Apakah Minyak Telon Bisa Digunakan Orang Dewasa?

Minyak telon umumnya digunakan oleh bayi dan balita. Namun dengan aromanya yang khas, tidak jarang ada orang dewasa yang juga ikut menggunakannya. Tapi apakah minyak telon bisa digunakan orang dewasa?

Minyak telon sendiri jadi salah satu perlengkapan mandi bayi yang sangat lumrah di Indonesia. Selain membuat si kecil tetap hangat setelah mandi, minyak telon juga membuatnya harum dan segar.

Namun tidak hanya itu saja, minyak telon juga punya banyak manfaat lain, seperti meredakan perut kembung, melembabkan kulit si kecil, atau sebagai minyak pijat dan aromaterapi yang bisa membantunya rileks.

apakah minyak telon bisa digunakan orang dewasa

Manfaat minyak telon ini didapat dari komposisi bahan dasar pembuatannya. Pada minyak telon terdapat kombinasi kandungan minyak kayu putih, minyak kelapa, serta minyak adas.

Minyak kayu putih memberikan sensasi hangat di kulit sementara minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembabannya. Sedangkan minyak adas dapat berfungsi untuk mencegah dan mengatasi perut kembung serta sebagai antibakteri.

Apakah Minyak Telon Bisa Dipakai Selain Bayi?

Minyak telon umumnya dipasarkan untuk digunakan oleh bayi dan anak-anak. Makanya tidak ada produk minyak telon yang dibuat untuk orang dewasa.

Meski begitu baunya yang harum seringkali membuat beberapa orang dewasa tertarik untuk menggunakannya. Varian minyak telon yang dapat mengusir nyamuk pun banyak dipakai untuk membantu mengatasi dan mencegah gigitan serangga.

Komposisiminyak telon sendiri sudah disesuaikan untuk kulit bayi dan balita yang masih lebih tipis dibanding orang dewasa. Dengan begitu minyak telon dapat terserap dengan cepat dan manfaatnya pun bisa langsung dirasakan si kecil.

Efek yang sama tentu akan sulit didapat mengingat kulit orang dewasa yang jauh lebih tebal. Sensasi hangat yang didapat pun akan lebih lama didapat.

Meski begitu manfaat minyak telon lain seperti sebagai aroma terapi untuk melegakan hidung dan tenggorokan masih bisa dirasakan orang dewasa.

Jadi apakah minyak telon bisa digunakan orang dewasa?

Bisa, namun tetap jangan menggunakan minyak telon secara berlebihan karena hal ini berpotensi menimbulkan iritasi jika dioleskan pada kulit terlalu banyak.

Dan jika bunda hanya ingin menggunakan minyak telon untuk menghangatkan tubuh, bunda bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai alternatif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama