6 Manfaat Membacakan Cerita Dongeng untuk Anak

Membacakan cerita dan dongeng menjadi salah keegiatan positif yang bisa bunda lakukan bersama buah hati tercinta. Tidak hanya mempererat hubungan bunda dengan si kecil, membacakan dongeng ternyata juga baik untuk tumbuh kembang anak.

Rutin membacakan dongeng bisa dimulai sejak si kecil berusia 6 bulan. Bunda bisa mulai dengan memberikan buku yang lebih banyak berisi gambar atau menggunakan hal-hal interaktif seperti boneka atau cermin.

Meski si kecil belum bisa mengerti apa yang bunda katakan, membacakan dongeng tetap akan memberinya manfaat, seperti beberapa poin berikut ini.

manfaat membacakan cerita dongeng untuk anak

1. Memperbanyak kosakata anak

Membacakan cerita atau dongeng jadi salah satu cara ampuh untuk memperbanyak kosakata anak. Dengan membacakan cerita, si kecil akan menemui banyak kata-kata baru yang mungkin akan jarang didengar pada percakapan sehari-hari. Si kecil pun akan lebih banyak belajar kata-kata baru dibanding anak lain yang tidak pernah dibacakan dongeng.

Hal ini juga diperkuat oleh sebuah studi yang menunjukan bahwa anak yang sering mendengar dongeng memiliki kamampuan bahasa yang lebih baik. Tidak hanya memiliki kosakata yang lebih banyak, anak pun bisa belajar cara penggunaan serta gaya bahasa yang berbeda-beda pula.

2. Sarana Belajar si Kecil

Selain kosakata baru, membacakan dongeng juga bisa jadi cara bunda untuk mengenalkan banyak hal lain pada si kecil seperti bentuk, warna, dan objek lainnya.

Jadi selain mendapatkan banyak manfaat lainnya, membacakan dongeng juga bisa jadi sarana belajar untuk si kecil.

3. Melatih kemampuan bicara dan membaca

Anak yang sering dibacakan dongeng akan memiliki lebih banyak kosakata serta mengetahui bagaimana cara menggunakan kata-kata baru tersebut pada sebuah kalimat. Karena itulah, anak yang biasa mendengarkan cerita akan lebih cepat berbicara dan menyampaikan isi pikirannya.

Selain itu seringnya anak melihat buku cerita akan merangsangnya untuk lebih cepat mengenal huruf dan meningkatkan minat baca pada anak sejak dini.

4. Belajar nilai-nilai baik

Dongeng umumnya adalah cerita fiktif yang dibuat dengan menanamkan nilai-nilai baik di akhir cerita. Jadi siapapun dapat mengambil pelajaran dari sebuah cerita dongeng, termasuk si kecil.

Jika cerita dongeng tersebut dibacakan berulang-ulang, nilai baik dari cerita tersebut akan tertanam pada diri anak sehingga mereka mampu menirunya di kemudian hari.

5. Meningkatkan kemampuan berpikir

Saat membacakan dongeng, bunda bisa melakukan diskusi ringan mengenai cerita yang selesai dibaca. Bunda bisa meminta anak untuk menceritakan kembali cerita tersebut secara singkat atau bertanya mengenai tokoh atau adegan favoritnya.

Meski sederhana, hal tersebut bisa memicu otak anak dan meningkatkan kemampuan berpikirnya. Jadi mereka tidak hanya menggunakan otak secara pasif saja, namun juga aktif saat menceritakan pengalaman mereka setelah membaca cerita.

6. Mempererat hubungan anak dan orang tua

Manfaat membacakan dongeng untuk anak lainnya adalah untuk mempererat hubungan antara anak dan orang tua.

Membaca bersama-sama jadi salah satu cara efektif untuk menghabiskan waktu. Proses komunikasi pun akan berjalan meski si kecil belum bisa merespon dengan baik cerita yang bunda bacakan.

Tidak hanya itu, mendengar suara sambil berada dalam dekapan bunda juga akan membuat si kecil nyaman dan merasa terlindungi. Hal inilah yang bisa mempererat hubungan bunda dengan si kecil.


Bagaimana, ternyata ada banyak manfaat membacakan dongeng untuk anak dan balita kan bun? Jadi mulai sekarang bunda bisa coba meluangkan waktu untuk membeli buku dongeng yang sesuai dengan usia anak dan membacakannya sebelum tidur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama