10 Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Minyak jojoba (jojoba oil) adalah salah satu minyak alami yang telah banyak digunakan selama berabad-abad sebagai salah satu produk kecantikan alami. Makanya ekstrak jojoba sangat mudah ditemukan pada banyak produk perawatan kulit dan rambut masa kini.

Minyak jojoba sendiri dibuat dari ekstrak biji tanaman Simmondsia chinensis (jojoba) yang banyak ditemukan di daerah Meksiko, California, dan Arizona. Pada tanaman tersebut terdapat banyak nutrisi mulai dari Vitamin A, D, dan E, hingga tembaga, zinc, serta asam lemak omega 6 dan 9.

Banyaknya kandungan nutrisi dalam jojoba oil membuatnya baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Selain itu, minyak jojoba juga memiliki banyak khasiat lain sebagai berikut.

manfaat jojoba oil untuk kecantikan kulit

Manfaat Jojoba Oil

1. Melembabkan kulit

Dari beberapa penelitian, minyak jojoba secara ilmiah mengandung sebum kulit alami yang tidak merusak dan menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Minyak jojoba mampu mengunci semua kelembaban di kulit dan memberi bunda kulit yang kenyal, lembut yang lembab. Degnan begitu bunda dapat menggunakannya sebagai langkah terakhir untuk rutinitas perawatan kulit.

2. Menghapus sisa makeup

Saat ini ada banyak produk kencantikan yang dapat membantu menghapus sisa makeup, namun bila bunda ingin cara yang alami, maka jojoba oil bisa jadi alternatif yang baik.

Karena berbentuk minyak, jojoba oil cenderung menghapus riasan lebih cepat dan tidak merusak atau mengeringkan kulit bunda. Setelah menggunakan minyak jojoba untuk menghilangkan riasan, bunda dapat menggunakan pembersih wajah untuk membantu membersihkan minyak dari kulit, dan setelah itu gunakan pelembab yang biasa bunda gunakan.

3. Perawatan untuk kulit sensitif

Sebagian besar bahan aktif seperti retinoid dan asam kulit lainnya dapat bereaksi sangat buruk jika bunda memiliki kulit sensitif. Untuk menghindari sensitivitas ini, bunda dapat menambahkan minyak jojoba ke dalam serum aktif tersebut. Hal ini akan memberi bunda hasil terbaik tanpa menimbulkan reaksi berlebih pada kulit.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Minyak jojoba juga dapat berfungsi sebagai pelindung alami dari kerusakan akibat sinar matahari. Molekul lapisan luar minyak mencegah kerusakan dari sinar UVB. Jadi, jika bunda ingin mencari alternatif tabir surya (sunscreen) mahal yang tidak memiliki tambahan bahan kimia, bunda bisa mengoleskan minyak jojoba sebelum berjemur atau keluar rumah di bawah terik sinar matahari.

5. Mencegah jerawat

Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat, alasannya karena kebanyakan kulit berminyak cenderung menggunakan pembersih wajah yang menghilangkan sebum alami dari kulitnya. Karena kehilangan minyak alami, kulit justru akan menghasilkan lebih banyak minyak daripada yang seharusnya diproduksi secara alami, dan menyebabkan pori-pori tersumbat yang berakhir dengan berjerawat.

Jadi, jika bunda memiliki kulit berminyak dan menggunakan pencuci muka yang membuat kulit ekstra kering setelah dicuci, maka bunda perlu memiliki minyak jojoba dalam rutinitas perawatan kulit. Dengan begitu, sebum yang hilang akan tergantikan secara alami dan tidak membuat kulit mudah berjerawat..

6. Mengatasi bibir kering

Jika bunda memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah, minyak jojoba bisa jadi salah satu solusi alami.

Minyak jojoba dikenal karena sifatnya yang menghidrasi. Menggunakannya pada bibir kering tidak hanya akan membuatnya terhidrasi tetapi juga lebih montok dan memberikan tampilan yang tidak terlalu berminyak juga.

Banyak ahli bedah kosmetik menggunakan minyak jojoba dalam rangkaian produk bibir mereka (lipstik, lip balm, dan lip gloss) untuk menghindari kekeringan bibir. Jika bunda mengoleskan minyak jojoba setiap hari sebelum tidur, bunda dapat melihat hasilnya setelah empat hingga lima hari.

7. Terbaik untuk Kutikula Kering dan Terkelupas

Minyak jojoba adalah salah satu yang terbaik di antara semua minyak lainnya untuk kutikula terkelupas. Jojoba oil akan secara dramatis melembutkan kulit di sekitar kuku dan akan menghilangkan semua serpihan kulit yang terkelupas. Dengan beitu minyak alami ini dapat melindungi bunda dari infeksi kuku.

8. Merawat keindahan rambut

Dengan kandungan di dalamnya, tidak jarang minyak jojoba digunakan sebelum melakukan perawatan rambut. Jojoba oil akan memperkuat folikel rambut yang memapu mengurangi rambut rontok dan memberi bunda rambut yang bernutrisi dan kuat.

manfaat minyak jojoba untuk merawat keindahan rambut

Tidak hanya itu, minyak jojoba juga akan membantu bunda yang memiliki masalah rambut bercabang. Selain itu, minyak jojoba juga dapat membantu menambah volume pada rambut tanpa keriting.

Untuk memanfaatkannya, bunda dapat mengoleskan minyak jojoba dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu menggosokkan minyak jojoba pada kulit kepala juga akan membantu menghilangkan ketombe lho bun!

9. Alternatif untuk krim medis

Alih-alih menggunakan krim yang mengandung steroid untuk menyembuhkan kondisi kulit seperti psoriasis dan Eksim, bunda bisa menggunakan minyak jojoba sebagai alternatif untuk mengobati kondisi kulit tersebut.

Meskipun prosesnya akan lebih lambat dari krim medis biasa, menggunakan minyak jojoba akan lebih alami, karena memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya.

10. Menghambat penuaan dini

Kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya, minyak jojoba juga bisa membuat bunda terlihat lebih muda dalam waktu lebih lama. Minyak jojoba dapat membantu mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus serta menjaga elastisitas kulit.

Efek Samping Minyak Jojoba

Minyak jojoba adalah salah satu minyak paling aman untuk perawatan kulit. Penggunaan minyak jojoba umumnya tidak memiliki efek samping yang berbahaya dan tidak menyebabkan iritasi.

Namun, tidak jarang beberapa orang dapat terkena ruam saat menggunakan minyak alami ini. Jadi sebelum menggunakannya, tidak ada salhnya untuk melakukan tes tempel sebelum menerapkannya pada kulit / wajah bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama