5 Penyebab Anak Bicara Kasar pada Orang Lain

Anak yang sudah berbicara umumnya sudah mampu mengekspresikan emosi mereka menggunakan kata-kata. Namun tentu akan menjadi hal yang mengagetkan ketika ada kata-kata kasar atau kotor yang keluar dari mulutnya.

Sebagai orang tua pastinya kita akan bertanya-tanya darimana ia mendengar kata atau kalimat tersebut bukan?

Nah, jika si kecil mulai bicara kasar pada orang lain, jangan-jangan salah satu hal ini penyebabnya.

penyebab anak bicara kasar pada orang lain

1. Mencontoh Orang Tuanya

Orang tua adalah role model pertama bagi anak. Dan sebagai tempat di mana anak menghabiskan lebih banyak waktunya, rumah menjadi tempat bagi mereka untuk mencontoh banyak hal dari orang tuanya, termasuk hal-hal negatif seperti berbicara kasar.

2. Mendengarnya dari lingkungan sekitar

Jika anak sedang senang bermain dengan teman sebayanya, tentu akan sulit untuk terus mengawasi mereka saat bermain di luar rumah.

Padahal lingkungan sekitar penuh dengan beragam dinamika yang salah satuya bisa memberi dampak negatif pada anak bunda.

Jika bermain di tempat umum, si kecil bisa saja mendengar kata-kata kasar dan mencontohnya. Jika bunda mendengar hal semacam itu keluar dari mulutnya, bunda bisa langsung memberi pengertian bahwa kata-kata tersebut adalah kata yang buruk dan tidak pantas diucapkan.

3. Menonton acara televisi yang tidak sesuai usianya

Agar si kecil tenang, banyak orang tua yang membiarkan anak menonton acara kesayangannya, entah dari TV maupun Youtube. Padahal jika tidak diawasi, si kecil bisa saja melihat adegan atau perkataan yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan umurnya.

Jika dibandingkan dengan acara televisi, Youtube seringkali cukup riskan untuk anak karena tidak ada lembaga sensor yang mengatur isi konten video tersebut.

Jadi bila bunda ingin memberi tontonan pada anak, akan lebih baik memberinya video yang sudah bunda unduh atau memberikannya acara televisi khusus anak.

4. Tidak Mengetahui Artinya

Anak kadang belum tentu paham dengan apa yang diucapkannya. Seringkali ia hanya ikut-ikutan, atau bahkan menganggap bicara kasar adalah suatu hal yang lucu.

Makanya saat si kecil bicara kasar, ada baiknya bunda tidak langsung menghakiminya. Tanyakan dulu pada si kecil apakah ia tahu arti kata-kata tersebut. Setelah itu beri penjelasan bahwa kata-kata tersebut memiliki arti yang tidak baik dan tidak pantas untuk diucapkan.

5. Sikap Membangkang

Ada beberapa anak yang merasa tertantang dan membangkang saat diberitahu bahwa ia tidak boleh bicara kasar. Semakin lantang suara orang tuanya, semakin besar pula reaksi si kecil. Tidak jarang si kecil akan lebih sering melakukannya di kemudian hari.

Agar tidak memancing reaksi negatif dari anak, bunda perlu lebih sabar dan sedikit merayu untuk memberi tahu bahwa apa yang dilakukannya itu salah.


Mendengar anak berbicara kasar tentu akan membuat orang tua manapun shock, apalagi jika di rumah kata-kata semacam itu tidak lazim diucapkan.

Karena itulah, pastikan orang tua memberi contoh yang baik di rumah. Dan jika anak berkata kasar karena mencontoh lingkungan sekitarnya, pastikan si anak tahu bahwa kata-kata tersebut tidak pantas diucapkan agar tidak menjadi kebiasaan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama