7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Air kelapa muda jadi salah satu pilihan untuk menghilangkan rasa haus. Dibanding air putih, air kelapa juga mengandung lebih banyak elektrolit dan mineral yang baik untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. 

Namun tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung banyak kandungan nutrisi lain yang bisa memberikan efek positif untuk kesehatan.

manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Air kelapa muda sebagian besar berupa air yang bisa membantu mengatasi dehidrasi. Selain itu terdapat pula beberapa kandungan lain seperti vitamin, mineral, dan gula.

Berdasarkan data dari nutritiondata.self.com, setiap 1 gelas air kelapa (240 gram) mengandung beberapa zat seperti berikut:

  • Karbohidrat: 8.9 gram
  • Serat 2.6 gram
  • Lemak: 0.5 gram
  • Vitamin C: 5.8 mg
  • Kolin: 2.6 mg
  • Kalsium: 57.6 gram
  • Magnesium: 60 mg
  • Potasium: 600 mg

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

1. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Berolahraga dan melakukan aktivitas berat akan menguras energi dan cairan dalam tubuh. Untuk mengambalikan cairan yang hilang, air kelapa muda bisa jadi pilihan pertama bunda.

Dibandingkan air putih dan minuman isotonik dalam kemasan, air kelapa memberikan banyak manfaat alami tanpa bahan pengawet. Kandungan air dan elektrolit pada air kelapa tidak hanya bisa menghilangkan rasa haus, tapi juga membantu menyeimbangkan mineral dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika bunda memiliki masalah pencernaan, maka air kelapa bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa bunda minum. Pada air kelapa terdapat kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang membuatnya memiliki tingkat osmolaritas yang tinggi. Hal ini membuat air kelapa baik untuk mengobati diare dan menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Selain itu air kelapa juga memeiliki kandungan natrium dan klorida yang rendah namun kaya akan gula dan asam amino. Kombinasi keempatnya membuat air kelapa cocok untuk mencegah dehidari yang mungkin terjadi akibat masalah pada saluran pencernaan.

3. Menjaga tekanan darah

Kandugan nutrisi pada air kelapa membuat minuman ini baik untuk membantu melancarkan aliran darah yang secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung tetap sehat.

Hal ini bisa terjadi karena pada air kelapa terdapat kandungan kalium yang tinggi namun rendah natrium. Kombinasi keduanya membuat air kelapa baik untuk menurunkan kadar gula darah dan mencegah penggumpalan darah.

Tidak hanya itu, kandungan serat pada air kelapa juga membuatnya jadi menu yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu kandungan megnesiumnya juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe-2 dan pra-diabetes.

4. Mendukung fungsi organ tubuh

Pada air kelapa terdapat asam amio arginin yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat beraktivitas berat atau berolahraga. Kandungan asam amino tersebut juga dapat membantu dalam proses pembentukan protein yang diperlukan dalam regenerasi sel-sel tubuh.

Tidak hanya itu, pada air kelapa juga terdapat enzim seperti asam fosfatase, katalase, diastase, dan lainnya, yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan membantu metabolisme tubuh.

5. Menghalau radikal bebas

Air kelapa mengandung banyak anti oksidan yang dapat membantu menghalau radikal bebas. Radikal bebas yang menumpuk dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Radikal bebas bisa berasal dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh itu sendiri. Namun dengan mengkonsumsi air kelapa, anti oksidan alaminya akan bermanfaat untuk meredakan stres oksidatif dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

6. Menunda tanda penuaan dini

Air kelapa mengandung anti oksidan yang dapat menghalau radikal bebas yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit. Hal ini bisa membantu bunda untuk menjaga kesehatan kulit dan menunda tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu pada air kelapa juga terdapat hormon pertumbuhan sitokinin. Hormon ini memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-tromotik yang membuatnya baik untuk membantu mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel dalam tubuh.

Tidak hanya itu, sitokinin juga bisa membantu menyeimbangkan kadar pH serta menjaga agar jaringan ikat pada tubuh tetap terhidrasi.

7. Mencegah penyakit batu ginjal

Batu ginjal jadi salah satu penyakit yang mengintai orang yang jarang mengkonsumsi air putih. Kurangnya cairan dalam tubuh membuat mineral dalam tubuh mengendap menjadi kristal dan membentuk batu ginjal.

Untuk mencegahnya, bunda bisa mengkonsumsi lebih banyak cairan seperti air kelapa. Tidak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, kandugnan anti oksidannya juga bisa mengurangi radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine yang bisa membentuk batu ginjal.


Itu dia beberapa manfaat air kelapa yang bisa bunda dapatkan. Meski sederhana, air kelapa ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh bukan?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama