas fisik berat, terutama di siang hari.

Padahal aktivitas tersebut akan sangat baik untuk membakar kalori dan mengontrol berat badan. Bila bunda malas gerak, maka kalori yang masuk selama sahur dan berbuka malah akan tersimpan dan membuat berat badannaik selama puasa.

4. Langsung Tidur Setelah Sahur

Perut yang terasa kenyang seringkali membuat kita mudah mengantuk. Apalagi setelah bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur, pasti enak yah jika kita bisa langsung tidur setelah shalat subuh?

Meski begitu, tidur setelah sahur memiliki dampak negatif untuk kesehatan karena tubuh baru saja mulai mencerna makanan yang masuk saat sahur. Jika kita beristirahat, makanan tidak akan sempat diubah menjadi energi dan malah tersimpan di tubuh.

Alasan lain kenapa tidak boleh tidur setelah sahur adalah adanya potensi penyakit GERD yang membuat tubuh terasa tidak nyaman saat bangun tidur.


Nah, jadi tahu kan bun kenapa beberapa orang malah lebih gemuk saat bulan Ramadhan. Jika tidak ingin berat badan naik saat puasa, ada baiknya jika bunda tidak kalap saat berbuka dan tetap menjaga pola makan yang sehat. Selain itu jangan lupa untuk tetap berolahraga agar kalori yang masuk bisa terbakar dan tidak tersimpan di dalam tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama