Hindari 8 Hal Ini untuk Mencegah Flek Hitam di Wajah

Flek hitam atau bintik hitam di wajah jadi salah satu masalah kulit yang bisa menimpa siapa saja. Meski umumnya tidak mengganggu, keberadaan flek hitam di wajah tentu akan membuat risih dan merusak penampilan.

Bintik hitam di wajah sendiri cukup mudah diatasi, namun ada baiknya jika bunda mengetahui penyebabnya agar lebih mudah mencegah munculnya flek hitam.

1. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

tidak menjaga kebersihan wajah jadi salah satu penyebab flek hitam di wajah

Menjaga kebersihan kulit jadi salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatannya, terutama di malam hari setelah bunda selesai beraktivitas seharian.

Namun faktor lelah seringkali membuat wanita terlelap lebih cepat sebelum sempat membersihkan wajah. Bila sering dilakukan, sisa makeup serta debu dan kotoran yang menempel pada kulit bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti munculnya jerawat dan flek hitam di wajah.

Karena itulah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan kulit dan membersihkannya sebelum tidur.

2. Salah Memilih Kosmetik

Kosmetik dan produk perawatan wajah lain yang tidak sesuai dengan tipe dan kondisi kulit juga bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah. Jadi saat membeli kosmetik, janmgan tergiur dengan rekomendasi orang lain atau review dari Youtube karena masing-masing kosmetik umumnya sudah disesuaikan dengan beragam jenis kulit wanita. Jadi pastikan bunda memilih kosmetik yang sesuai agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah.

3. Penggunaan Parfum yang Salah

Parfum memang memberi aroma harum pada tubuh, namun beberapa jenis fragrance ini bisa menimbulkan masalah pada kulit yang teralu sensitif. Makanya tidak jarang jika ada parfum yang malah menimbulkan sensasi panas hingga terbakar saat disemprotkan ke kulit. Agar lebih aman, baiknya tidak menyemprotkan parfum langsung pada kulit.

4. Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar ultraviolet dari matahari jadi salah satu penyebab utama rusaknya sel kulit yang bisa menimbulkan flek hitam di wajah. Untuk melindunginya, bunda bisa menggunakan penutup kepala, payung, atau sunscreen bila ingin berada lama di bawah sinar matahari.

5. Gesekan yang Berlebihan pada Kulit

Gesekan yang berlebihan pada kulit bisa membawa dampak negatif pada kulit itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi bila bunda menggunakan jaring mandi atau menggosok kulit dengan bahan yang dapat mengangkat sel kulit mati. Gosokan yang berlebihan bisa menimbulkan flek, mengangkat kelembaban kulit, atau malah membuatnya terluka.

6. Bleaching Kulit dan Pewarnaan Rambut

Bleaching dilakukan untuk mengubah warna asli kulit yang umumnya sering digunakan untuk mencerahkan kulit. Namun untuk melakukan hal ini butuh senyawa kuat yang efeknya bisa merusak kulit dan rambut itu sendiri.

Agar lebih aman dan terhindar dari flek hitam, pilihlah krim atau cat rambut dengan kandungan yang aman untuk kulit. Dan jika ingin mewarnai rambut, bunda bisa mengaplikasikan cat rambut hanya pada ujung helai rambut agar zat kimia tidak sampai jatuh ke kulit.

7. Stres

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh seseorang. Makanya saat mengalami masalah psikologis, penderitanya seringkali menampakkan gejala fisik yang dapat dilihat orang lain.

Adanya stres dapat mempengaruhi otak dan membuat sistem tubuh kacau, salah satunya berdampak pada produksi hormon. Selain itu stres juga dapat memicu lebih banyak radikal bebas dalam tubuh yang mempengaruhi kulit dan menimbulkan bercak-bercak hitam.

8. Merokok

Mungkin bunda sudah mengetahui dampak negatif merokok untuk kesehatan saluran pernapasan. Tapi ternyata tidak hanya itu, asap rokok juga bisa mempengaruhi kesehatn kulit dan mengikis anti oksidan dalam tubuh. Makanya orang yang sering merokok akan memiliki kulit yang kering dan rusak dibanding mereka yang tidak merokok sama sekali.


Mengetahui penyebab flek hitam di wajah akan memepermudah bunda dalam mencegah dan mengatasinya. Dengan begitu kulit akan selalu bersih dan tampak lebih sehat setiap saat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama