20+ Rekomendasi Ide Kado Bayi baru Lahir

Mengunjungi sanak saudara maupun teman yang baru saja melahirkan jadi tradisi di hampir semua negara. Sebagai bentuk suka cita, kita biasanya akan membawakan sesuatu untuk si kecil dan bunda yang baru saja melahirkan.

Sayangnya kadang hal ini bisa membuat kita cukup pusing bukan? Meski ada banyak yang bisa diberikan, mencari ide kado bayi baru lahir yang bermanfaat untuk mereka bukan hal yang mudah.

Nah, jika bunda juga sedang mencari inspirasi, berikut adalah beberapa rekomendasi ide kado bayi baru lahir yang bisa bunda berikan.

rekomendasi ide kado bayi baru lahir yang bermanfaat

Tips Memberi Kado untuk Bayi Baru Lahir

Sebelum memberi kado yang sesuai, bunda bisa mempertimbangkan beberapa kriteria berikut ini agar bisa memilih barang yang tepat.

Cek jenis kelamin si kecil

Hal ini penting bila bunda ingin memberikan hadiah sesuai dengan gender anak seperti baju, celana, sepatu, topi, dan semacamnya.

Sesuaikan dengan budget

Pilihlah kado bayi yang sesuai dengan budget bunda. Jika ingin membelikan hadiah yang lebih besar, tidak ada salahnya patungan dengan teman agar biayanya tidak menyulitkan bunda.

Pilih berdasarkan pengalaman

Jika ingin memberikan kado bayi baru lahir yang bermanfaat, bunda bisa menggunakan pengalaman bunda sendiri saat memiliki anak. Beberapa barang mungkin akan terlihat sepele namun ternyata memiliki nilai kegunaan yang tinggi sesuai dengan pengalaman bunda saat baru memiliki anak.

Pilih kebutuhan dasar

Jika bingung memilih hadiah untuk anak baru lahir, tidak ada salahnya jika bunda memilih perlengkapan atau peralatan dasar yang dibutuhkan anak dalam jumlah banyak. Sebagai contoh, popok umumnya akan diperlukan dalam jumlah banyak. Selain itu pakaian tidur, kaus kaki, kain, atau perlengkapan mandi juga akan terus digunakan si kecil dalam waktu lama.

Pilih hadiah yang unik

Jika bunda merasa akan ada banyak orang lain yang akan memberikan hadiah serupa, bunda bisa memilih untuk tampil beda dengan memberikan hadiah yang unik. Pastikan saja hadiah tersebut masih memiliki kegunaan untuk merawat si kecil atau memiliki nilai sentimental tertentu bagi bunda.

Ide Kado Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

Selain menggunakan beberapa kriteria di atas, bunda juga bisa menyesuaikan hadiah untuk si kecil dengan melihat kondisi ekonomi keluarganya atau bahkan kebiasan keluarga tersebut sehari-hari. Dengan begitu bunda bisa mencarikan kado yang nantinya akan berguna untuk si kecil.

Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa ide kado bayi baru lahir yang bermanfaat.

  1. Perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo
  2. Perlengkapan makan seperti set tempat makan, dot susu, atau celemek bayi (slabber)
  3. Selimut bayi
  4. Popok, baik popok kain atau popok sekali pakai
  5. Handuk atau baby bathrobe
  6. Bak mandi bayi
  7. Kain perlak
  8. Kelambu atau jaring anti nyamuk
  9. Pakaian (baju tidur, dress, sapu tangan, topi, kaus kaki)
  10. Sepatu rajut
  11. Tas perlengkapan bayi
  12. Alat untuk baby grooming seperti sisir, gunting rambut, atau gunting kuku bayi
  13. Breastfeeding cover
  14. Teether
  15. Mainan anak, terutama yang bisa merangsang otak si kecil
  16. Bouncer
  17. Furnitur anak seperti tempat box tidur bayi, kursi makan bayi, atau potty trainer untuk melatih anak buan gair di kloset
  18. Stroller atau kereta dorong bayi
  19. Gendongan bayi
  20. Car seat
  21. Dekorasi kamar seperti stiker dinding, bingkai foto, lampu tidur, atau karpet anak (play mat)

Jika bunda tidak punya banyak waktu untuk memilih dan membelikan hadiah bayi baru lahir, bunda juga bisa menyiapkan voucher atau gift card yang nantinya bisa digunakan untuk membeli keperluan si kecil sesuai dengan selera orang tua mereka.

Dan sebagai tambahan, tidak ada salahnya untuk membelikan kado juga untuk orang tua si kecil yang bisa membantu mereka mengatasi berbagai masalah setelah persalinan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama