15 Inspirasi Kegiatan Liburan Anak di Rumah

Memasuki bulan Juni, banyak sekolah yang sudah melakukan ujian kenaikan kelas atau bahkan mempersiapkan diri untuk memasuki tahun ajaran baru. Ini artinya si kecil akan mendapatkan masa liburan akhir semester setelah setahun belajar di sekolah.

Masa libur akan membuat si kecil memiliki banyak waktu untuk bersenang-senang, menjalankan hobinya sepuasnya, atau mempelajari hal baru di luar sekolah.

Sayangnya selama pandemi ini liburan anak mungkin akan sedikit terganggu karena sulit untuk pergi ke mana-mana. Nah, sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa kegiatan liburan anak yang bisa bunda lakukan di rumah.

1. Bermain Peran

bermain peran bisa jadi ide kegiatan anak selama liburan

Kegiatan liburan anak di rumah pertama yang bisa bunda lakukan adalah bermain peran. Sebagai inspirasi, bunda dan bisa coba memainkan peran atau adegan dari film kesukaan si kecil. Anak pun tidak akan kesulitan memainkan peran tokoh favorit mereka serta memiliki banyak ide seru untuk dimainkan.

Selain itu bunda juga bisa bermain permainan harta karun. Dalam permainan ini si kecil bisa berperan sebagai pemburu harta karun yang telah disembunyikan oleh bajak laut. Bunda nantinya bisa membuatkan peta harta karun agar si kecil bisa menemukan benda yang bunda simpan. Agar lebih seru, bunda juga bisa memakaikan si kecil kostum yang sesuai.

2. Berlatih Mendongeng

Jika si kecil sudah mulai senang membaca, bunda bisa mengajarkan anak untuk berlatih membaca dongeng yang penuh nilai-nilai positif. Selain menambah kosakatanya, membaca dongeng juga bisa mencerdaskan otak si kecil serta melatihnya untuk memiliki empati terhadap orang lain.

Agar kegiatan ini lebih seru, bunda bisa meminta si kecil untuk membacakan dongeng sekaligus memperagakannya. Bunda juga bisa membantu si kecil mempersiapkan benda-benda untuk membantunya bercerita. Tingkah laku si kecil dalam memperagakan adegan dalam dongeng dijamin bisa membuat semua anggota keluarga di rumah tertawa.

3. Berkemah

Berkemah di luar bisa jadi sarana untuk mengenalkan alam pada si kecil dan membuat mereka mencintainya. Sayangnya akan sulit untuk berkemah di alam terbuka selama pandemi, belum lagi risiko yang mungkin timbul di tempat tersebut.

Untuk menyiasatinya, bunda bisa menyiapkan tenda di rumah. Jika bunda memiliki halaman belakang, hal ini akan membuatnya lebih sempurna. Selain menyiapkan tenda untuk anak, bunda juga bisa membuat api unggun kecil atau bahkan memasak di atas api tersebut untuk membuat kegiatan ini lebih seru.

4. Eksperimen Sains

Eksperimen sains bisa jadi salah satu cara bunda untuk memperkenalkan sains pada anak. Mengajarkan anak sains sejak dini bisa membantu mengembangkan kemampuan otak, melatih kreatifitas, serta membuat mereka lebih mudah memahami pelajaran di sekolah.

Untuk melakukannya, bunda bisa melakukan beberapa eksperimen sederhana seperti mencampur warna, membuat lampu lava, atau membuat jam matahari. Selama eksperimen, bunda bisa menjelaskan teori di baliknya agar si kecil dapat mengerti penjelasan sains mengenai beragam kejadian di sekitar mereka.

5. Mengenalkan Permainan Tradisional

kenalkan anak pada permainan tradisional untuk mengisi liburannya

Satu hal sederhana yang bisa bunda lakukan selama liburan bersama si kecil adalah mengenalkannya pada beberapa permainan tradisional Indonesia yang biasa bunda lakukan saat kecil. Permainan seperti engrang, petak umpet, congklak, bola bekel, lompat tali karet, atau kotak sembilan bisa jadi permainan baru untuk si kecil.

Selain menjauhkannya dari gadget, memainkan permainan tradisional juga memastikan permainan tersebut tidak akan hilang di masa depan. Agar lebih seru, bunda bisa mengajak teman-teman di kecil untuk memainkan permainan tradisional yang bisa dimainkan beramai-ramai seperti bentengan, ular naga panjang, petak jongkok, atau rangku alu.

6. Membangun Lego

LEGO adalah permainan asal perusahaan Denmark yang sangat mendunia. Tidak hanya didominasi anak kecil, permainan ini bahkan memiliki banyak penggemar dari kalangan orang dewasa.

Jika bunda atau ayah gemar memainkan LEGO, si kecil juga bisa diperkenalkan pada mainan yang sama. Agar lebih seru, ayah dan bunda bisa membangun LEGO set lengkap dengan tema tertentu agar menjadi diorama menarik.

7. Menonton Film Bersama

Menonton sebenarnya juga bisa dilakukan di hari biasa, namun saat liburan bunda juga bisa bersantai dan menemani anak menonton acara kesukaannya. Saat menonton bersama, bunda bisa memberi komentar mengenai film agar anak lebih mengerti alur cerita di dalamnya.

Setelah menonton, bunda juga bisa melakukan diskusi dengan melontarkan pertanyaan singkat seperti karakter favorit, adegan paling berkesan atau pelajaran yang bisa diambil dari film tersebut.

8. Mengirim Surat ke Teman

Di zaman serba canggih seperti sekarang, mengirim surat rasanya pasti akan aneh bukan. Selain butuh tenaga ekstra untuk mengirimkan surat ke kantor pos, balasan yang didapat pun bisa sangat lama.

Meski begitu hal ini bisa memberi pengalaman berharga pada si kecil agar mengenal cara berkomunikasi yang sering dilakukan di zaman dahulu. Si kecil pun bisa mengenal kantor pos dan bagaimana cara kerja mereka.

Sebagai permulaan, bunda bisa meminta si kecil untuk mengirimkan surat pada saudara atau teman sekelas mereka yang letak rumahnya cukup jauh. Tidak hanya menarik bagi si kecil, orang lain pun pasti akan terkejut mendapatkan surat semacam ini.

9. Olahraga bersama Anak

Liburan biasanya identik dengan bersantai di rumah seharian. Kalau sudah begini tubuh harus sering digerakkan agar tidak kaku dan membantu menjaga kesehatan. Tidak hanya untuk bunda, olahraga juga bisa membawa manfaat bagi si kecil. Selain membantu menyalurkan energinya, berolahraga bisa membentuk tubuhnya agar lebih kuat serta baik untuk perkembangan otaknya.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, bunda bisa melakukan kegiatan sederhana yang menguras keringat seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, senam, atau berjoget bersama di rumah.

10. Bereksperimen di Dapur

Pernahkan bunda perhatikan jika si kecil selalu penasaran saat ibu mereka sedang memasak di dapur? Hal ini wajar karena pada dasarnya anak punya minat yang tinggi terhadap banyak hal dan pastinya mereka senang mencoba hal tersebut.

Nah, mumpung liburan, bunda juga bisa mengajak si kecil untuk membantu bunda memasak di dapur. Bunda bisa mulai dengan memperkenalkan bumbu-bumbu dapur serta bahan masak yang digunakan di dapur. Namun hati-hati jika ingin membiarkan anak untuk memotong atau memasak menggunakan kompor agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Agar lebih aman, bunda bisa mengajak si kecil untuk membuat kue atau semacamnya. Buat kue dari bahan-bahan yang disukainya dan bentuk menggunakan cetakan lucu agar anak mau mencicipinya saat kue sudah matang.

11. Berkebun

ajari anak berkebun di waktu libur sekolah mereka

Berkebun juga bisa jadi aktivitas yang bisa bunda lakukan bersama si kecil selama liburan. Dengan berkebun bunda bisa memanfaatkan halaman kosong di rumah, melakukan penghijauan, serta menumbuhkan tanaman berkhasiat di rumah.

Berkebun akan membuat si kecil lebih mengenal alam di sekitarnya. Selain itu mereka pun bisa belajar bertanggung jawab dengan merawat tanaman mereka sendiri. Agar si kecil tidak bosan, bunda bisa menanam beberapa jenis tanaman berbeda yang bisa tumbuh dengan cepat agar si kecil bisa segera melihat hasil kerja kerasnya.

12. Membuat Kerajinan Tangan

Agar anak tidak bosan di rumah, bunda bisa mengajarkan mereka untuk membuat kerajinan tangan sendiri mulai dari gantungan lucu, pajangan, dan lain sebagainya.

Sebagai referensi, bunda bisa sama-sama menonton video panduan di Youtube yang bisa dilakukan dengan alat-alat sederhana di rumah. Lumayan kan, selain bisa merangsang kreativitas si kecil, kerajinan tersebut juga bisa jadi kesempatan bunda untuk memperkenalkan peluang bisnis pada si kecil.

13. Mendekorasi Kamar

Tahun ajaran baru bisa jadi waktu yang pas untuk mendapatkan suasana baru di rumah. Jika bunda memiliki banyak waktu luang, kenapa tidak mendekorasi kamar anak bersama mereka.

Tidak perlu melakukan perombakan besar-besaran, bunda bisa sekadar menata ulang barang, mengubah posisi furniture, memberi tambahan hiasan, atau mengecat ulang kamar. Selain mengisi waktu liburan, anak pun pasti senang bisa mengganti suasana kamar mereka.

14. Memperdalam Hobi

Beruntunglah bunda jika si kecil sudah memiliki hobi positif yang bisa dilakukan dari rumah. Waktu liburan bisa jadi waktu yang tepat untuk memperdalam hobinya dan meningkatkan levelnya.

15. Coba jadi Youtuber

Youtube jadi platform paling populer di dunia, tidak hanya di kalanganorang dewasa, tapi juga anak-anak dan orang tua. Mudahnya menemukan beragam konten membuat Youtube banyak dikunjungi setiap bulannya. Selain itu Youtube juga bisa memberi keuntungan finansial jika dikelola dengan baik.

Memasuki masa liburan, bunda dan si kecil juga bisa ikutan membuat konten Youtube. Daripada menghabiskan waktu untuk menontonya, bukankah lebih baik membuat konten sendiri dan ditonton oleh banyak orang?

Tidak perlu mengejar tujuan monetasi video, bunda dan si kecil bisa membuat konten untuk bersenang-senang. Selain itu bunda juga bisa membuat konten Youtube sebagai dokumentasi hobi anak atau skill yang sedang dipelajarinya. Lumayan kan bisa melakukan dua hal sekaligus dalam satu waktu?


Nah, itu dia beberapa inspirasi kegiatan anak yang bisa dilakukan selama liburan. Selain menjauhkannya dari gadget, anak pun tidak akan mudah bosan dan bisa mendekatkan mereka pada ayah dan bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama