7 Tips Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Radang tenggorokan jadi salah satu masalah yang seringkali terjadi saat terjadi pergantian musim. Tidak hanya itu, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab rasa sakit di tenggorokan tersebut.

Jika dibiarkan, tidak jarang radang tenggorokan ini akan menyebabkan masalah lain yang lebih besar mujlai dari sakit kepala, demam, hingga batuk dan pilek. Nah, agar kondisinya tidak semakin parah, berikut adalah beberapa tips untuk mengobati radang tenggorokan secara alami.

cara mengatasi radang tenggorokan secara alami

1. Air Putih

Mencegah radang tenggorokan menjadi lebih parah bisa dilakukan dengan mudah dengan meminum lebih banyak air putih. Hal ini akan sangat membantu, terutama di fase awal saat tenggorokan terasa gatal.

2. Jahe

Jahe jadi bahan alami pertama yang bisa bunda konsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami. Pada jahe terdapat senyawa zingiberin yang baik unutk memperlancar aliran darah, detoksifikasi, serta sebagai zat anti inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan.

Selain itu jahe juga bisa memberikan sensasi hangat pada tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa sakitnya.

Untuk menggunakannya, bunda bisa membuat air rebusan jahe dengan cara menumbuk jahe lalu merebusnya dalam air mendidih. Agar lebih enak dikonsumsi, bunda bisa menambahkan madu untuk membuat rasanya menjadi sedikit manis.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur lain yang juga ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan adalah bawang putih. Pada tanaman ini terdapat senyawa alicin yang dapat membasmi bakteri dan membantu menghilangkan iritasi pada tenggorokan.

Untuk menggunakannya, bunda bisa langsung mengunyah 1 siung bawang putih, lalu minum air hangat. Jika mulut bunda terasa tidak enak, bunda bisa berkumur menggunakan teh atau meminum madu untuk menghilangkan sedikit rasanya.

4. Madu dan Lemon

Campuran madu dan lemon sudah dikenal lama dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Kombinasi keduanya dapat memberikan banyak manfaat seperti untuk mengatasi radang tenggorokan.

Cara pembuatannya pun mudah, bunda hanya perlu memeras lemon dan mencampurkannya dalam minuman yang sudah ditambahkan madu.

5. Air Garam

Bumbu dapur ini memiliki sifat antiseptic dan bisa membantu mengatasi radang tenggorokan. Dengan sifat tersebut, garam dapat membasmi virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Tidak hanya itu, air garam juga bisa mengencerkan lendir yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dari radang tenggorokan.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu berkumur atau meminum segelas air putih hangat yang sudah dicampurkan dua sendok makan garam.

6. Sup Ayam

Radang tenggorokan seringkali diiringi dengan nafsu makan yang berkurang. Jika hal ini terjadi, bunda bisa mengkonsumsi sup ayam lezat yang tidak hanya terasa enak tapi juga memberikan rasa hangat pada tenggorokan yang mengalami peradangan. Kandungan yang terdapat pada ayam dan sayuran di dalamnya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih umumnya digunakan sebagai obat pusing dan masuk angin, namun minyak alami ini ternyata juga bisa jadi alternatif untuk mengatasi radang tenggorokan.

Untuk menggunakannya, bunda bisa meletakan air panas dalam wadah piring atau baskom. Setelah itu teteskan minyak kayu putih lalu hirup aroma hangat yang keluar dari air tersebut.


Itu dia beberapa cara alami yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi dan mencegah radang tenggorokan. Selain mengkonsumi beberapa bahan di atas, bunda juga bisa memperbanyak istirahat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama