Tubuh Lelah Saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya!

Tidur dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuhnya setelah lelah beraktivitas. Maka dari itu, normalnya tubuh akan terasa segar dan bugar setelah mendapatkan tidur yang cukup.

Namun pada beberapa kasus, tidur ternyata tidak mampu menghilangkan rasa capek dari tubuh. Saat bangun tidur kita pun merasa sama lelahnya seperti sebelum tidur.

Nah, jika bunda juga mengalami hal ini, hal ini bisa jadi penyebabnya!

penyebab lelah saat bangun tidur di pagi hari

Penyebab Lelah Saat Bangun Tidur

1. Terlalu banyak atau kurang tidur

Tidur terlalu sedikit atau malah terlalu banyak ternyata menjadi slaah satu penyebab kenapa bunda bisa merasa lelah saat bangun tidur. Karena itulah cukupkan tidur antara 7-9 jam per hari agar tidak lelah dan capek setelah tidur.

2. Kualitas tempat tidur

Penyebab lain kenapa tidur membuat tubuh merasa lelah adalah kualitas tempat tidur yang digunakan. Dari banyak penelitian, kualitas tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan apa yang dirasakan oleh tubuh di pagi harinya.

Tidak hanya masalah kasur yang empuk saja, kualitas tempat tidur juga dipengaruhi oleh sirkulasi udara yang baik serta suhu yang tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

3. Stres

Meski tidak dirasakan langsung secara fisik, stres tetap bisa mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Salah satu dampak dari stres adalah kesulitan untuk tidur atau bahkan terus terbangun di malam hari setelah lelap tetidur. Selain membuat kualitas tidur menurun, jam tidur yang berkurang juga dapat membuat tubuh terasa lelah di pagi harinya.

4. Dehidrasi

Tubuh yang terasa lelah di pagi hari juga bisa jadi dampak dehidrasi akibat tidak adanya asupan cairan selama tidur, atau bahkan dari sebelum tidur. Salah satu gejala dehidrasi ringan adalah sakit kepala yang mungkin akan bunda rasakan di pagi harinya setelah bangun tidur. Jika bunda merasa lelah disertai rasa sakit kepala, tidak ada salahnya untuk segera meminum segelas air setelah bangun tidur.

5. Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, atau minuman energi akan membuat tubuh lebih waspada. Namun terlalu banyak mengkonsumsi minuman tesebut malah akan membuat tubuh sulit tertidur di malah harinya. Selain itu mengkonsumsi minuman berkafein di malam hari juga bisa meningkatkan frekuensi berkemih yang bisa mengganggu tidur.

6. Gangguan tidur

Pada beberapa kasus, tubuh yang lelah bisa saja disebabkan oleh gangguan kesehatan, seperti insomsia, sleep apnea, narkolepsi, atau masalah tiroid. Unutk memastukan gangguan tidur yang tepat, bunda bisa memeriksakannya ke dokter terlebih dahulu.

7. Anemia

Bagi bunda yang memiliki penyakit anemia, jangan heran jika tubuh seringkali terasa lelah dan lemas saat bangun tidur. Hal ini disebabkan karena kurangnya aliran oksigen dalam daraj ke seluruh tubuh yang pada akhirnya membuat tubuh terasa tidak bertenaga saat bangun di pagi hari.

8. Terlalu sering menggunakan gadget

paparan sinar biru dari gadget dapat mempengaruhi ritme tubuh dan membuat tubuh lelah saat bangun tidur

Mata yang selalu menatap layar gadget ternyata tidak hanya buruk untuk kesehatan mata, tapi juga mempengaruhi kualitas tidur.

Setiap gadget baik itu handphone, laptop, atau komputer memancarkan sinar biru (blue light) yang di satu sisi tidak membuat mata cepat lelah dan meningkatkan kewaspadaan kita namun juga memiliki dampak negatif.

Salah satu bahaya sinar biru gadget yang berlebihan adalah tertekannya sekresi hormon melatonin yang salah satu fungsinya adalah mengatur ritme tubuh. Jika hormin ini terganggu, maka bunda pun bisa kesulitan mengatur ritme tubuh seprti kesulitan untuk tidur yang pada akhirnya akan membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

9. Tidur dalam waktu yang tidak tentu

Penyebab rasa lelah tubuh di pagi hari setelah tidur yang lainnya adalah jadwal tidur yang tidak tetap.

Menurut saran para ahli, tidur yang berkualitas bisa diperoleh dengan membuat jadwal tidur yang tetap. Dengan begitu ritme tubuh akan terjaga dan bunda pun akan lebih mudah tertidur di malam harinya. Jadwal dan frekuensi tidur yang berubah-ubah akan membingungkan tubuh dan membuat bunda lelah di pagi hari setelah tidur.


Tidur yang berkualitas akan lebih baik dari tidur dalam waktu lama saja. Maka dari itu pastikan kualitas tidur bunda agar tubuh tidak lelah saat bangun di pagi hari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama