7 Langkah Mudah untuk Melindungi Kesehatan Keluarga

Kesehatan adalah tanggung jawab masing-masing individu di rumah. Meski begitu ibu seringkali memiliki peran lebih dalam menjaga kesehatan anggota keluarga di rumah, apalagi untuk anak-anak yang belum pintar menjaga kesehatan mereka sendiri.

Cara melindungi kesehatan keluarga sendiri bisa disesuaikan dengan pola hidup masing-masing keluarga. Selain menyiapkan makanan bergizi, bunda juga bisa mengajak anggota keluarga lain untuk aktif bergerak hingga menyiapkan asuransi kesehatan terbaik untuk mereka.

1. Menyiapkan Makanan Bergizi

Sajikanmakanan bergizi untuk melindungi kesehatan keluarga

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melindungi kesehatan keluarga adalah dengan memberi mereka makanan yang bergizi. Jadi tidak hanya mengenyangkan, makanan yang dimakan seharusnya juga bisa memberi nutrisi dan menjaga agar organ tubuh tetap bekerja dengan baik.

Makanan dan camilan yang bunda sajikan bisa dipersiapkan agar memiliki komposisi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Dengan begitu bunda bisa menyajikan makanan yang bisa membantu memberi energi, menjaga saluran pencernaan, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Banyak Minum Air Putih

Air putih adalah minuman sehat yang bisa bunda berikan pada keluarga di rumah meski tidak ada salahnya jika sesekali mereka mengkonsumi teh, kopi atau jus buah.

Mencukup kebutuhan air mineral akan sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Dengan begitu sistem peredaran darah dan kinerja otak tidak akan terganggu.

3. Ajak Keluarga untuk Rajin Berolahraga

Olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan untuk semua anggota keluarga di rumah. Berolahraga secara rutin akan membantu membentuk tubuh yang bugar dan menjaga agar berat badan tidak bertambah secara drastis.

Tidak kalah pentingnya, olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang bisa melemah seiring pertambahan usia. Belum lagi olahraga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta meningkatkan mood agar lebih baik.

Jika bunda sulit membagi waktu untuk berolahraga di luar rumah, bunda bisa melakukan gerakan ringan di rumah seperti menaiki anak tangga atau melakukan yoga. Agar semakin seru, bunda bisa juga mengajak si kecil untuk aktif bergerak dalam sebuah permainan.

4. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

jaga kebersihan diri dan lingkungan agar keluarga sehat

Kebersihan diri dan lingkungan harus menjadi tanggung jawab bersama di rumah. Maka dari itu bunda bisa membuat peraturan tegas mengenai kebersihan dan memastikan setiap anggota keluarga memenuhinya. Belum lagi selama pandemi ini kita sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan, terutama mencuci tangan.

Dengan lingkungan yang bersih dari kotoran, kuman dan bakteri pun tidak dapat berkembang dengan leluasa. Jadi bunda bisa lebih memastikan kesehatan keluarga di rumah.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Banyak yang mengira bahwa dokter hanya perlu dikunjungi saat kita sudah dalam keadaan sakit saja. Padahal bunda bisa mengunjungi dokter kapan saja untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Dengan memeriksakan tubuh ke dokter secara berkala, bunda bisa mengetahui perkembangan organ yang ada dalam tubuh. Jika muncul penyakit, bunda juga bisa mendeteksinya sejak dini agar bisa cepat ditangani sebelum makin parah.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak kalah pentingnya. Mental yang tidak sehat akan berpengaruh pada tubuh dan membuat penderitanya mengalami sakit meski secara fisik sangat sehat.

Untuk menjaga kesehatan mental, bunda bisa aktif berkomunikasi dan memeriksa masing-masing anggota keluarga di rumah. Keterbukaan menjadi salah satu obat mujarab agar penyakit mental dan gejala stres dapat dideteksi sejak awal.

7. Gunakan Asuransi

Sebagai langkah terakhir, bunda bisa juga memanfaatkan asuransi untuk melindungi kesehatan keluarga di masa depan. Saat merasa sehat kita mungkin tidak akan merasa perlu untuk memiliki asuransi kesehatan. Namun asuransi ini bisa jadi penyelamat bunda saat sesuatu yang tidak diinginkan tiba-tiba terjadi.

Dengan adanya asuransi kesehatan, maka bunda tidak perlu terlalu pusing masalah biaya pengobatan dan rawat inap. Bunda pun bisa lebih tenang saat menjaga anggota keluarga yang sakit agar mereka bisa lekas sembuh.


Itu dia beberapa langkah mudah yang bisa bunda lakukan untuk melindungi kesehatan keluarga. Selain menyajikan makanan sehat dan rajin berolahraga, bunda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menggunakan asuransi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama