7 Tips Mengurangi Minyak Berlebih di Kulit Kepala

Kulit kepala yang berminyak menjadi salah satu masalah yang bisa terjadi pada rambut dan kepala. Saat kepala menghasilkan terlalu banyak minyak alami ini, maka rambut akan terpengaruh dan terlihat lepek dan layu.

Karena itulah banyak dari kita yang coba menghilangkan minyak berlebih tersebut. Padahal hal ini tidak dianjurkan karena minyak alami rambut memiliki banyak manfaat seperti sebagai pelumas untuk bagian luar kutikula dan memperkuat rambut dari dalam.

Nah, agar bunda bisa menekan produksi minyak alami pada kulit kepala tersebut, berikut adalah beberapa hal yang bisa bunda lakukan.

tips mengatasi minyak berlebih di kulit kepala dan rambut

1. Keramas dengan Tepat

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan untuk mengurangi minyak alami pada kulit kepala adalah dengan keramas secara rutin. Penggunaan sampo bisa membantu menghilangkan minyak berlebih serta debu, kotoran, dan sisa produk rambut yang bunda gunakan.

Namun jika rambut masih saja berminyak setelah keramas, ada baiknya jika bunda justru tidak terlalu sering mencuci rambut dan kulit kepala.

Ada kemungkinan mencuci kulit kepala terlalu sering memang membantu menghilangkan minyak berlebih. Tapi pada sebagian orang hal ini justru bisa merangsang kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak alami untuk menjaga agar kulit kepala tetap lembab.

jadi kenali karakteristik kulit kepala bunda terlebih dahulu agar kulit kepala yang berminyak bisa diatasi dengan baik.

2. Gunakan Sampo dengan Benar

Meski terlihat mudah, menggunakan sampo dengan cara yang salah malah bisa membuat rambut rusak dan menimbulkan lebih banyak produksi minyak alami rambut.

Saat menggunakan sampo, cukup gunakan sedikit saja pada area kulit kepala dan dasar rambut. Gosok dengan perlahan dan jangan gunakan kuku yang bisa merusak lapisan luar kulit kepala.

Jika bunda memiliki rambut yang panjang, tidak perlu mencuci seluruh bagian rambut dan fokus saja pada bagian akar rambut.

3. Gunakan Produk Khusus Rambut Berminyak

Beda orangnya, beda pula penyebab masalah pada rambutnya. Makanya saat ini hampir semua produk kecantikan memiliki varian yang beragam agar bisa disesuaikan dengan karakteristik masing-masing orang.

Jika bunda memiliki rambut yang berminyak, tentu ada baiknya jika bunda juga menggunakan produk rambut khusus untuk rambut berminyak. Dengan begitu masalah rambut bunda dapat teratasi dengan baik tanpa mengganggu produksi minyak alami di rambut kepala bunda.

4. Hindari Produk Perawatan Rambut dengan Silikon

Beberapa produk perawatan rambut memiliki kandungan silikon seperti dimithicone, cyclomethicone, atau amodimethicone agar dapat memberi kemilau pada rambut. Meski begitu hal ini bisa memberi dampak negatif karena solikon dapat menghambat kelembaban alami untuk masuk ke dalam kulit kepala.

5. Jangan Terlalu Sering Memainkan Rambut

Untuk bunda yang sering menyentuh dan memainkan rambut, ada baiknya kebiasaan ini dihentikan dari sekarang. Menyikat, menyentuh, dan mengusap rambut dapat merangsang kelenjar minyak di kulit kepala. Selain itu ada kemungkinan minyak alami dari tangan berpindah ke rambut bunda.

6. Bersihkan Kulit Kepala dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut wanita. Dengan mengoleskan gel lidah buaya, bunda bisa mengatasi minyak berlebih di kulit kepala, melembabkan rambut dan kulit kepala, serta memberi nutrisi pada akar rambut.

7. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Cara terakhir yang bisa bunda lakukan untuk mengurangi minyak berlebih di kulit kepala adalah dengan memperhatikan makanan yang bunda konsumsi. Agar kulit kepala tidak terlalu berminyak, coba hindari makanan berminyak. Tidak hanya mengurangi minyak di kulit kepala, cara ini juga bisa membantu bunda mengurangi produksi minyak di wajah lho!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama