7 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Sebagai orang tua kita sering kali lebih memperhatikan perkembangan fisik si kecil. Apakah ia tumbuh sesuai dengan usianya? apakah ia sudah bisa belajar berjalan? dan sebagainya. Padahal selain perkembangan fisik, perkembangan mental anak tidak kalah pentingnya.

Salah satu cara untuk mengembangkan mental si kecil adalah melatihnya untuk berani dan mandiri. Dengan kedua sifat ini, anak tidak akan ketergantungan orang tua dan memiliki mental yang baik untuk belajar banyak hal. Selain itu kemandirian juga akan membuat si kecil lebih mudah bergaul dengan lingkungan baru di sekitarnya.

Lalu bagaimana cara mendidik anak agar mandiri dan berani? Simak caranya berikut ini yah bun!

1. Biarkan Anak Mencoba Hal Baru

biarkan anak mencoba hal baru untuk mendidik anak agar mandiri dan berani

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan untuk melatih anak agar lebih berani adalah dengan membiarkannya mencoba banyak hal baru. Selain itu bunda juga bisa mendorong si kecil untuk mencoba banyak yang belum pernah dilakukannya, baik itu makanan baru, bertemu teman baru, atau datang ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjunginya.

Jika dilatih sejak dini, si kecil tidak akan lagi takut jika suatu saat harus menghadapi hal baru dan justru akan bersemangat dengan tantangan tersebut.

2. Jangan Terlalu Mengekang

Sebagai orang tua umumnya kita lebih sering melayani anak karena khawatir mereka akan membuat kekacauan jika melakukannya sendiri. Padahal hal ini malah akan membuat mereka ketergantungan terhadap banyak hal dan butuh waktu lama untuk bisa mandiri.

Agar mereka lebih berani dan mandiri, bunda tidak perlu terlalu mengekang dan bisa memberi si kecil kepercayaan. Bunda bisa memulainya dari hal-hal yang kecil seperti mengambil mainan sendiri, makan sendiri, menggunakan baju sendiri, hingga membuat susu mereka sendiri.

3. Minta Anak untuk Membantu

Saat si kecil mulai beranjak besar, bunda bisa memberi mereka kepercayaan yang lebih besar seperti meinta mereka untuk membantu melakukan pekerjaan rumah selama hal tersebut tidak berbahaya.

Dengan terbiasa membantu pekerjaan rumah, si kecil akan memiliki kesadaran untuk lebih mandiri dan memperhatikan kebersihan serta kerapihan rumah mereka sendiri. Dengan begitu mereka tidak akan tergantung pada orang lain untuk membereskan banyak hal yang mereka buat sendiri.

4. Jangan Menakuti Anak

Melanjutkan dua poin sebelumnya, orang tua seringkali melarang anak untuk melakukan sesuatu dengan menakut-nakuti mereka. Sayangnya hal ini seringkali dilakukan pada hal-hal yang dianggap akan merepotkan orang tua.

Sering menakut-nakuti anak akan membuat mereka selalu memiliki pikiran negatif saat akan melakukan sesuatu. Mereka pun akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih pesimis dan takut untuk mencoba banyak hal baru di sekitarnya.

5. Jangan Memaksa

Saat mendorong anak untuk mencoba hal baru, tidak perlu gunakan cara memaksa agar si kecil mau melakukannya. Memaksa anak hanya akan membuat mereka trauma. mereka pun akan selalu menghubungkan pengalaman baru tersebut dengan hal yang tidak membuat mereka nyaman. Jadi jangan heran bila di kemudian hari mereka cenderung enggan untuk mencoba hal-hal baru.

6. Latih Anak untuk Berpikir Kritis

Saat mendorong anak mencoba hal-hal baru, ada baiknya bunda juga mengajarinya untuk lebih berpikir kritis. Dengan begitu risiko yang bisa terjadi pada anak dapat diminimalisir karena mereka tahu apa yang baik untuk mereka dan apa saja yang bisa membawa dampak negatif pada mereka.

Untuk melakukannya, bunda bisa mendiskusikan pengalaman si kecil setelah mencoba hal-hal yang baru. Setelah itu bunda bisa memberi penjelasan mengenai poin positif dan negatif dari hal tersebut agar kelak si kecil bisa belajar untuk menilai pengalaman mereka sendiri.

7. Hargai Usaha Mereka

Langkah terakhir yang bisa bunda lakukan untuk mendidik anak agar mandiri dan berani adalah dengan menghargai usaha mereka.

Keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru bukanlah hal yang mudah untuk si kecil. Maka dari itu beri mereka motivasi agar mereka selalu bersemangat untuk mencoba hal baru yang bunda sarankan. Dan jika mereka melakukan kesalahan, hindari kalimat negatif yang menyudutkan mereka.


Itu dia beberapa tips mendidik anak agar mandiri dan berani. Ajari mereka banyak hal baru sejak dini dan beri mereka kepercayaan agar mereka kelak terbiasa hidup mandiri tanpa tergantung orang lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama