9 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Selama pandemi belakangan ini, susu Bear Brand jadi salah satu produk yang banyak dicari mengingat banyaknya manfaat Susu Beruang untuk kesehatan. Langkanya produk tersebut bahkan sempat membuat harganya melambung tinggi dibanding harga normalnya.

Sekilas susu beruang sendiri sebenarnya sangat mirip dengan susu lain pada umumnya. Namun proses sterilisasinya yang baik membuat susu ini diklaim memiliki lebih banyak kandungan baik.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat susu beruang, simak daftarnya berikut ini yuk!

manfaat susu beruang untuk kesehatan dan kecantikan kulit

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian

Satu kaleng susu beruang mengandung 120 kkal dan beragam gizi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian bunda. Tidak tanggung-tanggung, sekaleng susu beruang dapat memenuhi kebutuhan lemak hingga 11%, protein 10%, dan 3% karbohidrat pada orang dewasa.

Selain itu pada susu ini juga terdapat beragam vitamin dan mineral seperti vitamin A, B2, B12, C, D, E, serta kalsium yang umumnya ada pada setiap produk olahan susu.

2. Menjaga kesehatan tulang

Sama seperti produk olahan susu lainnya, tingginya kadar kalsium dalam susu beruang juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Karena itulah susu beruang juga sama baiknya dikonsumsi untuk mencegah beberapa masalah pada tulang seperti osteoporosis atau arthritis.

3. Mempertahankan daya tahan tubuh

Satu hal yang membuat susu beruang laris selama pandemi COVID-19 adalah karena khasiatnya yang mampu mempertahankan daya tubuh.

Pada susu beruang sendiri memang terdapat banyak nutrisi yang diperlukan agar sistem imun tubuh bekerja dengan optimal seperti glukosa, asam amino, lemak, mineral, serta vitamin A, C, D, dan E.

4. Menetralkan racun dalam tubuh

Mungkin tidak banyak yang tahu bila susu beruang juga bisa digunakan untuk membantu menetralkan racun dari dalam tubuh. Hal ini dimungkinkan karena kandungan laktosa pada susu dapat membantu membilas saluran pencernaan. Dengan begitu zat yang berbahaya dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui sistem pencernaan.

5. Menyegarkan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak

Pada susu beruang terdapat kandungan vitamin B1, B2, B6, dan B12 yang diperlukan dalam proses pengolahan energi dalam tubuh. Makanya setelah meminum susu beruang tubuh akan terasa segar dan penuh energi.

Karena itulah, susu beruang juga baik dikonsumsi sebelum tidur agar bunda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan rileks.

6. Mengontrol kolesterol

manfaat susu beruang untuk menjaga kesehatan jantung

Kolesterol menjadi salah satu penyebab utama dalam beberapa penyakit kronis seperti hipertensi, penyakit jantung, atau stroke. Salah satu cara untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Salah satu menu makanan yang bisa dikonsumsi untuk menekan kolesterol dalam tubuh adalah susu beruang. Tinginya kadar protein namun rendahnya lemak pada susu tersebut dapat membantu menekan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Membantu meningkatkan kinerja otak

Dari beberapa studi ditemukan bahwa kandungan baik pada susu ternyata dapat membantu mengoptimalkan kinerja otak dan menjaga kesehatannya.

Sebagai contoh, pada susu beruang terdapat vitamin B12 yang berperan penting dalam pembentukan myelin yang menjadi pelindung serat saraf otak.

Selain itu terdapat pula vitamin B1 yang penting dalam memperbaiki koneksi sel saraf yang berperan penting pada kemampuan belajar dan daya ingat.

8. Membersihkan aliran darah

Mengkonsumsi susu beruang dapat membantu bunda untuk melancarakan peredaran darah dalam tubuh. Tingginya kandungan vitamin A, C, dan E serta antioksidan membuat susu beruang baik untuk membersihkan darah yang tersumbat dan menyehatkan organ dalam seperti hati, ginjal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan, susu beruang ternyata juga baik lho untuk kesehatan kulit bunda. Kombinasi vitamin E dan asam laktat pada susu beruang membuatnya baik untuk membantu mencerahkan kulit serta membuatnya lebih kencang dan bebas jerawat.

Selain itu pada susu beruang juga terdapat vitamin B12 dan D yang baik untuk membantu mengaasi beberapa masalah kulit seperti eksim atau dermatitis atopik.


Itulah dia beberapa manfaat susu beruang untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Selama tidak dikonsumsi berlebihan, susu beruang bisa memberi banyak manfaat saat dikonsumsi. Dan jika ingin menggunakanya sebagai produk kecantikan, bunda bisa membuat masker susu beruang dan mencampurnya dengan bahan alami lain untuk menambah khasiatnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama