10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Jeruk nipis pastinya sudah tidak asing lagi buat bunda. Namun tahu gak sih, kalau jeruk nipis tidak hanya bisa jadi pelengkap makanan, tapi juga jadi bahan alami untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut?

Pada jeruk nipis terdapat kandungan protein, serat, zat besi, kalsium, thiamin, kalium, dan berbagai vitamin. Selain menyehatkan tubuh, senyawa-senyawa tersebut juga baik untuk kecantikan kulit wajah.

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit dan wajah

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Selain melembabkan, jeruk nipis juga dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Hal ini terjadi karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang juga banyak ditemukan pada produk-produk kecantikan.

Kandungan tersebut mampu membantu regenerasi kulit dan dapat menghilangkan wajah kusam serta membuat kulit tampak lebih cerah.

2. Mengatasi dan Mencegah Jerawat

Jerawat umumnya terjadi karena tersumbatnya pori-pori kulit dan sering sekali terjadi pada kulit wajah yang berminyak.

Untuk mengatasinya, bunda bisa memanfaatkan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan zat anti bakteri yang ampuh untuk membersihkan kulit wajah. Selain itu kandungan asam

Untuk melakukannya, bunda bisa mencampur perasan air jeruk nipis yang sudah ditambahkan madu untuk mencegah berkembangnya bakteri pada kulit.

3. Menyamarkan Noda Hitam

Kandungan asam pada jeruk nipis dapat menjadi pencerah alami dan membantu menyamarkan noda hitam. Bunda juga bisa memakai perasan jeruk nipis untuk memutihkan kulit siku yang menghitam secara alami.

4. Mengencangkan Pori-Pori

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membantu bunda mengencangkan pori-pori. Hal ini mungkin berkat adanya senyawa astrigen pada jeruk nipis.

Senyawa astrigen sendiri merupakan kandungan yang banyak digunakan pada beragam produk kecantikan dan perawatan wajah yang sangat efektif untuk mengencangkan kulit.

5. Menunda Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan anti oksidan yang melimpah pada jeruk nipis membuatnya baik untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menimbulkan gejala penuaan seperti flek hitam, keriput, atau garis halus di wajah.

Selain itu vitamin C juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit lebih kencang dan tampak lebih muda.

6. Mengangkat Kulit Mati

Kulit selalu mengalami pergantian dan umumnya akan terlepas secara alami. Namun terkadang ada saja kejadian di mana sel kulit mati malah menempel dan menyumbat pori-pori. Jika hal ini terjadi, maka akan timbul masalah pada kulit seperti munculnya noda atau bahkan jerawat.

Untuk membantu mengangkat kulit mati secara alami, bunda bisa menggunakan jeruk nipis. Selain teksturnya yang sedikit kasar, kandungan asam nitrat pada jeruk nipis akan memudahkan sel kulit mati untuk terangkat seluruhnya.

7. Melembabkan Kulit Wajah

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang tidak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, bunda bisa mengkonsumsi minuman jus jeruk nipis, atau memeras jeruk nipis tersebut dan memakainya sebagai masker.

8. Memperbaiki Kulit Rusak

Dari sebuah studi ditemukan bahwa kandungan anti oksidan pada jeruk nipis dapat mengembalikan dan memperbaiki kulit yang rusak.

Jeruk nipis yang juga bisa berfungsi sebagai disinfektan dan anti bakteri juga membuatnya baik untuk meremajakan kulit dan melindunginya dari infeksi.

Untuk melakukannya, bunda bisa meminum air hangat yang sudah ditambahkan perasa jeruk nipis dan sedikit madu. Lakukan secara teratur di pagi hari untuk mendapatkan kulit yang cerah alami.

9. Mengatasi Ketombe

Ketombe jadi salah satu masalah rambut yang menyebalkan. Saat mengalami hal ini, kulit kepala akan mengalami pengelupasan dan membuat rambut tampak kotor.

Mengutip dari beberapa sumber, asam nitrat pada jeruk nipis ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe.

Untuk melakukannya, bunda bisa memotong jeruk nipis dan menggosokkan potongan tersebut di kulit kepala. Setelah itu gunakan bilas lalu gunakan pelembab alami rambut seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

10. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selama berabad-abad, jeruk nipis banyak digunakan untuk mengobati masalah seputar rambut mulai dari penipisan rambut atau kebotakan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya semakin tebal.


Itu dia beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Dengan mudahnya mencari jeruk nipis di mana-mana, tentu tidak sulit bukan untuk memberi perawatan pada tubuh secara alami.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama