Manfaat Tidur Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Tidur yang berkualitas tidak hanya diperlukan untuk mengembalikan energi tubuh setelah lelah beraktivitas seharian, tapi juga baik untuk kesehatan kulit bunda.

Sama seperti seluruh tubuh kita, kulit juga memiliki jam sirkadiannya sendiri. Saat bunda tidur nyenyak, terjadi berbagai proses pada kulit yang membuatnya terlihat segar dan muda. Makanya, penting untuk mendapatkan tidur berkualitas untuk memperoleh kulit yang cantik juga.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa malam hari adalah waktu optimal bagi kulit untuk meremajakan, memperbaiki sel dari kerusakan, serta membangun sel dan jaringan kulit baru.

Pada siang hari, kulit bunda akan lebih sibuk melawan panas, polutan, dan banyak zat lain yang dapat merusak kulit. Pada malam hari, ia mendapat waktu untuk bersantai dan kembali ke bentuk dan keadaan normalnya.

Karena siang hari sangat penting untuk kulit, bunda perlu melindunginya dengan tabir surya (sunscreen) atau krim antioksidan. Selain itu bunda juga perlu menjaganya agar tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi banyak cairan.

manfaat tidur berkualitas untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Berapa Banyak Tidur yang Dibutuhkan?

Untuk mendapatkan kulit yang segar dan bercahaya, umumnya seseorang perlu tidur selama 7-8 jam sehari agar bangun dengan perasaan terjaga dan dalam kondisi bugar.

Namun dengan jadwal harian yang sibuk, tidur malam yang nyenyak rasanya sulit untuk didapat. Makanya kita bisa puas bahkan dengan 5-6 jam tidur saja, padahal hal tersebut tidak dianjurkan.

Seseorang bisa perlahan-lahan jatuh ke dalam siklus kurang tidur tanpa menyadarinya. Durasi tidur juga bervariasi untuk setiap individu dengan remaja dan bayi butuh waktu lebih lama dari rata-rata orang dewasa.

Apa yang Dilakukan Kulit Saat Seseorang Tidur?

Saat bunda tertidur, kulit akan memulai program penyembuhannya, di mana banyak perbaikan dan peremajaan sel terjadi. Proses ini sangat penting untuk menjaga kulit terlihat sehat dan segar. Ketika seseorang cukup istirahat, kulit mereka secara otomatis meremajakan dirinya sendiri dan membuat bunda terasa segar saat bangun tidur.

Saat bunda mendapatkan tidur malam yang nyenyak, stres akan terangkat dari pikiran bunda. Hal ini akan membuat tubuh tampak tenang dan rileks. Ketika pikiran dan tubuh bunda segar, maka kulit bunda juga akan terlihat sehat.

Regenerasi Kulit

Saat kita tertidur lelap, sel-sel di kulit kita juga mengalami proses yang disebut mitosis (pembelahan sel) yang merupakan proses pembaruan sel. Beberapa studi mengatakan waktu puncak dari proses ini adalah antara jam 9 malam sampai jam 12 pagi, jadi penting untuk memanfaatkan waktu ini untuk memaksimalkan efek kecantikan kulit.

Ketika bunda cukup tidur, kulit tidak kering dan kerutan pun lebih sedikit. Kulit bunda juga akan membuat kolagen saat kita tidur nyenyak, yang mencegahnya kendur dan tetap elastis

Saat bunda kekurangan tidur, hal tersebut akan tampak di wajah dengan mata yang terlihat sembab dan kurang cerah. Karena itulah, ada baiknya jika bunda memperbaiki jadwal tidur dan memberikan waktu yang baik bagi kulit untuk pulih.

Selain itu, jaga agar bunda terhidrasi dengan baik dan letakkan bantal di bawah kepala untuk menormalkan aliran darah, yang juga dapat membantu mengurangi bengkak.

Perlu diketahui juga kalau kulit bunda kehilangan kelembapan di malam hari. Sama seperti ada waktu puncak untuk mitosis, ada waktu puncak untuk ekskresi sebum juga. Ini terjadi pada siang hari. Pada malam hari, ekskresi sebum berkurang, jadi pastikan bunda menggunakan krim pelembab yang menghidrasi dengan baik untuk mengatasi hal tersebut.

Nah, sudah tahu kan pentingnya tidur berkualitas untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Karena itulah, pastikan bunda memiliki jadwal tidur yang baik agar kebutuhan istirahat bunda terpenuhi. bila perlu, bunda bisa mengkonsumsi makanan yang bisa membantu tidur nyenyak seperti yogurt, tomat, atau salmon.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama