15 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung menjadi sangat penting karena masalah jantung sekecil apa pun dapat meningkatkan risiko yang lebih fatal atau bahkan kematian.

Untuk menjaga kesehatan jantung, bunda bisa memperbanyak olahraga dan menerapkan pola hidup sehar. Selain itu perhatikan menu makanan dengan menghindari makanan yang tidak baik untuk jantung dan memperbanyak konsumi makanan sehat.

Nah, agar kesehatannya selalu terjaga, berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Tomat

tomat menjadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan aman dikonsumsi setiap hari

Tomat mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan. Selain itu tomat juga menjadi sumber likopen yang baik dan dapat membantu menurunkan risiko stroke jantung dan baik dalam kolesterol HDL.

Ada banyak peneliatian yang membuktikan korelasi antara buah tomat yang kaya likopen dengan menurunnya penyakit kardiovaskular, kerusakan kulit, hingga berbagai jenis kakker. Dari beberapa studi lainnya juga ditemukan bahwa pil tomat dapat memperlebar saluran pembuluh darah pada penderita penyakit kardiovaskular.

2. Bawang Putih

Meskipun bisa menimbulkan bau mulut bila dikonsumsi terlalu banyak, bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk jantung.

Dari penelitian yang dipublikasikan oleh Experimental and Therapeutic Medicine, suplemen bawang putih ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu bawang putih juga bisa membantu mengatasi atherosclerosis, sebuah kondisi di mana pembuluh darah mengeras dan berkurang keelastisannya. Hal ini bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis teh terbaik dan salah satu minuman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Pada teh hijau terdapat banyak kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Menurut publikasi Harvard Health Publishing, teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang menjadi penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. pada Pada buah alpukat terdapat lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol LDL. Selain itu alpukat juga mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan anti oksidan yang baik untuk menjaga jantung agat tetap sehat.

5. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu yang mengandung banyak vitamin D dan kalsium yang dapat membantu mengurangi risiko hipertensi. Selain itu beberapa jenis yogurt juga mengandung potasium yang dapat mengurangi tekanan darah.

Dari sebuah penelitian yang diterbitkan American Heart Association terhadap 2.000 orang dewasa ditemukan bahwa mengkonsumsi satu cup yogurt setiap tiga hari dapat membantu mengurangi hipertensi hingga 31%. Pastikan saja bunda memilih yogurt plain atau yogurt tanpa perasa untuk mendapatkan manfaat yogurt terbaik.

6. Edamame

Edamame mengandung nutrisi yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Edamame mungkin lebih bunda kenal sebagai camilan saat makan di restoran yang menawarkan makanan Jepang. Padahal salah satu jenis kacang-kacangan ini juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

Pada edamame terdapat kandungan magnesium, folat, dan potasium yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandugnan seratnya yang tinggi juga bisa melindungi hati dari kolesterol jahat.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau menjadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung. Sayuran seperti kangkung atau bayam kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral. Selain itu sayuran ini juga menjadi sumber vitamin K terbaik yang bisa membantu melindungi tubuh dari pembekuan darah.

8. Salmon

Ikan laut seperti salmon adalah salah satu superfoods yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Ini membaut salmon memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga fungsi tubuh seperti jantung.

Pada salmon terdapat banyak kandungan omega-3 yang mampu mengurangi peradangan pada tubuh penyebab kerusakan pada pembuluh darah penyebab masalah jantung. Tidak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 juga bisa mengurangi kadar trigliserida, menghambat penggumpalan darah, hingga mengurangi masalah denyut jantung yang tidak beraturan.

9. Jahe

Satu manfaat jahe yang paling populer adalah untuk menghangatkan tubuh sertaq mengobati flu dan demam. Namun lebih dari itu, tanaman berbentuk akar ini memiliki banyak khasiat lain untuk tubuh.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 3 gram pil jahe setiap hari memiliki kadar kolesterol, LDL, dan VLDL dalam jumlah rendah. Manfaat ini diklaim berasal dari senyawa unik pada jahe bernama gingerol yangmemiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri.

10. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan potasium, vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kalium sendiri merupakan mineral yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga keelastisan dinding pembuluh darah. Selain itu pisang juga bisa membantu menjaga tekanan darah sehingga mampu mengurangi risiko masalah pada jantung.

11. Kacang Almonds

banyak penelitian yang menunjukan bahwa mengkonsumsi kacang almond dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menjaga kesehatan pembuluh darah. Kacang almond mengandung anti oksidan yang dapat mengurangi tekanan darah sekilug meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Selain itu almond juga tinggi serat dan lemak jenuh tak tunggal yang efektif mengurangi lemak di perut dan kolesterol.

12. Kacang Kenari

walnut mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung

Selain kacang almond, kacang-kacangan lain yang juga baik untuk kesehatan jantung adalah kacang kenari. Pada kenari terdapat beragam nutrisi yang menyehatkan seperti tembaga, magnesium, mangan, serta serat.

Selain itu pada kacang kenari juga terdapat antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Cukup dengan mengkonsusmi satu ons walnut secara rutin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40%.

13. Dark Chocolate

Coklat hitam atau dark chocolate adalahmakanan enak yang sangat baik untuk jantung karena kandungan anti oksidannya yang tinggi.

Para peneliti mengklaim bahwa manfaat baik coklat ini disebabkan oleh kandungan polifenol dan flavanol yang bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

14. Gandum Utuh

Mungkin bunda pernah mendengar bagaimana oat seringkali dipasarkan sebagai makanan yang sehat untuk jantung. Hal yang wajar mengingat biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, quinoa, atau barley mengandung banyak serat yang dapat mengurangi kolesterol dan mencegah risiko penyakit jantung.

15. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi, atau blackberry jadi makanan sehat untuk jantung selanjutnya. Pada buah beri terdapat kandungan serat dan anti oksidan antosianin yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah, menstabilkan tekanan darah, serta mengurangi peradangan. Dengan begitu bunda bisa menekan risiko penyakit jantung dengan memasukan buah beri sebagai camilan sehari-hari.


Jantung menjadi organ penting yang patut dijaga sejak dini. Selain melalui olahraga rutin, bunda juga bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung seperti tomat, salmon, atau buah beri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama