9 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Labu kuning atau labu parang rasanya masih kurang populer dibanding jenis labu lain seperti labu siam. Beberapa orang malah lebih mengenal labu ini sebagai hiasan halloween banyak dipopulerkan oleh acara-acara dari luar negeri.

Padahal selain memiliki rasa yang cenderung manis, labu kuning juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain baik untuk saluran pencernaan, labu kuning juga bisa membantu menjaga berat badan dan cocok untuk bunda yang sedang dalam program diet.

manfaat labu kuning untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Labu Kuning

Labu kuning adalah salah satu makanan rendah karbohidrat yang baik dikonsumsi saat diet. Selain itu labu kuning juga mengandung banyak nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 30
  • Lemak: 0.12 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Sodium: 1 mg
  • Gula: 3 gram
  • Serat: 1 gram
  • Protein: 1 gram

Selain itu labu kuning juga mengandung banyak vitamin dan mineral lain seperti vitamin A, C, dan E, serta zat besi, potasium, folat, niasin, dan mangan. Tidak hanya itu, biji labu juga mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah bermanfaat dibanding bagian dagingnya.

Manfaat Labu Kuning

1. Membantu pemulihan setelah aktivitas berat

Biji labu kuning jadi salah satu camilan yang baik dikonsumsi saat beraktivitas berat seperti berolahraga. Bunda bisa menyajikannya dalam salad atau mencampurkannya bersama dengan yogurt.

Biji labu kuning menyediakan zinc dan protein yang diperlukan pada proses pemulihan tubuh. Biji labu tersebut baiknya dikonsumsi 30-45 menit setelah berolahraga untuk mendapatkan khasiat terbaiknya.

2. Membantu melindungi hati

Hati jadi salah satu organ penting yang berfungsi untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat, menghilangkan senyawa berbahaya dari aliran darah, hingga menyimpan vitamin dan nutrisi penting.

Untuk menjaganya agar tetap sehat, bunda bisa mengkonsumsi makanan kaya antikoksidan sepert labu kuning agar hati tetap bekerja dengan baik. Pada labu sendiri terdapat antikoksidan seperti vitamin C. Selain itu ada pula beta-karoten yang digunakan tubuh untuk memproduksi vitamin A yang baik untuk melawan penyakit.

3. Menjaga tekanan darah

Bunda yang memiliki gangguan tekanan darah dapat meletakan labu kuning pada menu makanan harian. Pada labu kuning terdapat serat, potasium, dan vitamin C namun rendah sodium sehingga baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Dengan tekanan darah yang terjaga, bunda bisa terhindar dari berbagai penyakit mematikan, terutama yang berhubungan dengan jantung.

4. Menekan tingkat kolesterol

Labu kunging mengandung dua jenis serat, yaitu serat larut dan tidak larut.

Serat larut pada dasarnya bertindak seperti spons yang dapat menyerap dan membersihkan kolesterol LDL yang berbahaya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akumulasi terlalu banyak kolesterol jahat pada dinding arteri dapat menurunkan aliran darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Menyehatkan saluran pencernaan

Jenis serat lain dalam labu, serat tidak larut, mendukung pencernaan yang sehat dan dapat membantu bunda untuk buang air secara teratur.

Tidak hanya itu, kandungan zinc pada labu kuning juga baik untuk membantu enzim yang terlibat dalam proses pencernaan agar dapat bekerja dengan lancar.

6. Menjaga berat badan ideal

Kandungan serat yang tinggi pada labu kuning akan membuat bunda merasa lebih kenyang dengan cepat. Hal ini bisa meredam keinginan bunda untuk mengkonsumsi camilan sehingga bunda bisa menjaga asupan kalori yang masuk.

Tidak hanya itu, kandungan air yang cukup tinggi pada labu kuning juga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dan membuat bunda kenyang lebih cepat.

7. Menjaga kadar gula dalam tubuh

Kandungan serat yang tinggi pada labu kuning dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah. Hal ini akan sangat baik untuk kesehatan bunda karena dapat mencegah beberapa gangguan seperti obesitas, kerusakan hati, serta diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, hindari mengkonsumsi labu kuning dengan gula dalam jumlah yang terlalu banyak.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Labu kuning mengandung cukup banyak vitamin A, C, serta seing yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu pada labu kuning juga terdapat antioksidan yang baik untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan merusak sistem imun tubuh.

9. Menghambat proses penuaan

Selain baik untuk melawan penyakit, antioksidan pada labu kuning juga baik untuk membantu tubuh menangkan kerusakan pada tingkat sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu jaringan sel akan terjaga kesehatannya dan membuat bunda mengalami proses penuaan yang lebih lama. Selain itu hal ini juga baik untuk menghindari masalah kronis sperti penyakit jantung dan kanker.


Itu dia beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh. Selain disajikan dengan cara direbus atau dibuat smoothie, bunda juga bisa mencampurkannya pada beberapa jenis makanan agar lebih enak saat dikonsumsi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama