Tips untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jantung adalah organ penting yang harus selalu dijaga dengan baik. Saat jantung bermasalah, akibatnya akan fatal dan bahkan bisa berujung pada kematian.

Nah, untuk membuat jantung tetap sehat, berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang bisa bunda lakukan dari sekarang.

1. Tetap Aktif Bergerak

aktif bergerak untuk mengurangi risiko penyakit jantung

Tetap aktif bergerak jadi salah satu kunci untuk mendapatkan badan yang sehat. Tidak hanya baik untuk jantung, aktif bergerak juga baik untuk seleruh anggota tubuh lainnya.

Dari beberapa penelitian, pria dan wanita paruh baya yang tidak fit masih bisa mengurangi risiko gagal jantung jika mereka mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kebugaran mereka.

Namun sebelum memulainya ada baiknya jika bunda mengetahui kondisi fisik awal terlebih dahulu. Jangan langsung menghabiskan tenaga untuk berolahraga agar tubuh tidak mudah lemas. Lakukan secara perlahan dan awali dengan hal-hal mudah seperti berjalan kaki antara 10-15 menit setiap harinya. Bila sudah terbiasa, bunda bisa meningkatkan intensitasnya secara bertahap.

2. Jangan Duduk Saja

Risiko gagal jantung tetap akan ada jika bunda lebih banyak duduk. Risikonya akan lebih besar pada kaum pria meski mereka sudah rajin berolahraga.

Dalam sebuah penelitian, pria yang duduk selama 5 jam atau lebih sehari di luar pekerjaan, bahkan mereka yang berolahraga, lebih mungkin mengalami gagal jantung daripada mereka yang membatasi waktu duduk mereka hingga 2 jam atau kurang.

3. Jangan Merokok

Jika ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok, mintalah mereka untuk segera berhenti.

Merokok merusak arteri yang dapat menyebabkan pengkonsumsinya mengalami gagal jantung. Lagipula anggota keluarga lain yang tidak merokok pun bisa terkena dampak negatifnya hanya dengan menghisap asap rokoknya saja.

4. Makan dengan benar

Nutrisi yang baik penting jika bunda ingin mencegah gagal jantung. Batasi lemak jenuh, lemak trans, gula ekstra, dan garam dalam menu harian bunda. Sebagai gantinya, pilihlah buah dan sayuran, produk susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak. Pilih juga "lemak baik" dalam minyak zaitun, kenari, alpukat, dan ikan seperti salmon atau tuna.

5. Turunkan Berat Badan

Cara penting untuk mencegah gagal jantung lainnya adalah dengan menjaga berat badan yang sehat. Berolahragalah hingga bunda memiliki indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 dan 24,9. Dan berikan perhatian khusus pada lemak perut, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bahkan lebih dari lemak di bagian lain dari tubuh bunda. Bahkan penurunan berat badan yang kecil dapat memberi keuntungan besar dalam kesehatan jantung bunda.

6. Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Masalah tidur jangka panjang dapat meningkatkan kemungkinan gagal jantung. Satu studi menemukan bahwa pria berusia 40 hingga 70 tahun dengan sleep apnea, yaitu ketika pernapasan berulang kali berhenti dan dimulai saat sedang tidur, 58% lebih mungkin mengalami gagal jantung.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, bunda bisa melakukan bebereapa langkah mudah seperti menjauhkan diri dari gadget sebelum tidur, membatasi makanan kaya karbohidrat, atau membuat jadwal tidur yang teratur.

7. Kelola Stres dengan Baik

Stres berlebih dapat meningkatkan tekanan darah bunda. Jadi cobalah untuk menjaga diri agar tidak mudah stres melalui beragam cara seperti meditasi, konseling, yoga, atau lebih banyak mendekatkan diri pada tuhan.

8. Rawat Jantung dan Kondisi Lainnya

Masalah jantung lainnya, seperti serangan jantung, meningkatkan peluang seseorang untuk terkena gagal jantung. Jadi berhati-hatilah dengan jantung dan semua organ yang berhubungan dengannya. Rawat tekanan darah tinggi dan minum obat apa pun yang diresepkan dokter untuk menurunkan kadar kolesterol bunda.


Penyakit yang berhubungan dengan jantung tidak bisa disepelekan. Agar risiko penyakit jantung bisa dihindari, beberapa tips di atas bisa bunda terapkan sejak dini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama