6 Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Ketika jantung berhenti bekerja, maka akibatnya akan sangat fatal hingga menyebabkan kematian.

Karena itulah jantung harus dirawat agar selalu sehat, apalagi kebanyakan penyakit seputar jantung terjadi secara tiba-tiba tanpa ada gejala serius.

Selain mengkonsumi makanan yang baik untuk kesehatan jantung, hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan olahraga secara rutin.

Nah, agar jantung tetap sehat, berikut adalah beberapa olahraga untuk kesehatan jantung yang bisa bunda lakukan.

1. Berjalan Kaki

Berjalan kali menjadi salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah atau dengan mengitari lingkungan di sekitar rumah saja.

Peralatan yang dibutuhkan pun tidak banyak, hanya alas kaki yang baik atau bahkan tanpa alas kaki sekalipun. Olahraga ini pun bisa dilakukan kapan saja sehinga tidak menyulitkan aktivitas harian bunda.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, bunda bisa melakukan jalan cepat. Berjalan cepat mampu meningkatkan denyut jantung dan memompa aliran darah dengan lebih cepat.

2. Jumping Rope/Skipping

jump rope jadi olahraga yang menyehatkan jantung dan bisa dilakukan di rumah

Alternatif olahraga lain yang menyehatkan jantung dan bisa dilakukan di rumah adalah loncat tali (jumping rope/skipping). Meski sederhana, gerakan skiping ini bisa membuat bunda cepat lelah dan menguras banyak energi. Bahkan dibandingkan berlari, melakukan skipping bisa membakar lebih banyak kalori lho bun! Jadi cocok banget untuk bunda yang ingin melakukan olahraga untuk menyehatkan jantung.

3. Bersepeda

Sebagai alteratif jalan kaki dan jogging, bunda juga bisa melatih kekuatan jantung dengan bersepeda. Selain itu bunda juga bisa melatih kekuatan otot, terutama pada bagian kaki.

Tidak hanya menyehatkan, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa bersepeda juga bisa meningkatkan mood dan baik untuk kesehatan mental.

4. Latihan Beban

Olahraga selanjutnya adalah dengan mengangkat beban. Latihan beban dapat membantu meningkatkan massa otot dan membantu membakar lemak di tubuh.

Untuk melakukannya, bunda tidak perlu memiliki peralatan latihan beban atau bergabung dengan sebuah gym terlebih dahulu. Saat ini ada banyak latihan beban yang bisa dilakukan di rumah menggunakan berat badan bunda sendiri.

Olahraga bernama kalestenik ini mengandalkan banyak gerakan tanpa beban tambahan seperti sit-up, pull-up, squats, dan banyak lagi, untuk membantu bunda menyehatkan jantung dan mengencangkan otot.

5. Berenang

Berenang bisa jadi olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama keluarga. Berenang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan karena gerakan pada renang dapat memacu jantung dan membuat bunda menggerakan seluruh otot di tubuh.

Namun berbeda dengan olahraga latihan beban atau berlari, berenang memiliki dampak yang lebih ringan terhadap sendiri dan cocok untuk bunda yang sering mengalami nyeri pada bagian persendian.

6. Yoga


Sekilas yoga tidak tampak seperti olahraga yang bisa membuat detak jantung bunda berdetak lebih kencang bukan? Padahal ada lho bun beberapa pose yoga yang bila dikombinasikan dengan teknik pernapasan yang tepat bisa memacu detak jantung.

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, yoga juga bisa membantu bunda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik serta membuat bunda lebih rileks.


Itu dia beberapa jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan detak jantung dan melatih kekuatannya, beberapa jenis olahraga di atas juga bisa membantu bunda membakar lemak dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kencang dan ramping.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama