8 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Tinggal di negara beriklmim tropis membuat si kecil tidak akan pernah aman dari serangga seperti nyamuk, apalagi jika di sekitar tempat tinggal bunda masih banyak tanaman dan saluran air.

Meski umumnya tidak berbahaya, gigitan nyamuk bisa membuat si kecil tidak nyaman dan meninggalkan bekas gigitan yang terasa sangat gatal. Untungnya ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang bisa bunda coba pada si kecil.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk di Kulit Bayi

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi

1. Pijat Area yang Digigit Nyamuk

Cara paling mudah untuk mengatasi gigitan nyamuk yang bisa bunda berikan pertama kali pada si kecil adalah dengan memijat area yang digigit nyamuk.

Memijat tubuh si kecil akan memperbesar pembulu dan melancarkan aliran darahnya. Dengan begitu kulit akan merangsang pembentukan kolagen yang mampu mencegah munculnya luka pada area bekas gigitan nyamuk.

2. Kompress dengan Air Dingin

Selain memijatnya, langkah pertama yang juga bisa bunda lakukan dengan mudah adalah mengkompres bekas gigitan nyamuk dengan air dingin. Kompres dengan air dingin dapat mencegah terjadinya peradangan sehingga kulit tidak terasa gatal dan timbul bentol.

Untuk melakukannya, bunda bisa merendam kain bersih pada air dingin lalu tempelkan pada kulit yang digigit nyamuk. Sebagai alternatif, bunda juga bisa membungkus es dengan kain lalu lakukan hal yang sama.

3. Gunakan Minyak Telon

Bila bunda memiliki minyak telon di rumah, bunda bisa mengoleskannya pada si kecil untuk menghilangkan rasa gatal pada kulitnya. Agar lebih efektif, akan lebih baik untuk memberinya minyak telon yang sudah mengandung zat anti nyamuk agar ia bisa terlindungi dari gigitan nyamuk lainnya.

4. Gunakan Lidah Buaya

oleskan gel lidah buaya untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Jika bunda ingin menghilangkan bekas gigitan nyamuk secara alami, lidah buaya bisa jadi bahan alami di rumah yang bisa bunda gunakan. Meski berbentuk cukup seram, manfaat lidah buaya ternyata sangat banyak, termasuk untuk menyembuhkan bekas luka pada kulit. Hal ini dimunkginkan karena lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang mampu mencegah peradangan yang timbul akibat gigitan nyamuk.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu membersihkan lidah buaya terlebih dahulu. Setelah itu potong lalu oleskan gel lidah buaya pada kulit bayi yang digigit serangga. Diamkan hingga gel mengering lalu bilas dengan air bersih.

5. Madu

Selain lidah buaya, bahan alami lain yang juga baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit adalah madu. Sama seperti lidah buaya, madu mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu mencegah munculnya peradangan pada kulit dan memulihkan kondisinya.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mengoleskan madu ke permukaan kulit bayi yang digigit serangga. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga madu teresap ke dalam kulit lalu bilas dengan air bersih.

6. Kentang

Bila bunda tidak memiliki lidah buaya atau madu di rumah, kentang bisa jadi alternatif yang mudah ditemukan dan sama-sama berkhasiat untuk mengatasi gigitan serangga pada kulit si kecil. Pada kentang terdapat kandungan potasium dan vitamin C yang dapat membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi.

Untuk menggunakannya,bunda hanya perlu memotong kentang dan mengoleskan bagian dalamnya pada kulit si kecil yang digigit nyamuk. Diamkan selama beberapa saat hingga rasa gatal berkurang lalu bersihkan menggunaan lap basah.

7. Lemon

Selain kentang, buah yang kaya vitamin C juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi, salah satunya adalah lemon. Pada buah lemon terdapat kandungan anestesi, disinfektan, serta anti inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkannya.

Untuk menggunakannya, bunda bisa memotong lemon lalu menempelkannya pada kulit bayi. Selain itu bunda juga bisa memeras lemon lalu mengoleskan air perasannya menggunakan kapas atau kain ke kulit si kecil.

8. Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya adalah minyak kelapa atau VCO (virgin coconut oil). Selain bisa dibuat sendiri, minyak kelapa juga bisa dibeli di berbagai tempat mulai dari toko kosmetik hingga toko produk-produk herbal.

Untuk menggunakannya, bunda cukup mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang gatal akibat gigitan nyamuk. Selain mengurangi rasa gatalnya, minyak kelapa juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit bayi lho bun!


Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang bisa bunda lakukan secara alami menggunakan bahan-bahandi rumah. Sebagai pencegahan, ada baiknya jika bunda menggunakan minyak telon anti nyamuk atau memberikan kelambu agar anak bisa terlindungi dari gigitan nyamuk yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama