6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit

Lidah buaya (aloe vera) adalah tanaman dengan bentuk khas yang mudah dijumpai di Indonesia. Sejak dulu tanaman ini sudah dikenal memiliki banyak khasiat, baik saat dikonsumsi secara langsung maupun saat dioleskan ke tubuh.

Jika bunda ingin merawat kulit secara alami, maka lidah buaya bisa jadi tanaman pertama yang bunda gunakan. Dengan beragam kandungan di dalamnya, lidah buaya memiliki banyak khasiat yang baik untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

manfaat lidah buaya untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh

1. Melembapkan Kulit

Manfaat lidah buaya yang pertama adalah untuk mencegah kekeringan dan melembabkan kulit secara alami. Zat anti inflamasi pada lidah buaya baik untuk membuat kulit sejuk dan mencegah masalah pada kulit akibat paparan sinar UV.

Gel pada lidah buaya sendiri dapat diserap dengan baik oleh kulit. Hal ini membuat lidah buaya baik untuk mengatasi kulit kering dan kulit berminyak. Untuk menggunakannya, bunda cukup memotong lidah buaya lalu oleskan bagian dalamnya pada kulit setelah mandi.

2. Mengatasi Iritasi pada Kulit

Selain membantu melembabkannya, zat anti inflamasi pada lidah buaya juga bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit dan mencegah beragam penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea.

Selain itu kandungan asam lemak dan enzim bradikinin dalam lidah buaya juga dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

3. Mencegah Keriput

Dari beberapa penelitian, lidah buaya ternyata dapat membantu menignkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein alami yang baik untuk membuat kulit kencang dan menjaga elastisitas kulit.

Dengan memakai masker lidah buaya secara rutin, bunda bisa mencegah keriput dan memperlambat penuaan dini pada kulit.

4. Mengobati Jerawat

Selain menjaga kecantikan kulit, lidah buaya juga sudah dikenal lama sebagai salah satu obat jerawat alami. Kandungan zat anti inflamasinya juga baik untuk mengatasi radang akibat jerawat.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat di wajah, baik secara langsung atau menggunakan kapas. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari sampai jerawat menghilang.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka & Sunburn

Sudah tahu belum kalau lidah buaya ternyata juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka?

Kandungan kalsium serta antioksidan dalam lidah buaya membuat tanaman ini mampu mempercepat pembelahan sel-sel penghasil keratin dan memperkuat jaringan kulit.

Selain luka biasa, lidah buaya juga baik untuk mengatasi luka bakar akibat sengatan sinar matahari. Untuk menggunakannya, cukup oleskan aloe vera pada area yang terbakar sebanyak 3 kali sehari. Bila perlu, lindungi area yang terluka menggunakan kain kasa.

6. Menghilangkan Bintik Hitam

Manfaat lidah buaya yang terakhir adalah untuk membantu mencerahkan dan menghilangkan bintik hitam pada kulit. Cocok untuk bunda yang ingin menghilangkan belang pada wajah atau ingin memutihkan lutut hitam secara alami.


Dengan beragam kandungan alaminya, lidah buaya bisa jadi tanaman yang bisa bunda andalkan untuk memcerahkan kulit dan membuatnya sehat. Caranya pun mudah karena bunda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya langsung di atas kulit.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu bunda perhatikan saat akan menggunakan lidah buaya. Sebagai contoh, pada beberapa orang, lidah buaya malah bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi jika dirasa tidak cocok, bunda bisa berhenti memakai masker lidah buaya atau mengoleskannya di kulit.

Selain itu hindari penggunaan lidah buaya pada luka sayatan yang terlalu dalam atau pada luka bakar yang terlalu parah. Pada banyak kasus, hal ini justru bisa membuatnya bertambah parah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama