4 Tips Menggunakan AC supaya Hemat Listrik

Tidak bisa dimungkiri, iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia membuat cuaca terkadang sangat panas saat musim kemarau. Oleh karena itu, hampir kebanyakan orang saat ini memanfaatkan teknologi yang bernama AC atau air conditioner. AC dapat memberikan udara yang sejuk di dalam ruangan sehingga menciptakan kenyamanan dan ketentraman bagi para penghuninya.

Nah, bagi bunda yang saat ini sudah menggunakan AC mungkin seringkali merasa bahwa pemakainnya terbilang sangat boros. Hal tersebut membuat tagihan listrik pun semakin membengkak. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan supaya hemat listrik dalam penggunaan AC:

tips menggunakan ac supaya hemat listrik

1. Tutup jendela dan pintu saat menggunakan AC

Sebelum menyalakan AC, pastikan ruangan sudah tertutup dengan rapat, tidak ada celah udara yang masuk dari luar. Tutup rapat-rapat jendela dan pintu. Pasalnya, apabila masih ada celah dari pintu, jendela, ataupun lubang lainnya, maka otomatis suhu udara yang dikeluarkan AC tidak optimal.

2. Gunakan AC jenis inverter

Jika ingin menggunakan AC yang hemat listrik, mungkin bunda bisa memilih jenis AC inverter. AC inverter mempunyai compressor yang dapat menurunkan daya listrik sampai dengan 30%, tergantung seberapa sering bunda menggunakannya dan bagaimana cara pengunaannya. Meski harganya terbilang cukup mahal, tetapi AC jenis inverter dinilai tahan lama sehingga baik untuk jangka panjang.

Nah, jika ingin meminang AC inverter, bunda bisa pilih AC premium inverter dari Daikin. Daikin menyediakan AC inverter dengan kualitas terbaik.

3. Servis AC secara rutin

Kebanyakan orang seringkali merasa malas untuk melakukan servis terhadap AC nya. Padahal, servis AC secara rutin dapat menjaga performanya agar tetap baik, lho. Sebisa mungkin servis AC minimal 3 bulan sekali. Saat servis AC, otomatis itu akan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada suku cadang AC.

4. Jangan terlalu sering menggunakan mode powerful

Mode powerful seringkali membuat compressor dan fan bekerja lebih keras dari kondisi normal. Di sisi lain, hal tersebut dapat membuat tagihan listrik jadi membengkak.

Oleh karena itu, jangan sering-sering menggunakan mode tersebut meskipun dapat membuat ruangan cepat dingin. Sesekali menggunakan mode powerful tidak apa-apa, asalkan jangan terlalu sering.


Itu dia empat tips yang bisa bunda lakukan untuk menghemat listrik dalam pemakaian AC. Jangan lupa segera hubungi Daikin Indonesia untuk mendapatkan beragam produk AC dengan berbagai macam tipe dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama