6 Manfaat Salmon untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Menjaga pola makan menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Meski kebanyakan tidak akan berpengaruh apa-apa, ada beberapa makanan yang justru tidak baik dikonsumsi saat hamil.

Selain itu ada juga makanan yang sangat dianjurkan saat hamil, salah satunya adalah makanan laut seperti salmon.

Sama seperti kebanyakan makanan laut lain, salmon mengandung banyak protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungan.

Namun tidak hanya itu, salmon juga memiliki beberapa manfaat lain untuk ibu hamil seperti berikut ini.

manfaat salmon untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan

1. Sumber Nutrisi

Seperti kebanyakan seafood, salmon mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan otot serta menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) yang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh.

EPA sangat baik dalam membantu mengatasi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung, yang sangat dibutuhkan mengingat tekanan yang dapat ditimbulkan oleh ibu saat kehamilan. Ibu hamil dan menyusui juga mendapat manfaat dari DHA, yang mendukung sistem saraf pusat, mata, dan otak.

Selain itu, salmon berfungsi sebagai sumber vitamin B12 dan D yang diperlukan wanita dalam masa kehamilan.

2. Meningkatkan kesehatan otak bayi

Tahukah bunda kalau setengah dari otak manusia terbuat dari lemak omega-3? Karena tubuh tidak dapat membuat omega-3 seperti DHA sendiri, sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan laut untuk mendapatkan senyawa tersebut secara alami.

Dengan mengkonsumsi salmon, ibu hamil dan menyusui dapat membantu otak bayi berkembang ke potensi terbaik mereka. Dari beberapa studi bahkan ditemukan bahwa bayi yang mendapatkan omega-3 terbukti memiliki IQ yang lebih tinggi.

3. Mendukung perkembangan penglihatan bayi

DHA juga penting untuk perkembangan mata. Sebuah studi dari Child and Family Research Institute menemukan bahwa bayi dari ibu yang kekurangan DHA tidak melakukan tes mata sebaik bayi dari ibu yang mendapat cukup asupan nutrisi penting ini.

4. Membantu bayi tidur lebih baik

Baik ibu hamil dan menyusui mendapat manfaat dari makan makanan laut yang kaya omega-3, yang telah terbukti meningkatkan tidur yang lebih tenang dan kurang aktif pada anak kecil. Dan ketika bayi tidur nyenyak, begitu pula ibunya!

5. Mencegah kelahiran prematur

Persalinan prematur adalah masalah kesehatan kritis di seluruh dunia. Setidaknya ada 15 juta bayi diperkirakan lahir terlalu dini setiap tahun. Saat sebagian besar kehamilan berlangsung antara rata-rata 38 - 42 minggu, bayi prematur dilahirkan sebelum 37 minggu dan menderita risiko kesehatan yang lebih besar.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa makan makanan tinggi omega-3 dapat mendukung kehamilan yang lebih lama dan mencegah kelahiran prematur.

6. Membantu menangkal depresi pascapersalinan.

15% - 25% wanita diperkirakan menderita kecemasan, baby blues, atau depresi pascapersalinan. Namun dari sebuah penelitian menunjukan bahwa omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu mencegah gejala komplikasi kesehatan mental selama atau setelah kehamilan.


Saat kehamilan, ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, seperti ikan salmon. Tidak hanya memberi energi pada bunda, manfaat salmon juga bisa dirasakan oleh janin, terutama dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan mereka selama dalam kandungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama