10 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Gizi

Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya gizi jadi salah satu hal yang harus diperhatikan ibu hamil. Dengan kebutuhan nutrisi yang tercukupi, bunda bisa memiliki lebih banyak energi sekaligus memberi nutrisi pada janin agar kandungan tetap sehat dan kuat.

Beberapa nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin dalam kandungan antara lain karbohidrat, protein, lemak, zat besi, asam folat, kalsium, serta serat dan vitamin. Untuk mendapatkannya, berikut adalah daftar makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa bunda konsumsi setiap hari.

makanan yang baik dan menyehatkan untuk ibu hamil

1. Telur

Telur jadi salah satu makanan yang bisa dimasukan ke dalam menu makanan bunda atau dikonsumsi sebagai camilan. Pada telur sendiri terdapat berbagai nutrisi penting mulai dari kalori, protein, lemak, dan mineral.

Tidak kalah pentingnya, telur juga jadi salah satu makanan sumber kolin yang baik untuk kesehatan otak dan perkembangan janin serta mengurangi risiko preeklampsia dan cacat lahir.

Meski begitu hati-hati saat mengkonsumsinya dan pastikan telur matang sempurna sebelum dikonsumsi untuk mencegah bakteri maupun kuman bersarang di dalamnya.

2. Sayuran Hijau

Bila bunda gemar mengkonsumsi sayuran hijau, ada baiknya kebiasaan baik tersebut terus dilakukan selama kehamilan. Sayuran berdaun hijau sendiri memiliki banyak kandugnan gizi yang sebagian besar diperlukan oleh ibu hamil.

Selain kaya akan beragam vitamin, kebanyakan sayuran hijau juga mengandung zat besi, kalium, asam folat, serta anti oksidan. Selain itu sayuran hijau juga kaya akan serat yang baik untuk membantu mencegah sembelit pada ibu hamil.

3. Susu dan Produk Olahannya

Baik susu maupun produk olahan susu seperti keju atau yogurt jadi makanan yang bisa menjadi sumber protein dan kalsium yang penting untuk perkembangan janin.

Meski begitu ada baiknya jika bunda menghindari susu mentah yang bisa mengandung bakteri yang bisa menyebabkan komplikasi kehamilan. Pilihlah susu khusus ibu hamil yang sudah dilengkapi nutrisi lain seperti asam folat yang baik untuk perkembangan otak janin.

4. Ikan Salmon

Ikan-ikanan menjadi salah satu makanan sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Salah satu jenis ikan-ikanan yang baik untuk dikonsumsi adalah salmon.

Selain kaya akan protein, ikan salmon juga mengandung banyak asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA yang baik untuk perkembangan otak dan mata janin.

Tidak hanya itu, ikan salmon juga kaya akan vitamin D yang baik dalam proses pembentukan tulang dan gigi janin serta mengurangi risiko penyakti rakitis pada calon buah hati.

5. Daging

Makanan sumber protein lain yang baik untuk ibu hamil adalah daging, baik daging sapi maupun unggas. Selain kaya protein, daging-dagingan tersebut juga mengandung zat besi yang berperan penting pada proses kehamilan.

Zat besi jadi salah satu mineral penting dalam pembentukan sel darah merah yang nantinya akan digunakan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. DIbanding wanita biasa, ibu hamil memerlukan lebih banyak zat besi karena meningkatnya volume darah selama kehamilan.

Kekurangan zat besi, terutama di awal dan pertengahan kehamilan, dapat menyebabkan anemia yang membuat bunda merasa lemas dan bahkan mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan.

6. Alpukat

Buah-buahan menjadi makanan sehat yang layak dikonsumsi kapan saja, apalagi ketika sedang hamil. Nah, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah alpukat.

alpukat memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin

Pada alpukat terdapat banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti vitamin B6, K, dan C, serta asam folat, kalium, dan serat. Selain itu pada alpukat juga terdapat asam lemak baik yang bisa membantu perkembangan otak dan jaringan saraf janin serta mengurangi keluhan kram kaki yang banyak terjadi pada ibu hamil.

7. Kacang-Kacangan

Bila bunda butuh camilan saat hamil, kacang-kacangan bisa jadi alternatif yang sangat baik. Beberapa jenis kacang yang baik dikonsumsi saat hamil antara lain kacang tanah, kacang kedelai, kacang polong, atau buncis.

Pada kacang-kacangan sendiri terdapat asam folat, serat, protein, serta zat besi yang penting untuk tubuh selama kehamilan, terutama pada trimester satu.

Meski begitu baiknya kacang-kacangan tidak dikonsumsi secara berlebihan agat tidak menyebabkan sembelit saat hamil.

8. Ubi

Camilan lain yang tidak kalah sehat dan baik dikonsumsi saat hamil adalah ubi. Pada ubi terdapat banyak vitamin A yang baik untuk membantu proses pertumbuhan sel dan jaringan pada janin.

Tidak hanya itu, ubi juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh bunda.

9. Buah Kering

Selain alpukat, buah kering juga bisa jadi salah satu cemilan sehat yang bisa bunda jadikan camilan selama kehamilan. Pada buah kering terdapat kalori, serat, dan vitamin yang nilainya hampir setara dengan buah-buahan segar.

Selain buah yang dikeringkan, buah kering seperti kurma juga baik dikonsumsi saat hamil. Pada kurma terdapat kandungan zat besi, asam folat, serta vitamin K yang baik untuk proses pertumbuhan janin dalam kandungan.

Selain itu kurma juga baik untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil serta mencegah anemia dan menjadi sumber energi bagi ibu yang akan melahirkan.

10. Air Putih

Meski sederhana, air putih memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan siapa saja, termasuk ibu hamil.

Asupan cairan yang cukup memastikan bunda tetap memiliki keseimbangan cairan yang membantu kinerja dan metabolisme tubuh. Selain itu jumlah air yang cukup juga penting untuk mencegah sembeli dan infeksi saluran kemih pada ibu hamil.


itu dia daftar makanan untuk ibu hamil agar bunda dan calon buah hati tetap sehat hingga proses persalinan. Selain mencukupi nutrisi harian bunda, makanan-makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin agar ia bisa lahir dengan sehat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama