6 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

Olahraga menjadi salah satu cara kita untuk menjadi lebih sehat dan memastikan semua organ bisa bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, olahraga juga baik untuk meningkatkan stamina, membentuk otot, dan menghilangkan lemak untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun beda olahraganya, beda pula kalori yang bisa dipangkas. Beberapa olahraga bisa dilakukan dengan cukup santai meski membakar lebih sedikit kalori, sementara olahraga lainnya cukup berat namun memiliki tingkat efektivitas yang tinggi.

Jika ingin melakukan olahraga untuk membakar lemak di tubuh dengan cepat, bunda bisa mencoba olahraga yang bisa membakar banyak kalori. Jika bingung olahraga apa saja yang sesuai, berikut adalah urutan olahraga yang paling banyak membakar kalori.

1. Jumping Rope

Meski sederhana, olahraga ini bisa sangat menguras energi dan membakar banyak kalori. Dengan melakukan loncatan hingga 120 kali per menit, bunda bisa membakar antara 667 hingga 990 kalori per jamnya.

Enaknya lagi olahraga ini bisa dilakukan dari rumah dan hanya perlu tali skipping saja untuk melakukannya. Bila bunda ingin membakar lebih banyak kalori, ada juga varian tali skipping yang menggunakan pemberat agar lengan dan bahu bisa bekerja lebih keras.

2. Menaiki Anak Tangga

olahraga yang membakar banyak kalori

Jika bunda memiliki anak tangga di rumah, hal tersebut bisa jadi kesempatan untuk membakar banyak kalori tanpa perlu peralatan tambahan.

Untuk melakukannya, bunda bisa menginjak salah satu anak tangga secara bergantian dengan gerakan turun naik. Jika ingin intensitas yang lebih tinggi, bunda bisa melakukan sprint kecil sambil menaiki anak tangga. Dengan gerakan tersebut saja bunda bisa membakar 639 sampai 946 kalori per jamnya.

3. Bersepeda

Bersepeda jadi salah satu jenis olahraga yang tidak hanya bisa membakar banyak kalori, namun juga menyenangkan. Bersepeda sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan santai. Namun jika bunda ingin membakar lebih banyak kalori, bunda bisa mengayuh sepeda dengan instensitas maksimum selama beberapa saat pada setiap interval tertentu. Pastikan saja bunda memiliki tempat yang tepat untuk melakukannya agar tidak berbahaya untuk orang lain yah!

Jika ingin melakukannya di rumah, bunda juga bisa membeli sepeda statis untuk mendapatkan hasil yang sama. Saat membeli ada baiknya untuk mempertimbangkan fitur pengaturan kecepatan agar bunda bisa mengatur intesitas latihan saat mulai terbiasa.

4. Berlari

Jika ingin cara yang lebih mudah dan murah, bunda juga bisa berlari kecil di sekitar rumah atau di tempat khusus olahraga. Sama seperti bersepeda, bunda bisa menyelipkan lari dengan intensitas tinggi pada saat berlari. Hal ini cukup dilakukan dalam waktu singkat pada interval tertentu untuk membakar lebih banyak kalori. Sebagai contoh, bunda bisa sprint selama 30 detik lalu berlari biasa selama 1-2 menit dan lakukan secara berulang.

5. HIIT (High Intensity Interval Training)

Olahraga dengan metode high intensity interval training (HIIT) biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga ini dilakukan dengan mengkombinasikan gerakan dengan intensitas sedang dan tinggi yang dilakukan pada interval tertentu.

Saat ini ada cukup banyak menu olahraga HIIT yang bisa dilakukan sesuai dengan tingkat kebugaran bunda. Namun jika ini pertama kalinya bunda berolahraga, ada baiknya jika bunda membiasakan tubuh bunda terlebih dahulu sebelum mengikuti latihan HIIT.

6. Berenang

Bila dilakukan dengan benar, olahraga renang bisa membakar banyak kalori dalam setiap jamnya. Tidak hanya itu, berenang juga bisa membantu membentuk dan melatih otot-otot bunda agar jadi lebih kencang.

Jadi jika bunda menyukai olahraga dalam air ini, berenang bisa jadi alternatif terbaik yang bisa bunda pilih untuk membakar kalori. Dan agar hasilnya lebih maksimal, tidak ada salahnya menyewa pelatih atau mengikuti kursus berenang.


Itu dia beberapa jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori. Tidak hanya membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan, olaharaga tersebut juga baik untuk kesehatan jantung dan penting dilakukan sejak dini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama