7 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dibatasi

Munculnya jerawat di wajah pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat kita semakin tidak percaya diri. Jerawat sendiri bisa muncul karena berbagai macam hal, salah satunya karena faktor makanan.

Lalu kira-kira makanan apa saja yang bisa menimbulkan jerawat? simak penjelasannya berikut ini yuk!

1. Gula

makanan manis menjadi salah satu makanan penyebab jerawat yang harus dibatasi

Makanan penyebab jerawat pertama yang bisa kamu hindari adalah makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Jadi jika kamu gemar mengkonsumsi makanan dan minuman manis, baiknya dibatasi dari sekarang untuk mencegah jerawat atau membuatnya semakin semakin parah.

Gula mudah dipecah oleh sistem pencernaan dan langsung diserap ke dalam aliran darah. Proses ini bisa berdampak negatif dengan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini akan memaksa proses homeostatis tubuh untuk mendorong kelebihan gula ke dalam sel-sel kulit sehingga menyebabkan jerawat.

Dari beberapa penelitian ditemukanbahwa beberapa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko lebih besar terkena jerawat. Dengan tidak mengkonsumi gula secara berlebih, bunda bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih hanya dalam beberapa minggu.

2. Produk Olahan Susu

Susu danproduk olahannya sebenarnya adalah minuman yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama tulang. Namun dari beberapa penelitian ditemukan hubungan antara produk olahan susu dan munculnya jerawat, terutama di kalangan remaja. Menurut penelitian tersebut, orang dewasa berusia muda yang rutin mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menderita jerawat.

Meksi hubungan ini masih belum jelas, para ilmuwan percaya bahwa makan banyak produk olahan susu seperti yoghurt, milkshake, dan es krim dapat berkontribusi pada ketidakseimbangan hormon yang ditandai yang nantinya dapat memicu jerawat.

3. Fast Food & Gorengan

Makanan cepat saji dan makanan yang digoreng menjadi favorit banyak orang meski keduanya memiliki kadar karbohidrat dan lemak tinggi. Padahal kedua kandungan tersebut dapat memperburuk jerawat sehingga para ahli menyarankan agar kita makan lebih sedikit junk food.

Diduga bahwa dalam upaya untuk memetabolisme dan mengeluarkan lemak ekstra ini, tubuh cenderung mendorongnya keluar sebagai sebum sehingga berkontribusi besar terhadap berkembangnya jerawat.

4. Coklat

konsumsi coklat berlebih dapat menjadi penyebab munculnya jerawat

Banyak penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi produk yang mengandung biji kakao seperti cokelat memiliki kecenderungan lebih tinggi terkena jerawat daripada mereka yang tidak. Tidak hanya itu, produk olahan coklat juga umumnya dikombinasikan dengan produk olahan susu sehingga bisa memperparah kondisi jerawat.

5. Kacang Kedelai

Produk kedelai seperti tempe atau susu kedelai diketahui meningkatkan risiko berjerawat karena mengandung lemak Omega-6. Jika bunda memiliki kulit berjerawat maka bunda harus menghindari makan makanan ini karena dapat membuat bunda lebih rentan terkena jerawat. Selain itu tingginya kadar estrogennya pad akacang estrogen juga bisa membuat kaum wanita lebih sering mengalami masalah jerawat.

6. Karbohidrat

Tepung terigu banyak digunakan untuk membuat roti, pasta, bihun dan bahkan dapat ditemukan dalam berbagai produk gandum. Kelompok makanan ini cenderung memiliki indeks glikemik tinggi dan cenderung menaikkan kadar gula darah seseorang secara signifikan.

Tingkat insulin yang meningkat, dapat membuat hormon androgen menjadi ekstra aktif sehingga berkontribusi pada peningkatan produksi sebum dan proliferasi sel yang lebih cepat yang pada akhirnya menyebabkan jerawat.

7. Daging

Beberapa orang cenderung memiliki jerawat yang tampak parah terutama di sekitar area rahang, pipi, dan leher. Jerawat ini relatif lebih besar dan terlihat lebih meradang dibandingkan jerawat biasa.

Kondisi semacam ini sering disebabkan oleh konsumsi daging tanpa lemak yang berlebihan seperti daging kambing atau ayam. Asupan daging merah yang berlebihan juga dapat menyebabkan hal ini meskipun alasan pastinya sebagian besar tidak diketahui.


Meski bisa disebabkan banyak hal, ada cukup banyak orang yang mengalami masalah kulit akibat makanan yang dikonsumsinya. Jadi bila bunda tidak kunjung sembuh setelah mengobati jerawat dengan berbagai macam obar, coba deh ganti pola makan bunda dan ganti beberapa makanan yang bisa menyebabkabkan jerawat seperti makanan manis dan makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama