6 Cara Mengatasi Kulit Berminyak dengan Bahan Alami

Tubuh kita memiliki banyak kelenjar minyak atau kelenjar sebasea, terutama pada bagian wajah dan kulit kepala. Kelenjar ini membantu menghasilkan sekresi berminyak bernama sebum yang berfungsi untuk melembabkan dan melindungi kulit.

Meski begitu beberapa orang mampu menghasilkan terlalu banyak sebum. Hal ini membuat kulit menjadi tampak berminyak dan bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Kulit dengan minyak berlebih sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hormon, stres, cuaca, polusi, gemar mengkonsumsi makanan berminyak dan makanan olahan, terlalu sering mencuci muka, hingga pemilihan kosmetik yang salah.

cara mengatasi kulit berminyak dengan bahan alami

Untuk mengatasinya, bunda bisa menggunakan produk khusus berupa kertas yang dapat menyerap minyak berlebih dari kulit wajah. Selain itu mencuci muka dengan air secara rutin dan memilih produk kecantikan yang tepat juga bisa jadi solusi untuk mengatasi kulit muka yang berminyak.

Jika bunda ingin melakukannya secara natural, beberapa bahan alami berikut ini bisa digunakan untuk membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit muka.

1. Aloe Vera

Aloe Vera sudah dikenal lama sebagai salah satu produk perawatan kecantikan alami yang baik untuk kulit. Gel dari tanaman ini dapat meredakan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Selain itu lidah buaya juga sangat berguna untuk mengurangi gejala kulit berminyak. Dari beberapa penelitian bahkan terbukti bahwa lidah buaya dapat membantu merawat kulit terkelupas yang disebabkan oleh bercak berminyak.

Untuk mengurangi gejala kulit berminyak dengan Aloe Vera, bunda hanya perlu memotong lidah buaya dan mengoleskan gel-nya ke wajah sebelum tidur. Diamkan hingga pagi lalu bilas dengan air bersih.

Meski begitu ada baiknya bunda berhati-hati karena idah buaya dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Maka dari itu, bunda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada tangan terlebih dahulu untuk melihat reaksinya sebelum mengenakannya di kulit wajah.

2 . Lemon

Kulit jeruk kaya akan kandungan astringen yang mampu membatasi sekresi minyak berlebih. Selain itu kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga dapat mencegah keriput dan membuat kulit tearasa segar dan lembut.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu menjemur kulit jeruk hingga kering. Setelah itu masukan ke dalam blender hingga halus dan buat pasta menggunakan bubuk yang sudah jadi. Bila sudah, bunda hanya perlu mengoleskan masker tersebut ke kulit wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Pepaya

Selain lemon, bahan alami lain yang juga mengandung sifat astrigen adalah pepaya. Pepaya sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit mulai dari mengatasi kulit kering, mengobati jerawat, mencerahkan kulit, hingga mengatasi produksi minyak berlebih di wajah.

Untuk menggunakannya, pilih pepaya matang lalu haluskan bagian dalamnya. Setelah itu bunda hanya perlu mengoleskannya ke wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Madu

Bicara perawatan kulit belum lengkap rasanya bila belum menyebutkan madu. Dengan kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu sangat bagus untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

Sebagai humektan alami, madu dapat membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak. Dan ini karena humektan menarik kelembapan dari kulit tanpa menggantinya.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mengoleskan madu secara langsung ke atas kujlit wajah. Biarkan selama 10 menit hingga mengering lalu bilas wajah dengan air hangat.

5. Lemon dan Putih Telur

Untuk mengatasi kulit berminyak, bunda juga bisa menggunakan campuran lemon dan putih telur. Keduanya dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Tidak hanya itu, kandungan anti bakteri pada lemon juga bisa membantu kulit agar tetap bersih dan bebas dari bakteri penyebab jerawat.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mencampurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh perasan lemon. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah lalu diamkan hingga kering. Bila sudah, bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan.

6. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang umumnya digunakan pada produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Asam dalam tomat tidak hanya membantu menyerap minyak berlebih pada kulit, tetapi juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh gula dengan tomat yang sudah dihaluskan. Setelah itu oleskan pada kulit dan diamkan sebelum dibilas dengan air hangat.


Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi kulit berminyak menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan pastinya aman untuk kulit.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama