7 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Anak di Rumah

Aplikasi belajar online adalah aplikasi yang bisa menunjang proses belajar anak di rumah. Cukup bekal gadget dan internet, si kecil bisa mempelajari banyak hal yang mungkin sulit bunda lakukan sendiri.

Pilihan aplikasi belajar online pun kini sangat beragam. Si kecil pun bisa belajar beragam hal mulai dari percakapan bahasa asing atau sekedar mata pelajaran sekolah sehari-hari.

Nah, jika bunda ingin memberikan anak pengetahuan lebih di luar jam sekolahnya, berikut adalah beberapa aplikasi belajar online yang bisa bunda sarankan untuk anak.

1. RuangGuru

aplikasi belajar online anak ruangguru

RuangGuru rasanya jadi aplikasi belajar online yang paling populer dan memiliki pengguna aktif yang sangat banyak di Indonesia. Dengan jumlah investasi besar-besaran, RuangGuru bahkan diprediksi bisa menjadi salah satu unicorn selanjutnya dengan valuasi mendekati 1 miliar dolar.

Mengutip data dari berbagai sumber, Ruang Guru memiliki lebih dari 20 juta pengguna dengan 300 ribu guru yang siap mendampingi dalam berbagai mata pelajaran.

Melalui aplikasi ini, anak bunda bisa mengakses beragam fitur mulai dari kelas virtual, video pembelajaran, les privat, ujian online, serta bermacam-macam konten pendidikan lainnya yang disediakan untuk jenjang pendidikan SD, SMP, atau SMA/SMK.

2. English Academy

Selain menyediakan platform belajar mata pelajaran di sekolah, RuangGuru juga memiliki aplikasi khusus untuk belajar Bahasa Inggris bernama English Academy. Melalui aplikasi ini anak bunda akan didik untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris hingga fasih dalam berbicara.

Dengan kurikulum Cambridge dan pengajar profesional berstandar internasional, English Academy bisa jadi pilihan utama bunda untuk mempersiapkan si kecil dalam menghadapi era global.

Pada English Academy tedapat empat kelas sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Ada kelas Runner untuk anak 7-10 tahun, kelas Sprinter untuk anak 11-14 tahun, kelas Ranger untuk usia 15-18 tahun, dan kelas Explorer untuk anak di atas 18 tahun.

3. Cakap

aplikasi belajar bahasa asing online cakap

Jika anak bunda senang belajar bahasa asing, Cakap bisa jadi aplikasi belajar online alternatif yang bisa bunda berikan pada si kecil. Selain bahasa Inggris, anak bunda juga bisa belajar bahasa Mandarin dan Jepang.

Pada aplikasi ini terdapat beragam fitur yang bisa digunakan untuk memperlancar bahasa Asing. Fitur Cakap English Club bisa digunakan untuk terhubung dengan pengajar asing untuk melatih kemampuan bahasa Inggris anak bunda.

Pada fitur Cakap Expert, pengajar dapat berinteraksi dengan pelajar lain untuk membicarakan beragam topik melalui fitur chat dan voice chat. Selain itu ada juga Cakap private bagi bunda yang ingin agar anaknya bisa belajar 1-on-1 dengan pengajar native.

Menariknya, aplikasi Cakap bekerja sama dengan Universitas Atmajaya, BLCC, Aki no Sora, dan UI sehingga materi yang disampaikan lebih bekualitas dan efektif untuk membantu si kecil belajar bahasa asing favoritnya.

4. Zenius

aplikasi belajar mata pelajaran dan ujian zenius

Berpengalaman sejak tahun 2004, Zenius berhasil mencetak ratusan ribu alumni yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di seluruh indonesia. Aplikasi menyediakan beragam materi gratis untuk kelas 1-12, latihan soal, serta ZenBot yang bisa membantu anak bunda menyelesaikan soal matematika.

JIka bunda ingin kelas premium, Zenius memiliki beberapa kelas yang sesuai dengan kebutuhan seperti:

  • Zenius Aktiva: Paket belajar berisi materi sekolah menggunakan animasi untuk mempemudah anak didik untuk memahami materi. Selain itu terdapat latihan soal yang juga dilengkapi video pembahasan.
  • Zenius Aktiva Sekolah dan Ujian Mandiri: Paket belajar zenius Aktiva + Try-Out UTBK dengan IRT scoring, lengkap dengan pembahasannya.
  • Zenius Optima: Paket belajar untuk membantu mempersiapkan ujian tengah semester dan akhir semester sekolah. Selain mendapatkan materi, anak didik juga mendapatkan 250 jam bimbel interaktif serta sesi tanya jawab.
  • Simak UI: Paket belajar khusus untuk mempersiapkan diri menghadapi SIMAK UI.

5. Rumah Belajar Kemendikbud

Rumah Belajar, aplikasi belajar online gratis dari kemendikbud

Dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, Kemendikbud menyediakan aplikasi belajar online bernama Rumah Belajar yang menyediakan materi belajar serta fasilitas komunikasi yang bisa digunakan untuk berinteraksi antar komunitas.

Aplikasi Rumah Belajar dari kemendikbud ini bisa digunakan oleh guru dan siswa dari beragam jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) dan sederajat.

Pada aplikasi Rumah Belajar tedapat materi ajar yang disampaikan dalam bentuk gambar, video, animasi, dan permainan. Menariknya, seluruh konten dan fitur yang ada pada aplikasi ini dapat diakses dan digunakan secara gratis.

Selain materi sekolah, aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud juga menyediakan fitur tambahan menarik. Salah satunya adalah Laboratorium Maya yang menyediakan simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

6. Kelas Kita

aplikasi belajar online untuk menambah pengetahuan anak kelaskita

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah KelasKita. Aplikasi ini menyediakan beragam topik belajar yang variatif dan menarik serta didukung oleh tenaga pengajar yang profesional di bidangnya. Dengan video pengajaran berkualitas tinggi, materi dari KelasKita bisa dengan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja.

Pada aplikasi belajar online ini terdapat 6 kategori yang bisa diakses sesuai dengan minat dan kemampuan, yaitu:

  • AkalKita: Kelas berisi materi seputar teknik informasi, personal branding, animasi, konsep kreatif, hingga public speaking.
  • KaryaKita: Kelas berisi materi seputar film, menggambar, story telling, arsitektur, hingga beragam sejarah dan budaya.
  • SehatKita: Kelas berisi materi seputar kesehatan fisik dan mental seperti kelas olahraga, psikologi, parenting, lingkungan, dan lain sebagainya.
  • HobiKita: Kelas berisi materi seputar hobi mulai dari gaming, outdoor activity, musik, berkebun, makeup, hingga otomotif.
  • UsahaKita: Kelas berisi materi seputar tips dan trik keuangan dan dunia usaha.
  • CeritaKita: Kelas berisi berbagai artikel edukatif dan cerita inspiratif terbaru.

Menariknya, aplikasi juga menyediakan E-Certificate jika anak bunda berhasil menyelesaikan kelas-kelas di KelasKita

7. Sekolah.mu

aplikasi sekolah online dan offline sekolah.mu

Terakhir ada aplikasi belajar sekolah.mu yang menyediakan sistem blended learning di mana pembelajaran terintegrasi digital dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel.

Sama seperti aplikasi belajar online lainnya, anak bunda bisa mendapatkan beragam materi serta mendaptkan pendamping yang membantu membimbing proses belajar mengajar.

Selain itu terdapat latihan soal yang dibuat berdasarkan kurikulum terupdate lengkap dengan pembahasannya agar lebih mudah dimengerti oleh anak.

Tidak hanya itu, aplikasi sekolah.mu juga menyediakan fitur menarik lainnya seperti Tanyamu agar siswa dapat bertanya berbagai latihan soal atau tugas rumah, atau Ujianmu di mana sisa dapat terbantu dalam mempersiapkan berbagai ujian pendidikan.


Itu dia beberapa aplikasi belajar online yang bisa digunakan oleh anak bunda. Tidak hanya membantunya untuk mengingkatkan nilai mata pelajaran di sekolah, aplikasi tersebut juga bisa membantu anak untuk mempelajari bahasa asing.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama